5 Game Konsol Jadul yang Paling Enak Dimainkan Menggunakan Mouse

game konsol jadul
Sumber: YouTube

Zaman dahulu mouse mungkin lebih identik dengan game PC. Namun, beberapa game konsol jadul ternyata lebih enak dimainkan mengunakan mouse dan beberapa konsol game telah mendukung periferal ini.

Baca Juga

Sejak diluncurkannya Apple Lisa tahun 1983, mouse telah menjadi bagian besar dari industri komputer. Mouse telah berfungsi sebagai perangkat penunjuk yang serbaguna dan akurat untuk sistem operasi atau game. Tapi tahukah kamu bahwa konsol game jadul juga telah mendukung mouse?

Pada tahun 1992, Nintendo membawa mouse komputer ke konsol game melalui Mario Paint, sebuah game gambar yang kreatif. Keberhasilan Nintendo dengan Mario Paint mengilhami pembuat konsol lainnya seperti Sega dan NEC untuk membawa periferal mouse ke sistem mereka.

Beberapa game bergenre tertentu memang mendapatkan manfaat lebih dari mouse. Strategy game dan adventure game dengan mekanika point and click lebih mudah dimainkan menggunakan mouse. Dan dengan munculnya game genre first-person shooter, maka dukungan terhadap mouse juga menjadi salah satu pertimbangan utama pembuat konsol game.

Game SAO Versi PC, Hollow Realization Rilis di Steam Minggu ini!

Bandai Namco akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan merilis game SAO versi PC, Hollow Realization yang bisa dimainkan melalui Steam. Kapan tanggal rilisnya?
Baca Juga

Sejak era PlayStation 2, sebagian besar konsol game memiliki port USB, yang telah mendukung mouse USB PC yang tentunya membawa kemudahan bagi penggunanya.

Nah, pada kesempatan ini Duniaku.net ingin menunjukkan beberapa konsol game jadul yang paling enak dimainkan dengan perangkat mouse.

1

3D Lemmings - PlayStation (1997)

Lemmings adalah salah satu game strategi terbaik sepanjang masa di PC dan banyak platform lainnya, karena game ini memiliki gameplay yang sederhana, namun adikfit.

Di game ini kamu akan membimbing barisan makhluk yang lucu menuju sasaran dan melewati bahaya. Kamu akan lebih mudah memainkan game ini menggunakan aksesoris mouse resmi milik Sony.

2

Eye of the Beholder - Sega CD (1994)

Eye of the Beholder adalah game first-person RPG yang populer di PC dan Sega Genesis, menggunakan port Sega CD. Salah satu hal yang terbaik tentang port ini adalah telah mendukung aksesoris Sega Mega Mouse, yang pastinya membuat game ini jauh lebih mudah dinavigasi.

3

Quake III: Arena - Dreamcast (2000)

Game FPS seperti Doom dan Wolfenstein 3D telah mendukung aksesoris mouse Super NES, namun kedua game ini tetap bisa dimainkan dengan baik menggunakan gamepad.

Pada saat Quake III muncul dan mulai menjadi sebuah game kompetitif, sontak membuat mouse dan keyboard menjadi periperal standar untuk game ini.

4

SimCity 64 - Nintend 64DD (2000)

Pada tahun 2000, Nintendo merilis sebuah add-on untuk Nintendo 64 di Jepang yang diberi nama 64DD. Add-on ini berupa drive optik magnetik yang mendukung beberapa game kreatif seperti Mario Artis dan juga telah mendukung mouse yang diluncurkan bersamaan dengan 64DD.

Salah satu game konsol jadul yang paling menarik adalah SimCity 64, atau dikenal sebagai versi 3D dari SimCity klasik untuk platform PC.

5

Heir of Zendor: The Legend and The Land - Saturn (1996)

Sega Saturn menerima dua periferal mouse, yakni Shuttle Mouse di Jepang, dan Netlink Mouse di Amerika, yang sangat mirip dengan Sega Genesis Mega Mouse.

Ini Dia 3 Alasan Kenapa Destiny 2 Banyak Ditinggalkan Pemainnya!

Setelah mencapai jumlah pemain aktif hingga 3 juta orang, Destiny 2 mengalami penurunan jumlah pemain dalam waktu singkat. Ini penyebabnya!
Baca Juga

Shuttle Mouse mendukung berbagai macam judul adventure game, board game, dan strategy game. Salah satu game konsol jadul yang paling enak menggunakan mouse adalah Heir of Zendor: The Legend and the Land, sebuah turn-based strategy game, di mana pemain akan melawan komputer untuk mendapatkan resource.

Peripheral Gaming HyperX Baru Hadir di Computex dengan Harga Terjangkau!

Setelah memperkuat posisinya dengan mechanical keyboard Alloy FPS di Computex 2017, peripheral gaming HyperX pun kembali lagi dengan produk baru!
Baca Juga

Apa kamu juga punya game favorit yang paling enak dimainkan menggunakan mouse?

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleTahu Nggak, Bagaimana No 17 dan 18 Bisa Menjadi Android?
Next articleCatalonia Merdeka! Ini Dia Stats Pemain Timnas Bolanya di PES 2018