Head-to-Head: Yozhman, Chibi Cyu, dan Penjiplakan bkub

Head-to-Head Yozhman vs Chibi Cyu
Sumber: Chibi Cyu & Yozhman, dengan penyuntingan

Yak! Saatnya untuk rubrik baru! Sekarang waktunya untuk… Head-to-Head!! Kontributor Duniaku.net mengundang dua kreator yang nyentrik dan nyeleneh: Yozhman dan Chibi Cyu untuk “bertarung” dan menunjukkan kebolehan mereka dalam berkarya! Siapa di antara mereka yang paling menjiplak bkub? Mari kita simak Head-to-Head edisi pertama!!

Visualisasi Imut dan bkub

Humor atau lawakan adalah salah satu cara menyampaikan ide lewat media dan seni. Banyak macamnya, dan beragam pula bahan untuk melawak. Ada yang bisa dimengerti dan diterima berbagai kalangan, namun ada juga yang hanya bisa dinikmati orang tertentu saja. Seperti kata Bill Cosby: Kita tak bisa membuat semua orang tertawa.

Head-to-Head Yozhman vs Chibi Cyu
Sumber: Happy Tree Friends Wiki

Salah satu cara menyampaikan humor adalah dengan membungkus ide dengan presentasi visual yang lucu dan imut, meski apa yang hendak disampaikan sangat bertolak belakang dengan apa yang ditampilkan. Salah satu contohnya adalah Happy Tree Friends, kartun buatan Mondo Media yang menceritakan tentang keseharian tokoh-tokoh hewan yang lucu dan menggemaskan. Meski, kerap kali dalam Happy Tree Friends kita disuguhkan adegan kekerasan yang berlebihan, tak jarang memperlihatkan darah dan organ dalam beterbangan kemana-mana.

Untungnya, kita tidak sedang bicara soal Happy Tree Friends. Jadi, mari kita lanjut pada bahasan utama.


Head-to-Head Yozhman vs Chibi Cyu
Pipimi dan Popuko, tokoh utama Poptepipic, Sumber: Anime News Network

Kenalkan Ookawa Bukubu alias bkub, komikus yang mencampurkan humor karikatur ala barat dengan kearifan imut dan unyu ala Jepang. Komikus yang awalnya berkarya secara independen ini naik daun berkat karya Poptepipic alias Pop Teen Epic yang diterbitkan Bamboo Comics/Takeshobo. Poptepipic sendiri akan diadaptasi menjadi anime 2018 nanti.

Head-to-Head Yozhman vs Chibi Cyu
Honey Come Chatka, salah satu karya bkub yang lain. Sumber: Batoto

Seperti karya buatannya yang lain, Charms dan Honey Come Chatka, bkub dikenal karena gaya gambarnya yang cenderung memakai karakter chibi (cebol) yang lucu dan imut, namun digunakan untuk mempresentasikan ide-ide yang liar, keras, dan berani. Ini bukan hal yang baru di dunia karikatur barat, dan juga di Jepang sendiri. Tetapi gaya gambar beliau mendapat apresiasi tinggi baik di Jepang maupun mancanegara, sehingga membuat popularitasnya melejit.


Lho, mana bahasan Chibi Cyu dan Yozhman? Jawabannya ada di halaman selanjutnya! Jadi klik halaman 2 dan simak pembahasannya!

1
2
3
4

SHARE
Previous articleIni Alasan Para Android Yorha “NieR: Automata” Memakai Penutup Mata!
Next articleRESMI! Pengabdi Setan Jadi Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa
Kontributor yang menekuni dan menikmati bidang media dan karya kreatif. Minat utama adalah Mecha, Media, dan Meme.