Momen-Momen Paling Seram dan Mencekam dalam Film Horor Modern

Momen Paling Seram
Cuplikan film Insidious.

Demi kepuasan maksimal, pergilah ke kamarmu, pasang earphone, nyalakan sampai batas volume maksimal, dan matikan lampu karena kali ini kita akan membahas momen paling seram dan paling mencekam dalam film horor modern!

Pada dasarnya, seperti genre film lainnya, film horor adalah film yang dibuat untuk menghibur audiens. Namun, genre film ini menghibur penonton dengan cara membuat kita panik, cemas, dan merinding ketakutan.

Film horor memang genre film yang unik. Bahan bakat genre ini diperoleh dengan cara menyerang sisi psikologis penonton dan memanfaatkan ketakutan kita terhadap suatu kondisi maupun objek tertentu. Entah itu takut keadaan gelap, ruang yang sempit, takut darah, benda-benda tajam, dan lain sebagainya.

Tapi, bukannya jera, anehnya kita justru malah semakin ketagihan dan tertantang untuk kembali ke bioskop dan menonton film bergenre serupa lagi dan lagi.

Menurut hemat penulis, film horor yang baik adalah film yang sepanjang alur ceritanya tersusun oleh berbagai adegan yang mampu memicu penonton bergidik ngeri dan merasa terganggu psikologisnya. Suatu adegan horor layak mendapat apreasiasi apabila adegan tersebut mampu membuat penonton berteriak histeris atau menjerit ketakutan.

Sambut Halloween dengan 5 Film Horror Terbaik John Carpenter ini!

Sambut bulan Oktober yang identik dengan Halloween lewat 5 film horor terbaik dari sutradara John Carpenter. Simak bahasannya di sini!
Baca Juga

Memang benar bahwa definisi seram itu bersifat subjektif, tergantung kadar keberanian masing-masing orang. Tapi, ada alasan kuat mengapa film-film yang berisi adegan-adegan di bawah ini diapresiasi oleh khalayak luas atau mendapat berbagai penghargaan perfilman.

Maka dari itu, langsung saja di bawah ini sudah terkompilasi delapan adegan atau momen dalam film horor modern yang paling seram dan paling mencekam. Entah itu lewat sebuah teror arwah penasaran, membangun nuansa mencekam secara gradual, teknik jump-scare yang cerdas dan terduga, hingga elemen-elemen lain yang membuat bulu kuduk kita merinding kala menyaksikannya.

1

Insidious (2001)

Momen Paling Seram

James Wan menggebrak jagat perfilman horor lewat Insidious. Kerangka ceritanya kurang lebih sama seperti Poltergeist, sebuah rumah berhantu yang di dalamnya bersemayam iblis yang “menculik” ruh anak-anak. Tapi, lewat tangan dinginnya, James berhasil menghadirkan karya yang lebih unik dengan jalan penyutradaraannya sendiri.


Momen paling seram: Sebagai satu dari sekian film horor era modern terbaik, agaknya sulit menentukan mana momen paling menyeramkan dari Insidious pertama ini. Namun, pujian terbaik rasanya pantas ditujukan untuk adegan diskusi di ruang makan.

Dalam adegan tersebut Josh bersama sang istri, Renai, tengah berbincang dengan ibunya, Lorraine. Ketika suasana sedang tenang-tenangnya, ibunya terperanjat akibat melihat “Darth Maul” a.k.a Lipstick-Face Demon yang tetiba muncul tepat di belakang Josh. Memang adegan ini cenderung lebih mengagetkan alih-alih menyeramkan. Tapi, siapa yang menduga kalau James Wan “usil” menyisipkan adegan yang bikin kita jantungan ini?

Lanjut lagi ke halaman kedua untuk adegan paling menyeramkan berikutnya!

1
2
3
4

SHARE
Previous article65 Game Horror Didiskon Habis-Habisan di Steam Sale Halloween
Next articlePembahasan One Piece 883: Sifat Asli Katakuri Terungkap!
Penggemar game survival-horror, keranjingan gadget, suka sepak bola. Penggemar berat Real Madrid, tapi Barcelona juga suka koq, beneran.