5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cobain Game Indie

game indie
Sumber: Steam

Tak terhitung sudah jumlah game yang telah rilis saat ini. Mulai dari developer game besar maupun indie. Namun siapa sangka ternyata game indie memiliki daya tarik tersendiri  dan ini alasan kenapa kamu harus mencobanya!

Baca Juga

Saat ini tercatat jumlah game di Steam sebanyak 17.801 yang bisa kita download. Jumlah ini tidak mencakup game eksklusif untuk konsol game. Yang menarik adalah sebagian besar game di Steam ini adalah game indie lho!

Developer indie game biasanya menciptakan sebuah game yang lebih simpel dengan tim yang lebih kecil dan anggaran yang terbatas.

Cuphead, Game Indie Super Susah yang Jadi Buah Bibir Pengunjung E3 2015!

Dengan gaya grafis klasik yang lucu, namun tingkat kesulitan yang sangat "menyiksa", Cuphead sukses menjadi salah satu perbincangan hangat di arena E3 2015!
Baca Juga

Minimnya anggaran ini biasanya menimbulkan stereotip dari kalangan komunitas gamer untuk menentukan game tersebut berkualitas atau tidak.

Well, meskipun game indie memang kebanyakan tidak sempurna, namun banyak dari game indie yang ternyata menawarkan pengalaman lebih baik daripada beberapa game AAA lho!

Di artikel ini Duniaku.net akan memberikan alasan kenapa kamu harus mencoba game indie.

1

Game Indie Murah!

game indie
Sumber: Steam

Alasan utama untuk bermain game indie adalah harganya yang murah. Game AAA biasanya dipatok dengan harga lebih dari USD 40 (sekitar RP 540 ribu) dan juga dibarengi dengan beberapa DLC yang tentunya akan bikin jebol isi dompet kamu.

Sementara rata-rata harga game indie hanya sekitar USD 8 (sekitar RP 108 ribu). Bagi kamu yang memiliki budget rendah untuk membeli game ini bisa sangat menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan 5 game indie setara dengan budget 1 game AAA.

2

Banyak Pilihan Genre

game indie
Sumber: Steam

Seperti yang kami jelaskan di atas bahwa sebagian besar gamer di Steam merupakan game indie. Hal ini membuat pemain bisa memilih berbagai macam genre untuk di download atau dibeli.

Bahkan saking banyaknya, mungkin kamu akan bingung mau mencoba yang mana terlebih dahulu. Kami sarankan untuk melihat setiap review yang diberikan oleh komunitas terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mencoba atau membeli game indie tersebut.

3

Lebih kreatif dan orisinil

game indie
Sumber: Steam

Para tim developer indie game secara umum biasanya lebih melebarkan “sayap” mereka atau lebih idealis dalam menciptakan ide dan mengembangkan game buatan mereka. Selain itu, mereka biasanya mampu untuk menciptakan sebuah karakter protagonis yang imajinatif dan dunia yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Game-game kelas AAA sekarang memang cenderung mengekor formula yang sukses. Penyebabnya adalah studio besar tidak memiliki banyak ruang untuk eksperimen. Kalau satu seri saja gagal, buntutnya bisa panjang. Bahkan berujung ke pemecatan atau penutupan.

Tidak demikian halnya dengan game indie. Berhubung budget dan ekspektasinya kecil, pihak pengembang pun bebas menyajikan yang mereka inginkan.

4

Dikembangkan dan didedikasikan untuk fans

game indie
Sumber: Steam

Tujuan dari developer indie game menciptakan sebuah permainan bukan hanya untuk menarik perhatian penerbit atau perusahaan game besar, namun mereka melakukannya karena mereka memang sangat cinta dengan game!

Biasanya developer indie game juga lebih tahu selera fansnya dan tahu apa yang mereka inginkan.

5

Dukungan untuk studio Indie

game indie
Sumber: Steam

Dengan membeli game indie, maka secara tidak langsung kamu telah mendukung dan membantu studio game kecil untuk mendanai proyek berikutnya.

Bandai Namco Umumkan Tanggal Rilis Dragon Ball FighterZ dan 8 Karakter Baru!

Bandai Namco Entertainment secara resmi mengumumkan tanggal rilis Dragon Ball FighterZ dan bakal ada 8 karakter baru! Siapa saja?
Baca Juga

Intinya, kamu akan membantu para developer game ini untuk mendapatkan pengalaman bermanfaat yang memungkinkan mereka untuk beralih ke hal-hal yang lebih besar.


Apa game indie favorit kamu? Beri tahu kami melalui kolom komentar ya!

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articlePlaystation Kenalkan Call of Duty WWII di Filipina, Indonesia Kapan?
Next articlePendidikan Itu Wajib! Inilah 6 Idol Korea Yang Kuliah di Jurusan Yang Tidak Umum