Ulasan Mendalam Blade Runner 2049: Mengulang Kejayaan Kultus Sci-Fi

Blade Runner 2049
Sumber: Warner Bros.

Blade Runner 2049 adalah salah satu film yang paling diantisipasi para movie geeks. Apakah Denis Villeneuve dan Ryan Gosling mampu memenuhi ekspektasi yang amat tinggi akan judul ini? Apakah kesuksesan 1982 silam terulang lagi? Kontributor Duniaku.net akan mengulas sekuel dari judul fenomenal satu ini.

Mengenal Blade Runner

Fiksi ilmiah, yang sering disebut Science Fiction/Sci-Fi adalah sebuah tema yang memberi sumbangsih cukup besar pada perkembangan dunia. Salah satu yang mendapat pengaruh besar tema ini adalah dunia seni dan hiburan, karena perkembangan teknologi mempengaruhi perkembangan efek visual.

Baca Juga

Ada banyak karya fiksi ilmiah yang menorehkan makna mendalam dan kesan yang berbekas sepanjang masa. Ingat mobil DeLorean legendaris dari Back to Future? Wall-E? Atau kalian lebih akrab dengan Robocop dan Terminator? Kurang lebih judul-judul di atas adalah gambaran yang ditawarkan oleh genre Sci-Fi.

Blade Runner 2049
Selamat datang di masa depan suram. Sumber: https://stillsfrmfilms.wordpress.com/

Salah satu sub-genre yang dikenal dalam budaya Sci-Fi sendiri adalah cyberpunk. Rata-rata cerita dengan tema cyberpunk cenderung gelap, suram, dan kerap dibumbui masalah-masalah rumit, serta pesan-pesan kritis dan provokatif yang menyerang berbagai dimensi kehidupan. Salah satu punggawa yang besar karena tema cyberpunk adalah Philip K. Dick.


Apa kalian ingat film Total Recall yang difilmkan dua kali? Minority Report yang dibintangi Tom Cruise? Atau mungkin kalian lebih ingat film Keanu Reeves dan Robert Downey Jr. yang jadi pecandu obat di A Scanner Darkly? Semua film tersebut adalah adaptasi cerita-cerita buatan Philip K. Dick. Namun, dari semua adaptasi karya beliau, yang paling fenomenal di antara semuanya adalah Blade Runner: Film tahun 1982 yang melambungkan nama aktor Harrison Ford dan sutradara Ridley Scott.

Blade Runner (versi 1982) Sumber: Warner Bros.

Blade Runner sendiri adalah adaptasi dari cerita Philip K. Dick yang berjudul Do Androids Dream of Electric Sheep yang keluar tahun 1960-an. Film ini bercerita tentang detektif kepolisian Los Angeles, Rick Deckard (Harrison Ford) yang bekerja sebagai divisi khusus LAPD yang menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan manusia setengah robot, Replicant.

Cerita Blade Runner berfokus pada Deckard yang harus menyelidiki kasus 6 Replicant yang kabur dari Tyrell Corporation, satu-satunya perusahaan yang membuat model-model Replicant.


Lho, mana ulasan Blade Runner 2049-nya? Tentu saja ada di halaman selanjutnya, jadi jangan ditutup dulu dan klik halaman selanjutnya agar kalian tahu Blade Runner 2049!

1
2
3
4
5
REVIEW OVERVIEW
Plot
9.5
Sinematografi
9.4
CGI
9.3
Audio
9.2
Skrip/Dialog
9.5

SHARE
Previous articleIkat Kepala Naruto Selamatkan Pria Amerika dari Serangan Preman Berpisau
Next articleInilah Urutan Film Terbaik Joko Anwar yang Harus Kamu Tonton!
Kontributor yang menekuni dan menikmati bidang media dan karya kreatif. Minat utama adalah Mecha, Media, dan Meme.