Kemendikbud Koreksi Tulisan ‘Kids Jaman Now’ yang Tak Sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia!

kids jaman now seto mulyadi

Menurut Kemendikbud, tulisan Kids Jaman Now itu tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Ada-ada saja Kemendikbud jaman now…

Kids Jaman Now menjadi sebuah kalimat yang cukup populer saat ini. Bagaimana tidak? Kalimat yang—setahu saya—dipopulerkan oleh kak Seto Mulyadi (tentu saja akun media social palsu) ini, cocok digunakan untuk menggambarkan segala macam kejeniusan yang dilakukan oleh generasi micin Indonesia. Akan tetapi, tahukah kamu kalau Kids Jaman Now ternyata tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau PUEBI?

Baca Juga

Ya, Kids Jaman Now adalah sebuah kalimat yang salah kepenulisannya karena tidak sesuai dengan PUEBI—setidaknya menurut (admin Twitter) Kemendikbud. Bagi kamu Kids Jaman Now yang tidak tahu apa itu kepanjangan dari Kemendikbud, Kemendikbud adalah singkatan dari Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Melalui akun twitter resminya @Kemdikbud_RI, Kemendikbud menyatakan bahwa tulisan ‘Kids Jaman Now’ itu salah dan yang benar adalah ‘Kids Zaman Now’:

Menurut Kemendikbud, kata ‘zaman’ sendiri adalah kata serapan dari bahasa Arab. Tweet ini sendiri bisa dibilang cukup unik karena bisa dibilang Kemendikbud melakukan PDKT pada generasi muda dengan cara yang lebih kekinian. Benar-benar strategi yang jitu untuk mendekati Kids Jaman, ehm, maksud saya Zaman Now.

Meskipun begitu, tentu saja penulisan ini masih dibilang tidak sesuai dengan PUEBI yang dibuat oleh Kemendikbud karena masih mencampuradukkan dua bahasa yang berbeda: Indonesia dan Inggris. Kalau mau benar, seharusnya menjadi ‘Anak Zaman Sekarang’. Dan beberapa orang pengguna Twitter pun tampaknya meributkan hal tersebut di tweet Kemendikbud ini:

https://twitter.com/idwiki/status/920520102147166208

Tapi siapa yang peduli? As long as we have fun (dan tahu bagaimana benarnya) saya rasa tidak apa-apa kita menggunakan kata Kids Zaman Now untuk saat ini. Haha.

Ada-ada saja Kemendikbud Zaman Now…

Sumber: Twitter


SHARE
Previous articleAlur Cerita Tekken: Inilah Daftar Juara Resmi Setiap Turnamen
Next article5 Hero Mobile Legends Unik yang Paling Susah Dikuasai Pemain Baru
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.