Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Baik Vegito dan Gogeta sama-sama merupakan fusion dari Goku dan Vegeta. Tetapi apa bedanya? Dan siapakah yang lebih kuat antara Vegito vs Gogeta?

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Baik Vegito dan Gogeta sama-sama merupakan fusion dari Goku dan Vegeta. Tetapi apa bedanya? Dan siapakah yang lebih kuat antara Vegito vs Gogeta?

Goku dan Vegeta adalah dua karakter yang kuat dalam dunia Dragon Ball. Meskipun begitu, musuh yang muncul pun terkadang tak kalah kuat dan bahkan lebih kuat daripada keduanya. Saat terdesak, Goku dan Vegeta pun harus bergabung atau fusion untuk membentuk seorang petarung yang sangat kuat. Nah, sejauh ini ada dua fusion Goku dan Vegeta yang pernah muncul di dalam seri Dragon Ball: Vegito dan Gogeta. Kira-kira, apa perbedaan keduanya dan siapakah yang lebih kuat antara Vegito vs Gogeta?

[duniaku_baca_juga]

[duniaku_adsense]

Vegito vs Gogeta: Canon dan Non-Canon

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

[read_more id="196674"]

Bagi kamu yang belum tahu, sejauh ini Vegito adalah satu-satunya karakter fusion Goku dan Vegeta yang canon dalam dunia Dragon Ball. Vegito pertama kali muncul ketika melawan Super Buu di manga Dragon Ball dan anime Dragon Ball Z, lalu dia kembali muncul dalam form Super Saiyan Blue dalam Dragon Ball Super. Hal ini berarti bahwa Vegito adalah karakter resmi yang dibuat oleh Akira Toriyama dalam Dragon Ball. Lantas bagaimana dengan Gogeta?

Gogeta sendiri pertama kali muncul dalam film Dragon Ball Z: Fusion Reborn dan kemudian muncul kembali dalam form Super Saiyan 4 Gogeta dalam Dragon Ball GT. Nah, sayangnya, film dan seri di mana Gogeta muncul ini bukanlah film dan seri yang canon—dengan kata lain, Gogeta bukanlah karakter resmi yang dibuat oleh Akira Toriyama. Meskipun begitu, Gogeta memiliki tempat tersendiri di hati para fans. Ya, karakter yang satu ini juga memiliki fans yang cukup banyak.

Vegito vs Gogeta: Potara Fusion dan Fusion Dance

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Supaya Goku dan Vegeta bisa bergabung menjadi Vegito, mereka membutuhkan anting potara supaya bisa melakukan Potara Fusion. Berbeda dengan Vegito, Goku dan Vegeta harus melakukan Fusion Dance supaya bisa bergabung menjadi Gogeta.

Baik Fusion Dance dan Potara Fusion ini memiliki kelemahannya tersendiri: waktu. Ya, karena kekuatan yang dimiliki oleh Vegito dan Gogeta sangatlah besar, waktu mereka bergabung pun menjadi semakin sedikit.

Dalam keadaan normal, Vegito memiliki waktu hanya 1 jam dan tidak permanen karena Potara Fusion hanya akan permanen jika digunakan oleh makhluk non-Kai. Waktu berubah menjadi Super Saiyan Blue waktu fusion Vegito menjadi lebih pendek lagi.

[read_more id="338675"]

Berapa durasi lamanya fusion Gogeta? Dalam keadaan normal, Gogeta memiliki waktu setengah jam sebelum akhirnya berpisah. Nah, ketika berubah menjadi Super Saiyan 4 dalam Dragon Ball GT, waktunya menjadi lebih sedikit lagi, yaitu sekitar 10 menit.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa lama waktu yang dimiliki oleh Super Saiyan Blue Vegito. Akan tetapi, melihat dari durasi kemunculannya di anime Dragon Ball Super, bisa dibilang waktu yang dia miliki bahkan lebih sedikit daripada Super Saiyan 4 Gogeta. Jadi, bisa dibilang jika Vegito melawan Gogeta menggunakan kekuatan penuh, maka Gogeta menang dari durasi waktu.

Tapi apakah itu membuat Gogeta menang melawan Vegito? Tampaknya tidak. Kenapa? Lanjut ke halaman 2!

Vegito vs Gogeta: Siapakah yang Lebih Kuat?

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Siapakah yang lebih kuat antara Vegito vs Gogeta? Pertanyaan ini sebenarnya cukup sulit untuk dijawab mengingat tidak ada informasi resmi mengenai power level mereka dalam wujud Super Saiyan Blue dan Super Saiyan 4. Informasi resmi yang ada saat ini adalah Super Saiyan Gogeta memiliki power level 2.500.000.000 dan Super Saiyan 4 Gogeta memiliki kekuatan puluhan kali lipat lebih besar.

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Super Saiyan 4 Gogeta memiliki kekuatan puluhan kali lipat dibandingkan 2.500.000.000, maka kita asumsikan bahwa Super Saiyan 4 Gogeta maksimal 99x lipat dibandingkan Super Saiyan Gogeta (karena jika kita kalikan 100 ke atas, jadinya ratusan kali lipat).

Nah, 2.5 milliar x 99 = 247,5 milliar. Ini adalah kekuatan maksimal Super Saiyan 4 Gogeta.

Vegito vs Gogeta: Kira-Kira Siapa yang Lebih Kuat?

Untuk Vegito sendiri, sampai saat tulisan ini dibuat, belum ada informasi resmi mengenai power levelnya. Yang ada, hanya disebutkan bahwa base Vegito jauh lebih kuat daripada Super Saiyan 3 Goku.

Super Saiyan 3 Goku = 8 x Super Saiyan Goku (150.000.000) = 1.200.000.000—berarti Vegito memiliki minimal 1.2 milliar.

Dalam Dragon Ball Super, Vegito bisa berubah wujud menjadi Super Saiyan Blue—yang mana bisa kita asumsikan kalau dia bisa menjadi Super Saiyan 3. Wujud Super Saiyan 3 sendiri memiliki kekuatan x400 base seorang saiyan.

Jadi, 1.2 milliar x 400 = 480 milliar. Ini adalah kekuatan Vegito dalam Super Saiyan 3. Tentunya kekuatan Super Saiyan Blue Vegito jauh lebih kuat lagi.

Nah, dari perbandingan kekuatan ini saja, sudah bisa dilihat bahwa Super Saiyan 3 Vegito (480 milliar) bisa mengalahkan Super Saiyan 4 Gogeta (247.5 milliar). Bisa dibilang Vegito jauh lebih kuat daripada Gogeta.

[read_more id="336579"]

Menurutmu sendiri, siapakah yang lebih kuat? Vegito atau Gogeta? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU