Sutradara Evangelion Ini Memberikan Petuah yang Bikin Kamu Semangat Berkarya

Meskipun dibawakan dengan nada biasa saja, tetapi sutradara Evangelion ini mempunyai sebuah pesan yang bisa bikin kamu semangat berkarya

Bagi para pecinta animanga terutama generasi jadul sudah pasti mengenal seorang sosok legendaris di dunia anime bernama Hideaki Anno. Sutradara dari Neon Genesis Evangelion dan Shin Godzilla ini merupakan nama yang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta animanga. Salah satu karyanya Evangelion berhasil menjadi salah satu serial anime terlaris sepanjang masa dan sosoknya selalu dielu-elukan karena mampu membawa perspektif baru dalam dunia anime Jepang.

Baca Juga

Ketika ia ditanya di salah satu webseries bernama N High School tentang nasehat apa yang ia mau sampaikan ke anak muda, sang sutradara Evangelion berkata seperti ini, “selagi masih sekolah cari dan temukan minat yang ingin kamu gali dan lakukan hal yang paling kamu suka . Tidak peduli apakah itu di bidang olahraga atau seni kreatif, penemuan minatmu adalah hal yang paling penting sewaktu kamu masih di sekolah.” Ia juga memberi tips untuk para pemuda yang ingin masuk ke industri anime dan yang berkaitan dengannya, “kemampuan komunikasi yang baik juga penting di semua bidang, termasuk di industri anime. Belajar bahasa Inggris juga sangat penting apalagi di era seperti sekarang.”

Anno mengungkapkan hal itu tidak dengan nada menggurui malah ia bernada biasa saja dengan suara yang cukup datar. Ia juga mengakui bahwa ia tidak terlalu banyak belajar tentang pelajaran sekolah sewaktu SMA. Bahkan di masa-masa ujian ia tidak belajar dan memilih untuk bermain mahjong bersama temannya.


Di webseries yang sama ia juga bercerita tentang masa lalunya. “Space Battleship Yamato adalah hidup saya di masa lalu,”, ungkapnya. “Bahkan saya hapal semua dialog dan musik dari acara tersebut.” Anno sewaktu SMA juga merupakan seseorang yang sangat terobsesi dengan anime dan manga.

Anno tampil di acara tersebut bernama Nobuo Kawakami yang merupakan presiden dari Kadokawa Dwango. Kawakami, yang juga mengamini nasihat Anno menambahkan bahwa jika kamu belajar hanya untuk lulus ulangan kamu tidak akan menjadi semakin lebih pintar. Para pelajar juga harusnya lebih mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi tentang sesuatu dan terbuka dengan mempelajari hal-hal yang baru.

Kawakami juga sebelumnya mengungkapkan bahwa sistem sekolah di Jepang harus diperbaharui untuk era digital. Sistem edukasi di Jepang sendiri sering dikritik karena terlalu menekankan pada hafalan belajar alih-alih mengembangkan keterampilan profesional. Hmmm, ceritanya hampir sama dengan Indonesia sepertinya.

Dari petuah Hideaki Anno yang sudah dinyatakan di atas kamu tidak usah kecewa dan berkecil hati jika prestasi kamu di pelajaran tidak begitu bagus. Carilah minat yang sesuai dengan keinginan kamu dan kembangkanlah, siapa tahu kamu bisa sesukses Hideaki Anno.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleEvolusi Sub Zero dari Masa ke Masa Ini Terlalu Cool!
Next articleApa Alasan Hit Meminta Cabba, Caulifla, dan Kale Pergi di Dragon Ball Super Episode 111?
Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara