Resmi! Gabe Newell Sekarang Adalah Salah Satu Orang Terkaya Di Amerika

Gabe Newell
Sumber: Amy Jo Kim

Sebagai pimpinan dari Valve, tidak heran banyak orang sangat menyukai Gabe Newell. Namun, tanpa kita sadari ternyata dia adalah salah satu orang terkaya di Amerika. Ditambah lagi, kelihatannya kekayaannya akan semakin bertambah setelah dirinya masuk ke dalam daftar 100 orang terkaya di Amerika.

Baca Juga
Gabe Newell
Sumber: IGN

Belum lama ini Forbes mengeluarkan daftar dari 400 orang terkaya di Amerika, dan para penggemar game PC pasti tidak asing dengan nama seseorang yang berada di peringkat #98. Orang tersebut adalah Gabe Newell, pimpinan dari Valve yang memiliki net worth sebesar $5.5 miliar. Menurut penjelasan singkat dari Forbes, data yang mereka miliki terakhir di update secara realtime, sehingga hingga saat ini Gabe Newell masih berada pada posisi tersebut.

Dear Valve, Ini Saatnya Kamu Mengadakan Steam Ramadan Sale!

Wahai Valve, jangan tunda-tunda lagi, banyak kesempatan yang dilewatkan jika kamu tidak mengadakan Steam Ramadan Sale. Ini alasannya!
Baca Juga

Selain memberikan daftar tersebut, Forbes juga memiliki halaman profile dimana mereka memberikan sedikit penjelasan tentang orang-orang yang masuk ke dalam daftar tersebut, termasuk Gabe Newell. Dalam halaman profilnya, Forbes menuliskan bahwa Gabe Newell hanya memiliki setengah dari Valve, sehingga kemungkinan besar perusahaan tersebut memiliki net worth lebih dari $10 miliar.

Gabe Newell
Sumber: My Gaming

Sebagai sebuah perusahaan game, Gabe Newell memiliki penghasilan yang sangat mengejutkan. Diluar sana ada banyak sekali perusahaan besar seperti EA dan Activision yang harus berjuang keras demi mempertahankan franchise dan game yang mereka miliki hingga harus mencari berbagai kesempatan untuk memperluas pasaran mereka; sementara perusahaan seperti Valve hanya cukup memfokuskan tujuan mereka untuk memberikan apa yang gamer inginkan dan menyediakan layanan yang (seringkali) ramah bagi penggunananya.

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu kalau perjalanan panjang Valve sebelum mencapai status seperti sekarang sangatlah berat. Perusahaan tersebut sempat berada dalam masalah besar saat harus mengatasi refund dalam waktu yang panjang.

Organisasi asal Jerman VZBV sempat mengecam Valve saat mereka menolak untuk mengimplementasikan sebuah sistem baru, dimana para user-nya dapat menjual game kepada orang lain. Namun, organisasi lain asal Australia, ACCC, sempat berhasil menuntut Valve dan memaksa mereka untuk memberlakukan sistem refund kepada sebuah game dalam jarak waktu dua minggu setelah pembelian atau setelah dimainkan kurang dari 12 jam.

Gabe Newell
Sumber: Comic Vine

Setelah terbebas dari masalah refund tersebut Valve mencoba sekeras mungkin untuk menghindari berbagai berita negatif, namun, mereka sekali lagi terlibat masalah dengan Bethesda saat memberlakukan mod berbayar. Untungnya, belakangan ini sebagian besar berita yang bermunculan telah mengatakan bahwa semua orang merasa cukup puas dengan apa yang diberikan oleh perusahaan tersebut kepada para gamer, dan bahkan di beberapa forum banyak orang memanggil Newell dengan sebutan “Lord Gaben.”

Terungkap! Inilah Hubungan Tersembunyi Antara Io, Tinker, dan Game Valve Lainnya!

Benevolent Arcana adalah salah satu hasil karya Valve yang misterius. Namun, apakah kamu tahu segala misteri tentang Arcana Io tersebut?
Baca Juga

Banyak orang juga sempat mengejek kebencian perusahaan tersebut dengan angka 3, dan salah satu alasannya adalah game Half-Life 2: Episode 3 yang hingga saat ini masih belum (atau bahkan tidak akan) muncul. Satu-satunya berita tentang game tersebut yang menghebohkan semua orang adalah saat seorang penulis dari Half-Life 2 menceritakan sinopsis dari apa yang mungkin terjadi dalam episode ketiga game tersebut.

Gabe Newell
Sumber: Kotaku

Valve telah membuktikan bahwa semua omongan tersebut tidak mempengaruhi mereka, apalagi jika mengingat Valve masih memiliki franchise besar lainnya seperti Team FortressPortal, dan Dota 2. Belakangan ini sepertinya Valve telah menggeser fokus mereka dari mengeluarkan game menjadi pencipta teknologi baru, seperti SteamVR, sebuah sistem operasi berbasis Linux bernama SteamOS, dan hardware bernama Steam Machine.

Kelihatannya kesuksesan Valve akan semakin bertambah, dan Gabe Newell pasti bersyukur telah mengundurkan diri dari Microsoft. Menurutmu apalagi kreasi unik yang akan diumumkan oleh Valve di tahun ini? Tuliskan jawaban kamu di komentar yah!

Diedit oleh Fachrul Razi