Kurang Sempurna! 7 Fitur Umum Yang Malah Tidak Ada di Nintendo Switch!

nintendo switch
Sumber: Amazon UK

Konsol game terbaru Nintendo Switch memang fenomenal dan laku keras! Tercatat sejak bulan Juni lalu sebanyak 4.7 juta unit telah terjual. Namun, sayangnya ada 7 fitur umum yang malah hilang di konsol besutan Nintendo ini. Apa saja?

Baca Juga

1

Profile data hanya tersimpan secara fisik

nintendo switch
Sumber: CNET

Tujuan utama dari Nintendo Switch dikembangkan adalah untuk mempermudah penggunanya bermain game di mana saja. Jika sedang berpergian, kamu bisa membawa Switch bersamamu, atau jika sedang berada di rumah, kamu bisa memasukkannya ke Nintendo Switch Dock dan bermain game melalui TV.

Sayangnya konsep ini tidak diterapkan pada profile data pada Nintendo Switch. Ya… memang kamu bisa login menggunakan akun Nintendo di konsol Switch lain dan mengunduh game yang telah dibeli. Sayangnya, semua data yang kamu mainkan tersimpan secara fisik hanya di Nintendo Switch milikmu.

Hacker Menemukan Game Rahasia di Console Nintendo Switch

Ditemukannya sebuah game rahasia pada Nintendo Switch oleh sejumlah hacker ternyata memang sengaja dimasukkan oleh pihak Nintendo, tapi atas alasan apa?
Baca Juga

Ada metode baru untuk mentransfer data tersebut melalui Switch firmware update, namun penggunaanya terbatas. Di Xbox One dan PlayStation 4, kamu cukup mengunggah data ke layanan cloud masing-masing dan mengunduhnya kembali kapan pun kamu mau.

Ini merupakan sebuah fitur yang berguna, sebagai antisipasi apabila konsol kamu rusak di kemudian hari.

2

Kemudahan untuk chatting atau ngobrol dengan teman secara online

nintendo switch
Sumber: nzgamer.

Di konsol game Xbox atau PlayStation pengguna bisa secara mudah berbicara dengan gamer lain secara acak menggunakan headset, mengobrol di private room sambil bermain game, atau bahkan mengobrol dengan teman tanpa harus bermain game yang sama!

Sayangnya kemudahan dalam fitur ini tidak ada di Nintendo Switch. Satu-satunya cara untuk mengobrol adalah menggunakan cara yang berbelit-belit, seperti yang bisa kamu lihat melalui gambar di atas. Tanpa harus dijelaskan, melihatnya saja sudah ribet kan?


3

Fitur Merekam Video Terbatas

nintendo switch
Sumber: sogogames

Nintendo baru saja menambahkan fitur rekam video di Switch pada update terbaru Version 4.0. Melalui update ini, kamu bisa merekam gameplay dengan menekan tombol capture.

Namun, sayangnya maksimal rekaman adalah 30 detik dan kamu tidak bisa merekam video kapan saja. Selain itu kamu hanya bisa merekam video untuk game yang sudah support saja, di mana sejauh ini judul game yang telah mendukung fitur ini hanya Breath of the Wild, Splatoon 2, Arms, dan Mario Kart 8 Deluxe.

Kita bandingkan dengan konsol Xbox One dan PlayStation 4 yang bisa merekam gameplay di game apapun dan batas durasinya juga lebih lama.

4

Layanan Video Streaming

nintendo switch
Sumber: 4K Download

Meskipun Nintendo telah mengisyaratkan layanan video streaming akan hadir di Switch, namun belum ada pengumuman resmi atau tanggal rilis dari mereka terkait hadirnya layanan video streaming seperti Netflix, YouTube, Amazon, Twitch, dan layanan lainnya di Nintendo Switch.

Bayangkan jika fitur ini bisa hadir di Switch, maka kamu bisa menyimpan beberapa video favorit kamu melalui penyimpanan Switch yang bisa diperbesar dengan microSD.

Lanjut ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleMultiplayer Final Fantasy XV “Comrades” Tetapkan Tanggal Rilis!
Next articleBerkat Kimi no Na wa, Pendapatan Anime Jepang Jadi Rp 200 Triliun!