Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Danzo sebenarnya punya sisi baik juga

Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Danzo sudah lama mati saat pertarungannya dengan Sasuke. Danzo sendiri sudah membuat banyak kekacauan, mulai dari pembantaian klan Uchiha, hingga manipulasi pemilihan pemimpin di pertemuan 5 Kage. Tentunya hal itu menjadikan Danzo sebagai tokoh jahat atau antagonis. Namun, ada sisi baik dari Danzo yang mungkin sulit disadari, lho. Inilah sisi baik Danzo yang mungkin tidak kamu sadari.

1. Motivasinya memperkuat Konoha adalah untuk melindungi desanya

Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadaricrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Mungkin ini sudah diketahui oleh semua yang mengikuti Naruto. Danzo melindungi desa Konoha dari balik layar. Dia memiliki Root yang bekerja untuk melindungi Konoha tanpa diketahui oleh orang luar, dan juga dengan cara yang keras.

Kenapa Danzo melakukan hal ini? Baginya, jika terlalu lembut pada para Shinobi, maka mereka akan jadi lemah. Karena itulah dia ingin membuat Konoha menjadi lebih tangguh dari sebelumnya. Karena alasan itu juga dia sangat menginginkan jabatan sebagai Hokage.

Namun sahabat kecil sekaligus rivalnya lah yang terpilih sebagai Hokage Ketiga, yaitu Hiruzen Sarutobi. Dia sangat kesal, namun sepakat untuk menjaga Konoha dari balik layar.

2. Danzo menjadi dalang pembantaian klan Uchiha untuk memastikan Konoha aman

Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadaricrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Selain untuk mengambil mata Sharingan, sadarkah kamu bahwa perintah Danzo untuk membantai semua klan Uchiha adalah sebuah usaha perlindungan Danzo untuk desa Konoha?

Jika kudeta ini benar-benar terjadi, maka perang saudara dalam desa Konoha pun benar-benar terjadi dan pastinya banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Karena itu Danzo mengambil tindakan cepat untuk membantai semua klan Uchiha. Itachi dan Tobi menjadi aktor utama dalam pembantaian ini. 

Sayang, meski maksudnya baik, hati Danzo terlalu kelam hingga ia merasa tidak ada solusi lain selain pembantaian. Danzo sampai menyerang Shisui, yang berusaha mencegah konflik dengan Kotoamatsukami, dan mencuri mata Shisui untuk memajukan ambisinya sendiri. 

Baca Juga: 6 Hal Buruk yang Bisa Terjadi kalau Danzo Menjadi Hokage di Naruto

3. Penjaga rahasia yang luar biasa

Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadaricrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Rahasia dalam Anbu Root hukumnya wajib. Tak boleh ada rahasia yang terbongkar dalam wilayah Root.

Untuk mengatasi ini, bahkan Danzo membuat sebuah jurus yang tertanam di lidah semua anggota Root, tujuannya agar tak ada rahasia yang keluar dari mulutnya.

Danzo sendiri sangat menjunjung tinggi rahasia yang dia ketahui. Berkaitan dengan poin pertama, Danzo adalah otak dibalik pembantaian klan Uchiha, dan hanya sedikit orang yang tahu tentang ini.

Dalam pertarungannya melawa Sasuke, dia berada dalam genggaman Susanoo milik Sasuke. Meskipun Danzo menggunakan teknik Izanagi, namun saat diancam oleh Sasuke dan dia menanyakan tentang kebenaran pembantaian klan Uchiha, Danzo tak menjawabnya sama sekali. Justru Danzo memiliki pemikiran bahwa Itachi atau Madara (Tobi) sendirilah yang menceritakan tentang hal tersebut ke Sasuke.

Dia bahkan sangat marah pada Itachi jika dia benar-benar menceritakan rahasia tersebut pada Sasuke.

4. Tak gentar, bahkan di hadapan maut

Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadaricrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Karena sangat kuat dan teguh dengan pendirian, Danzo menjadi karakter yang tidak penakut. Tentunya memanipulasi pertemuan 5 Kage dengan Sharingan miliknya adalah perbuatan berani yang berarti menantang keempat desa lain ditambah Negeri Baja.

Di saat-saat terakhirnya melawan Sasuke, dia sudah babak belur dan kehilangan tangan. Dibandingkan lari dan kabur, dia lebih memilih melakukan bunuh diri dan berharap membawa Sasuke serta Tobi mati bersamanya.

5. Ia menerapkan standar yang sama ke anak buahnya dengan dirinya sendiri

Inilah Sisi Baik Danzo di Anime Naruto yang Mungkin Tidak Kamu Sadaricrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Danzo sepertinya mengharapkan kalau seluruh anak buahnya tidak membuka rahasia, dan bersedia mati jika situasi menghendaki demikian. Dari yang bisa kamu lihat di poin-poin di atas, kamu dapat menyadari kalau Danzo tidak menetapkan standar ganda.

Apapun yang terjadi, Danzo akan menjaga rahasia yang ia pegang.

Kalau memang ia sudah terdesak dan akan kalah, Danzo juga bersedia mati untuk membunuh lawannya. 

Apa yang ia terapkan pada anak buahnya berlaku untuk dirinya sendiri juga. 

Kamu mungkin pernah melihat karakter bos jahat di anime, yang bisa dengan mudah membunuh anak buahnya tapi begitu dirinya sendiri diancam dibunuh dia akan memohon supaya tak dibunuh. Atau sosok yang akan marah saat rahasianya dibocorkan, tapi begitu dirinya tertangkap dia akan bicara dengan mudah setelah ditakut-takuti sedikit.

Danzo bukan sosok seperti itu. 

Itulah sisi baik Danzo yang mungkin tak kamu sadari. Bagaimana pun sisi baiknya, dia melakukannya dengan cara yang salah, dan tetap saja dia karakter antagonis yang layak untuk dikalahkan. Bagaimana menurutmu? 

Baca Juga: Sangat Kuat, ini 5 Efek Sel Hashirama Bagi Karakter di Naruto!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU