Aksi Belasungkawa Grape-kun: Dari Ilustrasi Sampai Galang Dana!

grape-kun meninggal
Sumber: Twitter/@sissyo40

Kalian pasti tahu Grape-kun. Pinguin jenis Humboldt dari kebun binatang Tobu yang ber-waifu Hululu dari serial Kemono Friends. Munculnya kabar akan kematiannya membuat banyak orang bersedih. Namun banyak juga aksi netizen dalam rangka berbela sungkawa akan kematiannya.

Grape-kun, pinguin humboldt yang bertempat tinggal terakhir di kebun binatang Tobu, prefektur Saitama, Jepang, menghembuskan nafas terakhirnya di kebun binatang tersebut pada Jumat, 13 Oktober 2017. Kabar kematian tersebut tentunya mengguncang hati netizen, terutama masyarakat seperjuangan (pecinta 2D).

Sejumlah aksi, baik secara langsung atau tidak langsung digencarkan oleh masyarakat di seluruh dunia baik dari pembuatan ilustrasi, komik, sampai penggalangan dana untuk membuat sesuatu tentang pasangan pinguin.

Ilustrasi Grape-kun x Hululu kembali Booming

Aksi Belasungkawa Grape-kun
Sumber: Twitter

Kabar kematian Grape-kun tentunya membuat namanya kembali populer sama halnya saat kabar pinguin yang satu ini yang mulai terobsesi dengan papan gambar Hululu. Namun untuk hal ini sudah bukan merupakan sebuah bahan lucu-lucuan karena kematian hewan di kebun binatang merupakan hal yang serius, terlebih pinguin yang satu ini memiliki hal yang unik.

Dengan captionRest in Peace, Grape-kun” atau sejenisnya, ilustrasi bertema Grape-kun dan Hululu kembali menjadi trending topic di kalangan peminat anime. Sampai-sampai ilustrator Kemono Friends, Mine Yoshizaki, menyumbangkan ilustrasi keduanya ke kebun binatang Tobu dan dipasang di kandang pinguin tersebut sebagai pengganti ilustrasi Hululu yang lama.

Muncul Komik tentang Cerita Grape-kun

Aksi Belasungkawa Grape-kun
Sumber: Facebook

Ditemukan di suatu kiriman pada halaman facebook, sebuah komik yang menceritakan perjalanan Grape-kun di dunia lain (dunia Kemono Friends) yang bertujuan untuk mencari jalan untuk menemui Hululu. Latar cerita dibuat pada saat sang pinguin meninggal dunia. Di luar perkara cerita, pada komik ini sang penguin adalah satu-satunya pinguin jantan di dunia sana (atau bahkan satu-satunya friend jantan di dunia Kemono Friends).

Selain itu, ada juga komik yang menceritakan permintaan terakhir Grape-kun sebelum ia meninggal, yaitu menyatakan cintanya kepada Hululu tepat di depan Hululu. Dengan dibopong oleh koloni pinguin, Grape-Kun bisa berdiri di pijakan tempat papan gambar Hululu dipasang. Setelah menyatakan cintanya, penguin ini pun meninggal dengan tenang dan koloni pinguin mengantarkannya lagi ke ruang kesehatan.

Aksi Penggalangan Dana untuk Membuat Patung

Tidak puas dengan hanya berbetuk 2D, satu orang berinisial TJ Kun mencoba untuk mengajak masyarakat untuk menggalang dana untuk membuat patung Grape-kun dan Hululu melalui tautan gofundme.com.

Namun hingga tulisan ini dibuat, tautan tersebut menutup akses untuk memberikan donasi. Tidak diketahui kenapa TJ Kun menutup akses tersebut, padahal pendapatan belum menyentuh target.

Sekian sejumlah temuan penulis mengenai apa yang netizen lakukan terhadap berita kematian sang penguin. Bisa jadi sejumlah hal bisa terjadi disamping hal-hal yang dijabarkan diatas.


Diedit oleh Snow


SHARE
Previous articleGuide YuGiOh Duel Links: Deck Beast Rising (Bagian 1)
Next articleInilah Elex, Game Open World RPG Post Apocalypse Mirip RF!
Senang dengan Game FPS dan Action. Hampir di setiap game, role-nya adalah Ranger (selama bukan pakai busur panah). Suka jalan-jalan ke event, fotografi cosplay, dan Zaku.