Hee-ho! ATLUS Merilis Game Spin-off Shin Megami Tensei ala Metroid Secara Gratis!

Jack Frost dan Pyro Jack, dua ikon imut dari waralaba post-apocalyptic RPG populer Shin Megami Tensei akhirnya kembali mendapatkan spin-off game yang berjenis side-scrolling ala Metroid dan Megaman!

Beberapa waktu yang lalu, fandom Shin Megami Tensei sempat dihebohkan dengan kemunculan sebuah trailer menarik. Di trailer yang ditujukan untuk mempromosikan perilisan Shin Megami Tensei – Strange Journer REDUX (DEEP Strange Journey di versi Jepang) untuk Nintendo 3DS itu memperlihatkan beberapa video gameplay yang mirip dengan seri Metroid dan Megaman, dibintangi oleh Jack Frost dan Pyro Jack bersaudara.

Baca Juga

Namun, di tengah-tengah video terungkap bahwa trailer game spin-off tersebut adalah sebuah troll atau tipuan. Fans yang awalnya sangat tertarik dengan ide spin-off tersebut sontak kaget dan meluapkan emosi mereka kepada ATLUS karena telah menipu mereka.

Entah apakah ATLUS mempelajari “seni” trolling ini dari Spike Chunsoft yang dikenal sangat jahil dengan fans mereka, mereka kembali sukses mengelabui fans mereka. Ternyata game spin-off ini benar-benar ada!

Dirilis eksklusif untuk Windows PC, di game bertajuk Shin Megami Tensei – SYNCHRONICITY Prologue ini pemain akan mengendalikan Jack Frost dan Pyro Jack dalam bertualang dan mengalahkan musuh-musuh mereka dengan gameplay ala side-scrolling platforming klasik yang populer di era retro.

Game ini mengambil inspirasi desain level-nya dari Shin Megami Tensei – Strange Journey REDUX, di mana dua demon imut bersaudara ini harus menghindari rintangan dan melawan sesama demon jahat dengan kekuatan es dan api mereka.

Sebelumnya, dua demon imut ini juga pernah kebagian spin-off ber-genre petualangan yang dirilis pada tahun 1995 berjudul Jack Bros, dirilis untuk Virtual Boy. Meskipun cenderung kurang dikenal, game ini memiliki pengikut setia yang terus berharap akan muncul spin-off serupa mengingat seri Shin Megami Tensei kembali berjaya beberapa tahun belakangan.

Berikut beberapa screenshot dari situs resminya:


Yang hebatnya lagi, ATLUS merilis game ini secara GRATIS! Ya! Shin Megami Tensei – SYNCHRONICITY Prologue bisa anda unduh langsung lewat situs resminya di sini. Tenang saja, game ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni sekitar 70MB. Spesifikasinya pun juga sangat-sangat ringan, berikut detilnya:

Minimum Spec:
OS: Windows 7 atau lebih tinggi
CPU: Intel® Core™2 Duo
GPU: Direct3D 9 Support
Memory: 500MB RAM
DirectX: Version 5.2
HDD: 80MB

Game ini juga bisa dimainkan dengan keyboard maupun gamepad, dan bisa diatur sendiri ketika menjalankan launcher-nya.

Harus diakui, untuk game yang (bisa jadi) dibuat sebagai lelucon belaka, game ini memiliki mutu yang cukup tinggi, terlebih dengan ukuran dan spesifikasi yang sangat kecil. Sangat cocok untuk sekedar menghabiskan waktu luang anda.

Shin Megami Tensei – SYNCHRONICITY Prologue bisa diunduh secara gratis hingga tanggal 24 Desember 2017, sementara itu Shin Megami Tensei – Strange Journey REDUX akan dirilis tanggal 26 Oktober 2017 untuk versi Jepang, dengan versi berbahasa Inggris menyusul awal tahun 2018.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleBukan Cuma Main, di Tabletop Area GameStart 2017 Kamu Juga Bisa Belajar Mengecat Mainan!
Next article5 Fakta Shao Kahn yang Tak Banyak Diketahui oleh Gamer
Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda. Penyuka film, anime, video game, dan penggiat film scoring.