Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya!

Para penggemar K-Drama dan K-pop pasti pernah bermimpi untuk bisa tinggal di Korea. Eitss, nyatanya kehidupan masyarakat Korea tidak seindah itu lo. Inilah alasannya.

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya!

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: Twitter.com[/caption]

Para penggemar drama Korea dan K-pop pasti pernah bermimpi untuk tinggal di Korea. Eitss, tapi setelah membaca artikel ini, tampaknya kalian akan berubah pikiran, karena nyatanya kehidupan masyarakat Korea tidaklah seindah yang kalian bayangkan.

Faktanya, menurut OECD Better Life Index, Korea Selatan termasuk salah satu negara yang menduduki rangking terendah dalam tingkat kebahagiaan warganya. Benarkah demikian? Lantas apakah alasannya?

[page_break no="1" title="Diskriminasi Penampilan Fisik"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: https://static1.squarespace.com[/caption]

Sudah menjadi rahasia umum bahwa operasi plastik merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Korea. Dengan umur 15-16 tahun, remaja di Korea sudah diperbolehkan melakukan operasi plastik. Biasanya, perubahan untuk menambahkan kelopak mata adalah operasi plastik yang paling standar dilakukan oleh orang Korea.

Tampil menarik secara fisik sangatlah penting bagi masyarakat negeri ginseng. Sebab mereka yang tidak mimiliki paras yang rupawan akan diperlakukan berbeda dengan mereka yang memiliki paras tampan atau cantik. Bahkan, ukuran cantik di Korea juga sangat berpengaruh untuk peluang mendapatkan pekerjaan. Diskriminasi penentuan gaji pun bisa berbeda berdasarkan tingkat kecantikan seseorang.

[page_break no="2" title="Bullying"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: dramabeans.com[/caption]

Kalau kalian pernah menonton K-Drama yang mengangkat tema kehidupan sekolah atau perkuliahan, pasti kalian nggak asing melihat adanya karakter yang di-bully dalam drama tersebut.

Nyatanya, bullying tidak hanya ada dalam drama, tetapi juga di kehidupan nyata masyarakat sana, terutama di lingkungan sekolah atau perkuliahan. Senioritas adalah hal yang penting bagi warga Korea, sehingga yang tua atau bertingkat lebih tinggi bisa mem-bully dan memperlakukan seenaknya mereka yang di bawah atau lebih muda darinya.

Tak hanya itu, tingkat sosial sangatlah penting bagi warga Korea. Mereka yang di atas lagi-lagi bisa seenaknya mem-bully mereka yang di bawah.

[page_break no="3" title="Standar Pendidikan yang Ekstrem"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: CNN.com[/caption]

Pemerintah Korea Selatan memiliki standar yang tinggi terhadap prestasi akademik para pemudanya. Hal itu menyebabkan terciptanya mindset yang menuntut untuk melanjutkan studi setinggi-tingginya dan berkuliah di universitas terkemuka. Sebab, itu menjadi penentuan penting bagaimana seseorang dipandangan masyarakat.

Kondisi tersebut menyebabkan banyaknya anak sekolah di Korsel melakukan “evening self study” yang berarti setelah sekolah di pagi hari, mereka akan tetep belajar sampai jam 11 malam di sekolah. Tidur 5-6 jam perhari termasuk terlalu lama bagi orang Korea. Akhirnya banyak dari mereka yang merasa tidak bisa menikmati hidup dan harus mengorbankan masa mudanya demi belajar.

[page_break no="4" title="Kompetitif Dalam Segala Hal"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: http://www.aljazeera.com[/caption]

Kompetisi adalah hal yang umum terjadi di kehidupan masyarakat Korea terutama dalam hal akademik. Misalnya dalam sebuah kelas, sebagian besar murid mendapatkan 95, sedangkan kita mendapat 90, maka nilai kita di rapot adalah B atau bahkan C, karena jika dibandingkan murid lain, nilai kita lebih buruk.

Situasi seperti itulah yang akhirnya membuat warga Korea lebih fokus untuk berkompetisi dengan orang lain daripada meningkatkan kemampuan diri sendiri.

[read_more id="335191"]

Yuk cari tau fakta kehidupan masyarakat Koreaa Selatan lainnya di halaman selanjutnya!

[page_break no="5" title="Biaya Hidup yang Tinggi dan Sulitnya Mencari Pekerjaan"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: http://media.npr.org[/caption]

Biaya hidup di negeri ginseng memang sangat mahal. Misalnya, untuk satu kali makan saja, kalian harus merogoh kocek sekitar 7-8 dolar. Sedangkan pekerja hanya digaji 6 dolar perjam. Kesempatan bekerja pun sangat terbatas. Sebab itu orang-orang di sana membuat julukan “Hell Korea” untuk menggambarkan bagaimana sulitnya hidup di Korsel.

[page_break no="6" title="Kesenjangan Dalam Pendapatan"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: http://inflation.us[/caption]

Meski Korsel dikenal dengan negara yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik, faktanya kekayaan di negara itu tidaklah terbagi rata. Kesenjangan pendapatan sangatlah tinggi dan sulit bagi mereka yang di bawah untuk berkompetisi dengan yang di atas.

[page_break no="7" title="Say No to Relax"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: https://hype.idntimes.com[/caption]

Warga Korea dikenal dengan budayanya yang serba cepat. Hal ini dapat  dibuktikan dengan mengunjungi stasiun subway saat jam kerja. Pada saat itu, kalian akan mendapati banyaknya orang-orang berlari ke sana dan ke mari seperti terus dikejar waktu. Pemandangan ini bisa kalian saksikan hampir setiap hari dan tentunya hal ini memberi tekanan tersendiri pada kehidupan masyarakat Korea.

[page_break no="8" title="Masih Sedikit Tertutup"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: https://quillaquiver.com[/caption]

Meski Korsel termasuk salah satu negara yang maju, tetapi ternyata masih ada bagian yang tertutup dan konservatif. Sebagian dari warganya tak bisa lepas dari jerat sosial dan politik, serta belum bisa bebas mengutarakan pendapat dan isi hatinya. Hal ini terjadi terutama pada mereka yang memiliki posisi rendah dalam tingkat sosial dan ekonomi.

[page_break no="9" title="Tingkat Stres yang Sangat Tinggi"]

Faktanya Kehidupan Masyarakat Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama! Ini Dia Alasannya! Sumber: https://hype.idntimes.com[/caption]

Seperti yang telah kalian baca di atas, dengan banyaknya tekanan yang dialamai oleh masyarakat Korea tidaklah mengherankan jika banyak warga di sana yang mengalami stres dan berujung pada bunuh diri. Hingga saat ini Korea Selatan memegang peringkat pertama dalam tingkat bunuh diri paling tinggi sedunia.

Karena beratnya kehidupan di Korsel, banyak warganya yang menginginkan untuk merantau ke negara lain. Remaja dan muda mudi Korea pun banyak yang bermimpi untuk mendapat pasangan dari negara lain dengan harapan bisa menggunakan status kewarganegaraan sang pasangan untuk pindah. Yuk, buruan ke Korsel sapa tau pulang-pulang bawa jodoh. #ehh

[read_more id="335849"]

Itulah fakta tentang kehidupan masyarakat Korea Selatan. Bagaimana menurut kalian?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU