Unik, Polisi Inggris Dilatih Menggunakan Gran Turismo Sport

Gran Turismo Sport

Tidak hanya digunakan oleh para pembalap maupun calon pembalap saja, ternyata Gran Turismo Sport digunakan oleh kepolisian di Lincolnshire, Inggris.

Baca Juga

Umumnya, simulasi balap atau yang dikenal sebagai simracing digunakan oleh gamer untuk menjadi pembalap virtual, atau oleh para calon pembalap sebagai latihan. Namun bagaimana jika kepolisian menggunakan simracing sebagai wadah pelatihan? Kepolisian di Lincolnshire menggunakan Gran Turismo Sport untuk melatih para polisi dalam kejar-kejaran berkecepatan tinggi.

Bekerjasama dengan Playstation, kepolisian di Lincolnshire menghadirkan game simulasi balap Gran Turismo Sport yang merupakan judul eksklusif untuk Playstation 4. Lengkap dengan set kokpit dan tambahan set Virtual Reality, pelatihan ini dijalankan untuk mengajarkan para polisi untuk berkendara secepat dan seaman mungkin.

Gran Turismo sendiri sudah menjadi title yang sangat fenomenal, dengan kerjasama mereka bersama Nissan untuk menghadirkan camp pelatihan untuk calon pembalap bernama GT Academy, program yang dijalankan sejak 2008 ini meraih sukses besar. Bahkan, juara GT Academy mendapatkan kontrak resmi sebagai pembalap untuk tim yang dikelola Nissan. Indonesia sendiri juga tidak mau ketinggalan ajang ini, yang akhirnya membawa perwakilan Indonesia, Rama Andika Maulana sebagai juara kedua dalam GT Academy.

Pelatihan yang dihadirkan oleh kepolisian Lincolnshire bersama Playstation mengajarkan basic yang sangat penting dalam berkendara, di antaranya seperti understeer dan oversteerlatebraking serta weightshifting. Kasus-kasus ini umum terjadi pada pengendara yang biasanya berakhir pada kecelakaan dalam berkendara. Refleks pengendara yang buruk umumnya menjadi faktor utama dalam kecelakaan.

Gran Turismo Sport Lincolnshire Police

Dari pelatihan ini, tampak peningkatan signifikan dari para polisi yang telah mencoba simulasi balap Gran Turismo. Pada lap kedua yang dijalankan menggunakan lokasi balap yang sama, Silverstone Race Track, satu di antaranya telah mempersingkat lap time sebanyak 5.7 detik. Hasil ini tentu tidak dapat diremehkan mengingat perbedaan sepersekian detik pada balapan saja sangatlah krusial.

Shaun West dari kepolisian Lincolnshire menyebutkan bahwa metode pelatihan tradisional tidak akan pernah tergantikan, namun pelatihan menggunakan Gran Turismo Sport dapat dijadikan sarana pelatihan yang inovatif untuk membantu metode pelatihan yang disebutkan.

Gran Turismo Sport Sedia Free Demo Sebelum Rilis

Kazunori Yamauchi selaku kepala dari Polyphony Digital sudah tetapkan tanggal rilis bersamaan dengan Free Demo untuk Gran Turismo Sport.
Baca Juga

“Jika GTSport dapat membantu pembalap kelas dunia untuk berlatih, maka kami sangat tertarik untuk melihat apabila simulasi balap ini dapat membantu kepolisian. Dengan bantuan ini, kami dapat memperluas cara berpikir kami dan memperluas metode pengajaran yang telah kami berikan selama ini,” Sebut Shaun.

Diedit oleh Doni Jaelani