Opera VR Salip Chrome Dengan Fitur Virtual Reality!

Virtual Reality

Tidak disangka, Opera telah mengembangkan fitur Virtual Reality untuk streaming video melalui update Opera VR!

Di saat Virtual Reality semakin ramai digunakan, pengembang browser turut mengikuti tren tersebut. Opera sebagai salah satu browser penantang Google Chrome juga tidak mau ketinggalan dengan Opera VR besutan mereka.

Selagi Google masih sibuk mengembangkan VR untuk menjelajahi web, Opera mengambil langkah lain untuk menyematkan fitur tersebut. Sekarang, pengguna Opera dapat menonton video dari internet melalui headset VR, dan video tersebut tidak harus video 360 ataupun 180 derajat, video biasa pun dapat ditonton melalui VR.

Memang, fitur ini hanya terbatas untuk pemilik Headset VR saja, namun tambahan seperti ini membawa angin segar bagi pemilik headset tersebut mengingat mereka dapat menggunakannya tidak hanya untuk bermain game saja.


Apa yang membedakan fitur ini dengan Google Daydream? Dalam pengembangannya, Google sendiri menyatakan bahwa Chrome versi VR ini hanya dapat digunakan melalui Daydream yang merupakan fitur VR pada ponsel pintar android saja. Dan untuk dukungan bagi VR lainnya, Google untuk saat ini baru dapat bekerjasama dengan Oculus dan Samsung saja, yang berarti Headset VR lain kemungkinan belum akan mendapatkan Chrome VR dalam waktu dekat.

Hal ini memberikan kesempatan bagi Opera untuk mengembangkan fitur ini. Di saat Chrome VR belum selesai dikembangkan, Opera VR sudah disebarkan melalui build terbaru pada versi Opera Developer, yang berarti pada saat ini tahap beta test untuk VR telah dilaksanakan.

Opera VR

Untuk mencoba fitur terbaru ini, pengguna cukup mengunjungi situs Opera dan mulai mengunduh Opera Developer. Untuk headset yang didukung Opera, semua Headset VR yang mendukung OpenVR termasuk Oculus Rift dan HTC Vive dapat mengakses fitur Opera VR. Untuk memastikannya, Headset VR yang dimiliki dapat dicoba menggunakan SteamVR sekaligus untuk memastikan VR SDK dapat mendeteksi bahwa headset tersebut telah tersambung dengan benar.

Apabila sudah tersambung dan terdeteksi dengan benar, kalian dapat mulai menjelajahi situs seperti Youtube untuk mencari dan menonton video. Apabila Opera mendeteksi adanya video, tombol “Watch in VR” tampil di atas video yang bersangkutan.

Tidak ada kabar pasti kapan fitur ini akan tuju Opera Stable, namun fitur ini dapat diakses secara bebas mengingat Opera Developer dapat diunduh oleh siapapun tanpa akses khusus.

Diedit oleh Snow


SHARE
Previous articleAyo Main Gratis dan Jelajahi Dungeon Bersama Temanmu di Happy Dungeons
Next articleSword Art Online Integral Factor Akan Berikan Pengalaman Seru Bermain SAO!
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.