Menganalisis Kekuatan Jiren yang Telah Terungkap Sejauh Ini

kekuatan jiren

Hingga episode 112, Jiren masih belum serius bertarung. Tapi kita coba analisis kekuatan Jiren dan alasan kenapa ia begitu berbahaya!

1

Kekuatan Dasarnya Saja Sudah Gila

arti nama jiren

Baca Juga

Setiap Jiren bergerak, dia hampir selalu bisa menangani musuhnya dengan mudah. Maji Kayo? Ia hanya tinggal meluncurkan pukulan jarak jauh. Angin dari serangannya sudah cukup untuk melempar Maji Kayo keluar arena.

Kale yang sedang mengamuk? Jiren tinggal memberi satu serangan pamungkas, dan Kale langsung kembali ke wujud asal.

Inikah Cara Bagi Goku untuk Menyelamatkan Semesta yang Kalah di Tournament of Power?

Zen-Oh merasa terlalu banyak semesta yang harus diawasi? Mungkin ini cara agar Goku bisa menyelamatkan semesta yang kalah di Tournament of Power!
Baca Juga

Goku? Goku harus naik ke wujud Super Saiyan Blue Kaio-ken x20 untuk mulai membuat Jiren bergerak. Sebelum Goku mencapai Ultra Instinct, bahkan Spirit Bomb saja tidak mampu menanganinya.

Lalu ini terjadi.

 

Di momen ini, penulis langsung menyadari satu hal: Jiren kemungkinan besar melakukan semua hal tadi tanpa mengerahkan kekuatan dengan serius. Ia juga memiliki aura Ki, namun ia hanya mengeluarkannya saat benar-benar merasa musuhnya menarik, seperti Ultra Instinct Goku.

Jadi, kekuatan, ketangguhan, dan kecepatan Jiren dalam wujud standar saja sudah lebih kuat dari Super Saiyan Blue Kaio-ken x20. Bayangkan saja betapa di luar nalarnya itu. Tak heran ia bisa mengalahkan Dewa Kehancuran.

2

Energi Ki yang Semakin Membuat Kekuatannya Sinting

Kekuatan Jiren memungkinkan dia untuk mengeliminasi banyak petarung yang tersisa hanya dengan pukulan dan tendangan saja. Masalahnya, seperti kebanyakan tokoh penting Dragon Ball, Jiren juga menguasai manipulasi energi Ki. Dan level kekuatannya saat sudah mengerahkan Ki semakin berbahaya bagi musuh.

Saat Jiren sudah mengerahkan Ki-nya, ia akhirnya dapat menangani rentetan serangan Goku. (Walau Ultra Instinct Goku juga memang sudah melemah di saat itu).

Jiren kembali menunjukkan tingkat kekuatan Ki-nya saat ia bermeditasi. Makhluk yang satu ini benar-benar tak perlu khawatir akan diserang sembunyi-sembunyi. Kebanyakan orang tak mampu menembus aura Ki yang ia pasang.


Ngomong-ngomong soal manipulasi Ki, ada kekuatan Jiren yang terbukti cukup kuat untuk mengatasi petarung seperti Hit dan Legendary Super Saiyan Kale. Cek lanjutan pembahasannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articlePecinta Maid? Yuk Cek 5 Anime Tema Maid Terbaik Ini!
Next articleMichael Bay Produksi Live-Action Dora The Explorer
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.