MachineGames Ungkap Alasan Wolfenstein 2 Hadir Tanpa Multiplayer

MachineGames ternyata memiliki alasan tersendiri mengapa mereka tidak mengerjakan mode multiplayer untuk Wolfenstein 2: The New Colossus.

MachineGames Ungkap Alasan Wolfenstein 2 Hadir Tanpa Multiplayer

MachineGames Ungkap Alasan Wolfenstein 2 Hadir Tanpa Multiplayer

Di balik proses pengembangan Wolfenstein 2 The New Colossus, ada satu hal yang membuat studio MachineGames tidak memasukkan mode multiplayer.

[duniaku_baca_juga]

Singleplayer campaign, sebuah mode alur cerita linear, akhir-akhir ini semakin dijauhi para pengembang. Banyak yang lebih memilih untuk mengembangkan fitur online atau multiplayer sebagai mode dengan replay value yang tinggi. Berbeda dengan pengembang-pengembang lainnya, MachineGames lebih memilih untuk fokus terhadap mode singleplayer untuk Wolfenstein 2.

Dengan EA yang menutup studio Visceral Games dan Rockstar Games yang tidak mengerjakan story expansion untuk GTA V, tidak ada banyak yang dapat disaksikan pada mode singleplayer. Pasalnya, tidak sedikit orang yang tertarik dengan mode singleplayer, sekalipun memiliki alur yang linear.

MachineGames Ungkap Alasan Wolfenstein 2 Hadir Tanpa Multiplayer

Malah, alur cerita yang linear pun tetap dapat dibikin menarik selama berada pada tangan yang tepat. Contohnya seperti alur cerita Modern Warfare yang sangat fenomenal dan bahkan jauh lebih menarik dibandingkan seri Call of Duty lainnya sekalipun yang terbaru.

Berbicara mengenai tangan yang tepat, MachineGames selaku pengembang untuk Wolfenstein 2 The New Colossus menyatakan bahwa game tidak hadir dengan mode multiplayer. Menurut mereka, kehadiran multiplayer malah akan mengganggu alur cerita yang akan disajikan.

Berbeda dengan EA yang mulai memperlihatkan rasa ketidaksukaan mereka terhadap singleplayer yang linear, MachineGames lebih mementingkan alur cerita. Representasi yang akan disajikan kepada pemain haruslah konsisten dimata pengembang Wolfenstein 2.

[read_more id="337381"]

Dalam wawancaranya bersama GamesIndustry, Tommy Tordsson Björk mengungkapkan bahwa mereka harus memfokuskan diri pada singleplayer apabila MachineGames ingin menyajikan narasi yang sangat spektakuler. "Menambahkan multiplayer pada proses pengembangan hanya akan mengganggu alur cerita, itulah sulitnya mengerjakan dua hal dalam sekali jalan," Tambah Tommy.

Tidak hanya itu, Tommy juga mengungkapkan bahwa mereka sangat optimis terhadap alur cerita The New Colossus yang kontroversial itu. "Ada banyak hal yang belum kalian saksikan, dan kami berusaha mengerjakan semampunya. Kami tetap mengembangkan Wolfenstein sesuai dengan apa yang membuatnya spesial: drama yang kental serta komedi yang terkesan gelap," Sebut Tommy.

[read_more id="276906"]

Wolfenstein memang merupakan seri permainan yang sangat dipuji akan presentasi alur yang diberikan. Namun, game ini tidak lepas dari kontroversi yang didapat. Kontroversi yang didapat juga merupakan bukti komitmen MachineGames atas alur cerita yang konsisten, terlepas dari komentar negatif yang diterima.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU