10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini

Koleksi game SNES Mini sebenarnya sudah bagus. Tapi kalau saja 10 game Super Nintendo ini ada juga di sana, pasti konsol ini semakin menggoda!

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: Dual Shocker[/caption]

Koleksi game SNES Mini sebenarnya sudah bagus. Tapi kalau saja 10 game Super Nintendo ini ada juga di sana, pasti konsol ini semakin menggoda!

[page_break no="1" title="Chrono Trigger"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini

[duniaku_baca_juga]

Game Super Nintendo yang mengherankan tidak ada di SNES Classic Mini ya Chrono Trigger.

Ini adalah salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Plotnya begitu klasik, hingga gamer modern sekalipun masih akan terpukau begitu menikmatinya. Karakter-karakternya menarik dan berkesan. Musiknya pun sangat memikat.

[read_more id="341769"]

Oh, jangan lupakan game ini punya sekitar 12 ending. Yep, sebelum para gamer mulai terkesima dengan kemungkinan multiple ending di game PS, Chrono Trigger sudah punya kelebihan ini. Kalau kamu mau mengumpulkan semuanya, pasti kamu akan membuang waktu banyak untuk memainkan game ini.

Ngomong-ngomong soal multiple ending....

[page_break no="2" title="Clock Tower"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: Kanal target="_blank" >Retro OST[/caption]

Clock Tower membuktikan kalau game generasi 16 bit pun bisa meneror pemainnya. Game yang satu ini menyajikan ketegangan yang benar-benar mendebarkan. Pemain akan merasa seperti sedang memainkan versi adaptasi game dari filmnya Dario Argento.

Clock Tower juga memiliki banyak ending yang bisa kamu peroleh. Tapi sebagian besar ending ini berakhir jelek. Apakah kamu mampu memperoleh ending yang terbaik?

Selain menawarkan permainan yang berkesan dan berkualitas, Clock Tower seharusnya bisa menambah variasi ke dalam SNES Classic Mini dengan genre horor.

[page_break no="3" title="Sunset Riders"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: Gamefaqs.com[/caption]

Game Super Nintendo yang satu ini mungkin dikenal juga oleh gamer Sega. Soalnya, game koboi ini memang jadi favoritnya anak-anak di era 16 bit. Sunset Riders menyajikan aksi tembak-tembakan seru melawan berbagai macam musuh, mulai dari bandit, kepala suku Indian, hingga penjahat berbahaya Sir Richard Rose.

Sunset Riders versi Super Nintendo menawarkan pengalaman yang lebih dekat dari versi arcade-nya ketimbang versi Sega. Untuk yang hanya memainkan Sega-nya, Sunset Riders SNES menyajikan lebih banyak bos, level yang lebih panjang, dan empat pahlawan untuk dipilih. (Tidak seperti versi Sega yang hanya menyajikan Billy dan Cormano).

[page_break no="4" title="Shin Megami Tensei II"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini

Shin Megami Tensei baru populer secara global sejak era PS2, berkat Nocturne dan spin-off gaulnya, Persona 3 dan Persona 4. Namun sebenarnya di era Super Nintendo pun game ini sudah ada.

Shin Megami Tensei II adalah judul yang sangat menarik. Game ini telah menawarkan unsur plot-plot gila yang juga bisa ditemukan di kelanjutannya, seperti konflik antara iblis dan Tuhan.

Akan sangat menarik, sebenarnya, bila gamer bisa memainkan game Super Nintendo yang satu ini di SNES Classic Mini dengan terjemahan Inggris resmi. Terutama karena di era modern ini Shin Megami Tensei termasuk franchise RPG yang tergolong cukup banyak penggemarnya.


Itu baru empat. Baca halaman selanjutnya untuk mengetahui game-game Super Nintendo lain yang layak ada di SNES Classic Mini!

[page_break no="5" title="Dragon Ball Z: Super Butouden 3"]

 

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: Gamedsb[/caption]

[duniaku_baca_juga]

Di tahun 90an, manga utama yang dinikmati fan dari Sabang sampai Merauke ya Dragon Ball. Mau yang kamu baca adalah terjemahan Elex atau Rajawali Grafitti, sangat seru menikmati petualangan Goku dari kecil sampai dia dewasa.

[read_more id="336219"]

Kalau kamu fan Dragon Ball, dan kamu punya Super Nintendo, beruntunglah kamu. Itu berarti kemungkinan besar kamu sudah mencoba Dragon Ball Z: Super Butouden, salah satu seri game fighting terbaik dari franchise Dragon Ball.

Penulis memilih Butouden 3 karena jejeran petarung di game ini, yang mewakili Buu Saga, terasa komplit. Mekaniknya pun sudah lebih terasah.

[page_break no="6" title="Harvest Moon"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: target="_blank" >Kanal SNES Drunk[/caption]

Kaget? Yap, Harvest Moon sudah ada sejak era Super Nintendo.

Memasukkan Harvest Moon ke SNES Classic Mini bisa menambah variasi genre (simulasi tani-ternak) sekaligus bisa membantu gamer untuk merasakan seperti apa Harvest Moon di era 16 bit dulu.

Biar bagaimanapun, di Indonesia judul yang satu ini memang baru populer di era Playstation berkat Back to Nature. Jadi rasanya banyak gamer lokal yang akan penasaran dengan game yang satu ini.

[page_break no="7" title="Mighty Morphin Power Rangers: The Movie"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: target="_blank" >Kanal Classic VGM Soundtrack[/caption]

Era 90an adalah era kejayaannya Power Rangers. Karenanya, rasanya banyak gamer era Super Nintendo dulu yang mengidolakan Mighty Morphin Power Rangers: The Movie.

Lalu, kenapa penulis memilih yang versi The Movie untuk daftar ini dan bukannya versi terdahulunya? Gampang saja, dua-duanya adalah game aksi side scrolling yang sangat asyik. Tapi The Movie tidak melupakan fitur dua pemain ke dalam gamenya.

Yep, di versi pertamanya, pengembang game tidak memasukkan fitur dua pemain. Itu hal yang sangat tidak wajar untuk side scroller beat em' upThe Movies menawarkan pengalaman yang lebih asyik, fun, dan bisa dimainkan bersama teman.


Itu belum semua. Cek halaman ketiga untuk melihat game Super Nintendo lain yang layak masuk SNES Classic Mini!

[page_break no="8" title="NBA Jam"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: target="_blank" >Kanal Rev Burn[/caption]

[duniaku_baca_juga]

Genre olahraga adalah genre yang, sayangnya, kurang disentuh di SNES Classic Mini. Terutama di versi Amerika, yang tidak memasukkan Super Soccer.

Memang, sekarang sudah tersedia banyak game yang bisa menyajikan sensasi realistis dalam olahraga kompetitif. Tapi sensasi arcade dari era 16 bit memberikan rasa fun dan kehebohan yang kadang tak terasa lagi di game modern.

Kalau soal game olahraga dengan unsur arcade yang fun, NBA Jam termasuk game Super Nintendo yang patut dipertimbangkan masuk SNES Classic Mini. Game ini menyajikan kompetisi basket yang gila, dilengkapi dengan jurus-jurus membara, menggunakan atlet-atlet NBA di era 90an.

[page_break no="9" title="Top Gear"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credits: Kanal target="_blank" >MetalSmasherGaming[/caption]

Top Gear juga adalah game Super Nintendo bergenre racing yang sulit dilupakan oleh yang pernah memainkannya.

Dengan pilihan kendali yang cukup realistis (untuk zamannya), bentuk mobil serta arena yang memukau, dan latar yang cenderung mendekati dunia nyata, Top Gear bisa menjadi alternatif balapan kalau kamu bosan dengan F-Zero yang bergaya futuristis atau Super Mario Kart yang bergaya kartun.

[page_break no="10" title="Mortal Kombat II"]

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini Image credit: Gamefaqs[/caption]

Street Fighter ada di SNES Classic Mini. Karenanya, rasanya pantas kalau ada game fighting lain dari generasi itu yang juga ada di console tersebut: Mortal Kombat II.

Lalu kenapa penulis memilih II dan bukannya Mortal Kombat 3? Penulis lebih menyukai Fatality, desain level, serta gameplay yang sangat fun (meski lebih sederhana dari 3).


Nah, itu sepuluh game Super Nintendo yang penulis rasa harusnya berada di SNES Classic Mini. Bagaimana denganmu? Game apa yang kamu rasa harusnya masuk ke konsol tersebut? Sampaikan di kolom komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU