Evolusi Sub Zero dari Masa ke Masa Ini Terlalu Cool!

Dari pertama kali muncul hingga sekarang, evolusi Sub Zero termasuk yang paling terasa di setiap seri Mortal Kombat.

Siapa sih yang gak kenal Sub Zero? Ninja biru yang menggunakan jurus-jurus es di dunia Mortal Kombat ini menjadi salah satu ikon menonjol di dunia game tarung. Jurus-jurus yang bisa menghentikan gerakan lawan dalam sekejap menjadi salah satu mekanisme unik di dunia game tarung. (Ini bahkan bisa jadi satu dari sedikit trik yang bisa terpercaya melumpuhkan Shao Khan di Mortal Kombat 3).

Fakta Johnny Cage: Karakter Lawak yang Berubah Jadi Pahlawan

Johnny Cage adalah karakter Mortal Kombat yang menarik. Dari tadinya hanya karakter lawak yang bolak-balik mati, dia berkembang jadi pahlawan utama Bumi!
Baca Juga

Belum lagi tampilan Sub Zero yang merupakan seorang Lin Kuei mengenakan kostum ala ninja bernuansa barat. Tidak heran kekerenan dari evolusi Sub Zero sendiri merupakan hal menarik bagi fans Mortal Kombat.

Baca Juga

Kisah Sub Zero di dunia Mortal Kombat memiliki sepak terjang yang panjang. Bahkan sesungguhnya di balik topeng Sub Zero diperankan oleh dua orang yang berbeda: Bi Han dan Kuai Lang. Siapa saja mereka, dan mengapa terjadi penggantian peran di balik topeng Sub Zero?

Berikut adalah Evolusi Sub Zero di dunia Mortal Kombat.

Mortal Kombat

Sub Zero di debut Mortal Kombat merupakan Bi Han. Ia adalah seorang Lin Kuei dari kaum cryomancerSetelah kembali ke markas Lin Kuei setelah kejadian Mortal Kombat Mythologies: Sub Zero, dia mengetahui bahwa dia telah diundang ke turnamen Mortal Kombat oleh Shang Tsung. Lin Kuei sebelumnya telah mendapat kontrak untuk membunuh Shang Tsung, maka Sub-Zero memanfaatkan momen ini untuk membunuh Tsung.

Namun turnamen ini juga diikuti oleh Scorpion. Sang ninja Shirai Ryu ini memiliki dendam atas Sub Zero yang membunuh clan, keluarganya, juga dirinya, namun tanpa ia ketahui peristiwa itu merupakan ulah seorang penyihir bernama Quan Chi yang berusaha mengadu Sub Zero dan Scorpion. akhirnya Sub Zero Bi Han pun tewas di tangan Scorpion.

Sub Zero Mortal Kombat tampil dengan kostum ninja berwarna biru yang merupakan swap pallete dengan Scorpion -dan nantinya juga Reptile. Ia memiliki jurus tembakan es untuk membekukan lawan. Fatality khas nya, Spine Rip Fatality, konon menjadi momok pemerintah Amerika Serikat untuk membentuk rating ESRB.

Sub Zero di Mortal Kombat diperankan oleh Daniel Pesina.

Mortal Kombat II

Kuai Lang merupakan saudara dari Bi Han. Setelah kegagalan saudaranya untuk membunuh Shang Tsung selama turnamen pertama (dan akhirnya terbunuh oleh Scorpion), Tundra mengemban kode nama saudaranya dan dikirim ke Outworld untuk menyelesaikan tugas tersebut. Ia menuju turnamen kedua yang diselenggrakan oleh Shao Kahn.

Scorpion yang mengira Sub Zero (Bi Han) masih hidup, pun kembali mengincarnya. Namun ia menyadari bahwa ini adalah Sub Zero yang berbeda setelah melihat Sub Zero mengampuni lawannya. Pada akhirnya Scorpion tahu bahwa Sub Zero ini bukan orang yang ia tujukan rasa dendamnya.

Pada akhirnya Sub Zero kembali gagal membunuh Shang Tsung di turnamen kedua ini. Ia dan Lin Kuei lainnya pulang dengan tangan hampa.

Sub Zero kembali hadir dengan digitized sprite ala ninja di Mortal Kombat II berwarna biru. Ia mendapatkan jurus baru dengan menembakkan es ke lantai untuk membuat lawan terpeleset.

Sub Zero di Mortal Kombat II kembali diperankan oleh Daniel Pesina.

Mortal Kombat 3/ Ultimate Mortal Kombat 3/ Mortal Kombat Trilogy

Lin Kuei mempercanggih dirinya. Para ninja di perkumpulan ini diperkuat dengan teknologi sibernetika. Walaupun begitu, Sub Zero dan Smoke menolak untuk dijadikan cyborg dan melarikan diri dari Lin Kuei.

Melarikan diri dari Lin Kuei merupakan pelanggaran kode kehormatan Lin Kuei. Hal ini membuat Sub Zero diburu oleh Cyrax dan Sektor. Naas buat Smoke, ia tertangkap dan dijadikan Lin Kuei Cyber Ninja, sedangkan Sub Zero justru berhasil memprogram ulang Cyrax untuk membunuh Shao Kahn.

Dalam pelariannya, Sub Zero bergabung dengan Raiden dalam pemberontak penyelamat Bumi.

Sub Zero kali ini membuka topengnya dan kita bisa melihat wajah aslinya. Terdapat corak garis merah di bagian kiri mata wajahnya. Sedangkan kostumnya terlihat lebih modern menggambarkan peremajaan Lin Kuei. Salah satu jurus barunya adalah serangan es yang diluncurkan ke atas untuk menghujani lawannya, serta kloning es.

Digitized sprite Sub Zero diperankan oleh John Turk.


Itu adalah wujud Sub Zero di era 2D. Cek halaman kedua untuk melihat wujud Sub Zero di era 3D, di mana penampilannya mulai terlihat lebih unik, bukan sekedar kostum Scorpion yang diwarnai biru.

1
2

SHARE
Previous articlePembahasan Manga Boruto 17: Konohamaru Terancam Bahaya!
Next articleSutradara Evangelion Ini Memberikan Petuah yang Bikin Kamu Semangat Berkarya
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.