Hayao Miyazaki Tidak Jadi Pensiun Karena Alasan Ini

Ternyata ada alasan yang cukup emosional mengenai kembalinya Hayao Miyazaki dari masa pensiunnya untuk membuat film

Sutradara legendaris di dunia animasi Jepang Hayao Miyazaki pernah menyatakan bahwa di tahun 2013 ia menyatakan bahwa dirinya akan pensiun dari dunia film.

Salah satu alasan kenapa Miyazaki pensiun adalah penglihatannya yang semakin buruk. “Jika saya kembali membuat film saya terdengar seperti pria tua yang berkata sesuatu yang bodoh”, ungkapnya pada waktu itu. Tetapi, pada tahun ini Hayao Miyazaki tidak jadi pensiun.

Berita tentang berakhirnya pensiun Hayao Miyazaki muncul melalui produser Ghibli bernama Toshio Suzuki bahwa ia dan Miyazaki sekarang tengah menggarap film baru. Hal ini dikonfirmasi dalam wawancara sebelum Oscar untuk film The Red Turtle dan rencananya film tersebut akan dirilis sebelum Olimpiade Tokyo 2020.

Hayao Miyazaki Resmi Mengundurkan Diri dari Membuat “Film”

Studio Ghibli secara resmi mengumumkan pengunduran diri Hayao Miyazaki, setelah 72 tahun berkiprah bersama dengan Studio Ghibli membuat film-film berkualitas mulai dari The Wind Rises, Ponyo, Howl's Moving Castle, Spirited Away, Princess Mononoke, Porco Rosso, Kiki's Delivery Service, Totoro, Laputa, hingga Nausicaä.
Baca Juga

Publik bertanya-tanya kenapa Hayao Miyazaki tidak jadi pensiun dan kenapa ia kembali membuat film? Alasan Hayao Miyazaki tidak jadi pensiun ternyata karena cucu laki-lakinya. Menurut Shuukan Josei Prime, ketika Suzuki menjadi bintang tamu di acara Nichiyoubi Bijitsukan (Galeri Seni Minggu) yang tayang di NHK ia menjelaskan motivasi Hayao Miyazaki untuk tidak jadi pensiun.

“Ia (Miyazaki) berkata, ‘Saya membuat film ini untuk cucu laki-laki saya”. Suzuki juga berkata bahwa Miyazaki juga mengatakan bahwa cucunya mungkin mengatakan sesuatu seperti, “ Kakek sudah pergi ke dunia berikutnya, dan dia meninggalkan karya ini”. Terdengar sedih dan mengharukan ya?

Suzuki menambahkan, “Tidak diragukan lagi bahwa penggemar Ghibli yang sedang menonton ini di TV akan kaget dan berkata ‘Hey! Tunggu sebentar, cuman itu alasannya?!’, terdengar konyol memang tapi memang begitu alasannya”.

Baca Juga

Wajar jika semua orang menantikan karya baru Hayao Miyazaki karena karya Miyazaki bersama teman-temannya di Studio Ghibli mampu membuat orang terpana.

Salah satu keperkasaan Miyazaki dibuktikan melalui film Tonari no Totoro yang dirilis pada 1988 dan menjadi ikon pop kultur sampai sekarang serta film Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away yang dirilis pada 2001 dan sukses membawa pulang piala Academy Awards ke-75 dalam kategori Film Animasi Terbaik. Setelah selesai mengerjakan film Kaze Tachinu atau The Wind Rises pada tahun 2013 ia menyatakan bahwa dirinya akan pensiun dan film tersebut menjadi film terakhirnya yang ia buat.


Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous article7 Akun Twitter Terbaik dan Paling Menghibur yang Harus Kamu Follow!
Next articleWonder Woman 2 Akan Mulai Syuting pada Pertengahan 2018
Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara