8 Anime Ini Mirip Banget Sama Neon Genesis Evangelion Loh

Mulai dari Puella Magi Madoka Magica sampai Ergo Proxy , ini dia delapan anime yang mirip dengan Evangelion.

Serial Neon Genesis Evangelion memang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Anime buatan Hideaki Anno yang telah tayang pada tahun 1995 berhasil menjadi anime paling laris sepanjang dekade 1990’an dan menjadi anime paling legendaris dalam sejarah fandom otaku. Karena kepopulerannya tersebut banyak anime yang mirip dengan Evangelion di dunia anime sekarang.

Hal tersebut dikarenakan Evangelion berhasil membawakan tema yang berat dan tidak biasa untuk sebuah anime pada masa itu. Evangelion mampu membawakan berbagai macam tema seperti psikologi, depresi, frustasi, perasaan labil remaja, pencarian jati diri, konflik, dan eksistensialisme. Semua itu dibawakan dengan karakter yang ikonik, adegan action yang keren serta robot yang desainnya jauh berbeda dengan desain robot pada umumnya.

6 Tempat Wisata Anime Yang Wajib Dikunjungi Versi Anime Tourism

Ingin pergi ke Jepang dalam waktu dekat? Ada baiknya kamu mengunjungi enam tempat wisata yang pas buat para pecinta anime ini!
Baca Juga

Anime yang juga memberikan dampak yang besar terhadap ekonomi industri kreatif Jepang karena berhasil mendatangkan keuntungan sebesar 150 miliar yen (sekitar Rp. 15 triliun) pada tahun 2007 dan mempunyai penggemar loyal dari seluruh generasi dari berbagai macam latar belakang di seluruh dunia ini sudah banyak menginspirasi anime lainnya juga.

Apa saja sih anime yang mirip dengan Evangelion? Simak daftarnya di bawah ini

1

Puella Magi Madoka Magica

Puella Magi Madoka Magica sukses membuat sensasi yang luar biasa di Jepang pada awal dekade 2010an. Serial yang mempunyai pengaruh sama seperti Evangelion di tahun 90’an ini menceritakan sekumpulan pelajar SMP yang ingin menjadi magical girl dan melawan musuh yang mempunyai bentuk aneh dan tidak biasa bernama witches.

Anime asli yang ditulis oleh Gen Urobuchi ini memutarbalikkan semua teori yang sudah ada di serial mahou shoujo sebelumnya dan membuat anime yang sangat dark, menakutkan, dan dipenuhi dengan tema psikologis yang cukup dalam.

2

Shingeki no Kyojin

Attack on Titan termasuk anime yang mirip dengan Evangelion? Benarkah?

Serial anime yang diadaptasi dari manga buatan Hajime Isayama bernama Shingeki no Kyojin mempunyai tema yang hampir sama dengan Evangelion dimana umat manusia tiba-tiba kedatangan sesosok makhluk yang tidak diidentifikasi dan membawa bencana untuk umat manusia karena mereka tidak bisa mengalahkannya. Tema survival, horror, dan action yang juga dibumbui oleh tema cerita yang cukup dark terus muncul dalam anime ini.

Anime ini menceritakan tentang seorang anak bernama Eren Jaeger yang melihat ibunya sendiri mati dimakan oleh seorang Titan yang tersenyum. Kematian ibunya membuat Eren bersumpah untuk menghabisi seluruh Titan yang ada di muka bumi dengan cara menjadi seorang prajurit dan masuk ke dalam Scout Legion meskipun sebelumnya ditentang oleh ibunya sebelum kematiannya. Bersama Mikasa dan Armin ia bertarung untuk menghabisi seluruh Titan.

3

Bokurano

Serial anime yang diadaptasi dari manga buatan Mohiro Kitoh dan telah ditayangkan pada tahun 2007 ini menceritakan tentang sekumpulan anak yang harus bertarung melawan monster raksasa dengan sebuah robot bernama Zearth dengan bayaran nyawa dari masing-masing anak tersebut.

Bokurano membawakan tema psikologi yang diceritakan oleh masing-masing anak yang menjadi pilot Zearth selain itu serial ini juga dibalut dengan horror, drama, gore, dan tragedy seperti Evangelion. Selain terinspirasi oleh Evangelion, Bokurano juga menginspirasi serial Puella Magi Madoka Magica yang mempunyai kesamaan tema dan cerita serta memasukkan sebuah makhluk imut yang tugasnya mencari dan “menjebak” anak-anak tersebut ke dalam rencananya dalam ikatan kontrak.   

4

Serial Experiments Lain

Serial Experiments Lain menjadi serial anime yang mempunyai penggemar yang loyal dan menjadikannya salah satu anime terbaik sepanjang masa. Anime yang telah dirilis dari Juli sampai September 1998 ini bercerita tentang seorang perempuan polos bernama Lain Iwakura dan perkenalannya kepada Wired sebuah jaringan yang hampir mirip dengan Internet.

Keanehan muncul ketika kematian temannya membawanya dia masuk ke dalam dunia Wired, dimana ia mengetahui bahwa dunia yang ia tinggal hanyalah kesemuan semata.

Sesuai dengan namanya serial ini memuat banyak eksperimen di dalam dunia anime dan mempunyai cara penceritaan yang tidak biasa.

Kritikus anime banyak yang mengatakan bahwa serial ini aneh dan susah dicerna pada awalnya tetapi mempunyai makna yang dalam terutama dari sisi psikologis dan eksistensialisme. Selain terinspirasi oleh Evangelion dari segi eksistensialisme, serial ini juga menginsipirasi serial dan film Hollywood seperti Ergo Proxy dan The Matrix dari segi tema yang dibawakan yang berkutat tentang paranoia akan mesin dengan manusia dan cyberpunk.


Penasaran dengan sisa empat anime yang mirip dengan Evangelion? Klik halaman berikutnya untuk cari tahu lebih lanjut