GT Sport atau Forza 7? Kenapa Tidak Jajal Assetto Corsa Saja?

assetto corsa

Masih bingung untuk memilih diantara Gran Turismo Sport atau Forza Motorsport 7? Mungkin Assetto Corsa bisa jadi pengganti diantara kedua titel besar ini.

Saat ini, pagelaran game dengan genre balapan sedang diramaikan oleh kedua titel besar, Gran Turismo Sport dan Forza Motorsport 7. Kedua judul ini sudah lama bersaing sebagai game balapan realistis untuk konsol, namun kita tidak boleh melupakan kehadiran game balap lainnya, terutama Assetto Corsa yang sudah lama diminati orang di dunia racing simulation.

Assetto Corsa merupakan sebuah game simulasi balapan yang mulai dikembangkan oleh Kunos Simulazioni pada tahun 2010. Sebagai pengembang game, Kunos sudah memiliki pengalaman lama pada dunia simracing, dimulai dengan karir mereka mengembangkan netKar Pro yang dirilis pada 2006 lalu. Keahlian dalam mengembangkan simulasi balapan akhirnya berkembang pada Assetto Corsa yang dirilis pada 19 Desember 2014.

Perbedaan terbesar yang terdapat pada Assetto jika dibandingkan dengan GT Sport dan Forza 7 adalah handling pada mobil yang sangat realistis. Kedua titel, baik milik Sony maupun milik Microsoft ini lebih cocok dikategorikan sebagai realistic racer, yang mana game tersebut diciptakan selayaknya seperti balapan pada aslinya namun karakteristik pada permainan tersebut tidak dapat dikatakan akurat.

assetto corsa mod
Contoh untuk mod yang dapat dipasangkan untuk Assetto Corsa. C1 dan itasha livery mod hadir untuk mewarnai simulasi balap satu ini.

Dukungan untuk memasangkan mod seperti mobil, lokasi balapan maupun tampilan HUD memberikan poin tambahan bagi Assetto Corsa. Kunos memberikan kebebasan bagi para pengembang mod untuk mengkreasikan sebagaimana yang mereka inginkan pada Assetto. Bahkan, mod seperti Initial D pun hadir lengkap dengan gunung Akina ataupun Akagi yang terkenal.

Tidak lupa juga, dengan harga yang lebih terjangkau dan aksesibilitas untuk komputer dengan spesifikasi menengah kebawah, Assetto Corsa menerima banyak pujian dari media besar. Rating sangat positif pada Steam yang bahkan mengalahkan judul seperti Project Cars 2 patut menjadi acuan bahwa Kunos memang menciptakan game ini dengan sangat ambisius.

Sayang, simulasi balapan ini tidak hadir tanpa kelemahan. Malah, game ini memiliki beberapa batasan yang datang dari engine yang digunakan oleh Kunos.

Assetto Corsa DLC
Hadirnya DLC cukup dirasa mengganggu dikarenakan terbatasnya pilihan mobil hanya untuk base game saja.

Murahnya harga yang ditawarkan ternyata hanya memberikan sekurang-kurangnya 44 pilihan mobil untuk dikendarai. Ini memberikan sedikit pilihan bagi para pemain untuk memilih mobil yang mereka suka. Hal ini diperparah dengan hadirnya DLC apabila ingin menambahkan mobil. GT Sport setidaknya memiliki 150 mobil saat rilis dan 150 saja masih dianggap sedikit bagi para pemain.

DLC sebagai alternatif untuk menambahkan daftar mobil juga tidak datang dengan begitunya saja, Online Lobby juga memberikan masalah terkait DLC. Server yang menggunakan mobil DLC tidak akan dapat diakses oleh pemain yang tidak memiliki DLC yang bersangkutan, dan ini tentunya hanya akan membatasi pemain yang tidak ingin membeli DLC atau hanya ingin membeli DLC tertentu.

Para penggila balap yang mengharapkan efek cuaca akan dikecewakan oleh keterbatasan engine yang dikembangkan oleh Kunos. Kunos sebelumnya menyatakan bahwa engine yang mereka gunakan tidak dapat mensimulasikan efek hujan, malam ataupun pencahayaan. GT Sport seminimalnya memiliki siang-malam dan pencahayaan yang sempurna.

Unik, Polisi Inggris Dilatih Menggunakan Gran Turismo Sport

Bersama Playstation, kepolisian Lincolnshire yang berlokasi di Inggris menghadirkan pelatihan untuk para anggotanya menggunakan Gran Turismo Sport.
Baca Juga

Assetto Corsa memang tidak dapat sepenuhnya dibandingkan dengan GT Sport ataupun Forza 7 karena simracing dan realistic racer memiliki pasarnya sendiri. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba Assetto Corsa sebagai alternatif untuk yang ingin terjun ke dunia simulasi balap.

Assetto Corsa dapat dibeli melalui Steam Store dengan harga Rp199,999 lengkap dengan 44 pilihan mobil dan lokasi balap ikonik seperti Nurburgring GP dan Silverstone. Selain di PC, game ini juga hadir untuk PS4 dan XBOX One.

Diedit oleh Fachrul Razi