Setelah Lama Tak Muncul, Nabilah Graduate dari JKT48

nabilah graduate
Nabilah Ratna Ayu Azalia. Sumber: Twitter/@nabilahJKT48

Salah satu frontliners grup idola JKT48, Nabilah graduate dari JKT48 bersamaan dengan surat perpisahannya yang bisa kamu baca di bawah ini.

Gadis 17 tahun pemilik nama lengkap Nabilah Ratna Ayu Azalia ini memutuskan untuk graduate atau keluar dari grup idola JKT48 terhitung sejak 31 Oktober 2017.

“Karena kondisi kesehatan yang kurang baik, Nabilah Ratna Ayu Azalia (Team J) telah menjalani masa istirahat, akan tetapi karena tidak adanya pemulihan yang berarti, yang bersangkutan tidak dapat tampil kembali dengan kondisi prima di depan para fans semua,” tulis situs resmi JKT48.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Nabilah turut melampirkan surat perpisahan. Berikut sebagian petikannya:

“Namun rintangan kali ini, aku harus memilih salah satunya, karena membagi kedua hal ini sangatlah sulit, pendidikan dan JKT(48). Keduanya membutuhkan konsentrasi lebih. Maka dari itu aku memilih berkonsentrasi ke pendidikan. Aku sudah mencoba menjalani keduanya, seperti sekarang ini. Tanpa kalian ketahui, ebebrapa bulan lalu hingga sekarang, aku berusaha mencoba untuk tetap menjalankan tanggung jawabku dengan latihan karena jujur aku terlambat untuk mengikuti latihan bersama dengan yang lainnya…”

Selain pendidikan, Nabilah juga mengaku kesulitan menjaga kesehatan setelah operasi usus buntu.

“Selain itu, saat tantangan yang paling besar untukku dalam berkegiatan di JKT48 adalah kondisi kesehatan aku sendiri. Setelah operasi usus buntu, kondisi aku tidak bisa kembali fit untuk tampil di atas panggung seperti dulu. Meskipun aku sudah diberi waktu untuk beristirahat oleh manajemen, tetapi kondisiku tidak kunjung membaik.”

Keseluruhan suratnya bisa dibaca dalam gambar di bawah ini:

Sumber: jkt48

Untuk diketahui, Nabilah sudah jarang tampil dalam berbagai kegiatan JKT48 sejak awal tahun ini. Sejak Juli lalu, ia mengambil hiatus dari aktivitas JKT48 dan tak pernah aktif di akun Twitter serta Instagram.

Nabilah beberapa kali tidak mengikuti event penting JKT48, seperti jarang tampil di teater, konser kelulusan Jessica Veranda, hingga pengumuman Senbatsu Sousenkyo (pemilihan member yang akan tampil) untuk singel Indahnya Senyum Manismu dst..

Meskipun begitu, ia masih terpilih karena berada di urutan bontot yaitu peringkat ke-16, turun delapan posisi dari peringkat ke-8 pada pemilihan sebelumnya.

Lulus JKT48, Haruka Nakagawa Bersepeda Jakarta – Surabaya

Haruka Nakagawa melakukan nazarnya, bersepeda Jakarta ke Surabaya, setelah sebelumnya mengumumkan kelulusannya dari JKT48.
Baca Juga

Kabar Nabilah graduate ini menambah jumlah frontliner JKT48 yang telah keluar dalam setahun belakangan. Setelah graduate-nya Haruka Nakagawa pada Desember tahun lalu, Jessica Veranda juga memutuskan lulus bulan Mei lalu.

Nabilah adalah member JKT48 yang paling populer dikenal publik Indonesia selain Haruka dan Melody Nurramdhani Laksani. Tidak hanya di JKT48, Nabilah juga meniti karier sebagai aktor dalam film Viva JKT48 (2014), Wewe (2015), dan Sunshine Becomes You (2015), yang juga menjadi album solo pertamanya. Nabilah juga pernah ikut dalam FTV Cinta Ketok Magic (2016) dan acara televisi INI Sahur (2014) serta Mission X (2014 dan 2017).

Nabilah dan Herjunot Ali dalam film ‘Sunshine Becomes You’. Sumber: Harian Indo

Kepergian Nabilah ini tentunya menjadi kerugian bagi JKT48 mengingat popularitasnya di kalangan awam Indonesia. Namun belakangan, JKT48 mulai mengorbitkan frontliners baru seperti Shani Indira Natio dan Adhisty Zara.

Bagaimana pendapatmu soal Nabilah graduate ini? Sampaikan di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi