Kemendikbud Koreksi Tulisan ‘Kids Jaman Now’ yang Tak Sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia!

Menurut Kemendikbud, tulisan ‘Kids Jaman Now’ itu tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Ada-ada saja Kemendikbud jaman now…

Kemendikbud Koreksi Tulisan ‘Kids Jaman Now’ yang Tak Sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia!

Kemendikbud Koreksi Tulisan ‘Kids Jaman Now’ yang Tak Sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia!

Menurut Kemendikbud, tulisan Kids Jaman Now itu tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Ada-ada saja Kemendikbud jaman now…

Kids Jaman Now menjadi sebuah kalimat yang cukup populer saat ini. Bagaimana tidak? Kalimat yang—setahu saya—dipopulerkan oleh kak Seto Mulyadi (tentu saja akun media social palsu) ini, cocok digunakan untuk menggambarkan segala macam kejeniusan yang dilakukan oleh generasi micin Indonesia. Akan tetapi, tahukah kamu kalau Kids Jaman Now ternyata tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau PUEBI?

[duniaku_baca_juga]

[duniaku_adsense]

Ya, Kids Jaman Now adalah sebuah kalimat yang salah kepenulisannya karena tidak sesuai dengan PUEBI—setidaknya menurut (admin Twitter) Kemendikbud. Bagi kamu Kids Jaman Now yang tidak tahu apa itu kepanjangan dari Kemendikbud, Kemendikbud adalah singkatan dari Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Melalui akun twitter resminya @Kemdikbud_RI, Kemendikbud menyatakan bahwa tulisan ‘Kids Jaman Now’ itu salah dan yang benar adalah ‘Kids Zaman Now’:

https://twitter.com/Kemdikbud_RI/status/920519582246408192

Menurut Kemendikbud, kata ‘zaman’ sendiri adalah kata serapan dari bahasa Arab. Tweet ini sendiri bisa dibilang cukup unik karena bisa dibilang Kemendikbud melakukan PDKT pada generasi muda dengan cara yang lebih kekinian. Benar-benar strategi yang jitu untuk mendekati Kids Jaman, ehm, maksud saya Zaman Now.

Meskipun begitu, tentu saja penulisan ini masih dibilang tidak sesuai dengan PUEBI yang dibuat oleh Kemendikbud karena masih mencampuradukkan dua bahasa yang berbeda: Indonesia dan Inggris. Kalau mau benar, seharusnya menjadi 'Anak Zaman Sekarang'. Dan beberapa orang pengguna Twitter pun tampaknya meributkan hal tersebut di tweet Kemendikbud ini:

https://twitter.com/idwiki/status/920520102147166208

https://twitter.com/rihfki/status/920521033953808384

https://twitter.com/elmadew/status/920654443648991232

Tapi siapa yang peduli? As long as we have fun (dan tahu bagaimana benarnya) saya rasa tidak apa-apa kita menggunakan kata Kids Zaman Now untuk saat ini. Haha.

https://twitter.com/agustards/status/920700202125729792

Ada-ada saja Kemendikbud Zaman Now…

Sumber: Twitter

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU