Datamining Ungkap Kesalahan Terbesar Niantic dalam Pokemon Go

Pokemon Go datamining

Niantic tidak pernah lepas dari sejumlah kesalahan selama pengembangan dan saat rilis. Seperti game mobile lainnya, Pokemon Go tidak luput dari datamining.

Banyak yang menanti update dari Pokemon Go, terutama untuk pokemon generasi 3. Para dataminer terus mencari konten melalu datamining di dalam Pokemon Go dan banyak yang terkejut sekaligus kecewa atas hasil yang mereka dapatkan, terutama untuk para fans berat Pokemon.

Pokemon generasi 3, atau mungkin yang lebih mudah dikenal dengan pokemon dari Hoenn sudah dikonfirmasi akan hadir untuk update mendatang. Fakta menarik yang didapat dari datamining merupakan rasio gender untuk Pokemon tersebut. Apabila dibandingkan dengan seri Ruby Sapphire Emerald, rasionya cukup identik yang berarti pokemon jantan akan lebih sering ditemukan dibanding betina.

Pokemon Legendaris Pokemon Go Akhirnya Rilis, Begini Cara Menangkapnya!

Akhirnya, Pokemon legendaris bisa ditangkap di dalam game Pokemon GO. Penasaran Pokemon apa saja dan bagaimana cara menangkap pokemon legendaris ini?
Baca Juga

Gender Ratio yang ditampilkan cukup menarik mengingat Niantic sangat serius dan optimis untuk game berbasis GPS ini. Namun ada satu kesalahan fatal yang tersimpan di dalam kode untuk rasio gender kedua pokemon legendaris, Latios dan Latias.

Latios dan Latias, kedua pokemon legendaris ini merupakan pokemon jenis dragon dan psychic yang memiliki sayap seperti pesawat jet. Dari data yang disediakan dan tentunya dari lore untuk kedua pokemon ini, sudah jelas bahwa keduanya memiliki gender masing-masing, satu jantan dan satu betina.

Entah atas alasan apa, Niantic mungkin tidak sengaja menukar gender pokemon ini, yang mana Latios dijadikan betina dan Latias dijadikan jantan. Hal ini mengagetkan komunitas khususnya pada sub-reddit TheSilphRoad. Hal ini memang tidak mempengaruhi mekanik pada game namun tentu saja hal ini dirasa sangat mengganggu, apalagi untuk fans berat.

Kekacauan seperti ini juga pernah terjadi pada Pokemon Go Fest, acara yang diadakan resmi oleh pihak Niantic. Pasalnya, apabila para pemain sudah menunggu berjam-jam untuk memasuki venue yang berada di Chicago Grant Park, maka mereka akan dikecewakan.

Pokemon Go Fest: datamining

Di dalam venue sendiri, banyak yang mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengakses server Pokemon Go yang akhirnya membuat John Hanke selaku CEO Niantic harus turun tangan untuk meminta maaf. Kedatangannya ke dalam stage pun sampai disoraki pemain atas kekecewaan mereka terhadap kekacauan event tersebut.

Live Action Pokemon: Film Detective Pikachu Akan Mulai Diproduksi!

Legendary Entertainment mendapatkan hak cipta untuk membuat film Detective Pikachu berdasarkan franchise Pokemon yang populer! Seperti apa ya filmnya?
Baca Juga

Kembali pada topik sebelumnya, Niantic yang mengetahui kesalahan gender tersebut langsung memperbaikinya melalui update yang dikirimkan beberapa hari yang lalu. Pembaharuan yang dikirimkan juga memberikan sebagian kecil pokemon ghost generasi ketiga, dan sisa dari keseluruhan gen 3 akan ditambahkan Desember nanti.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleMichael Bay Produksi Live-Action Dora The Explorer
Next articleJason David Frank Ingin Akhir Cerita Tommy Oliver Seperti Logan
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.