Kode Digital The Matrix Ternyata Resep Sushi

Udah keren-keren, tapi ujung-ujungnya sushi hadeeeh :(

kode digital the matrix

Sumber: Youtube

Siapa yang masih ingat kode digital The Matrix (1999)? Bagi kamu yang pernah mikir ada makna rumit dan filosofis di baliknya, siap-siap kecele!

Ada banyak hal yang bisa kita ingat dari film The Matrix, selain adegan Neo (Keanu Reeves) menghindar secara akrobatik dari serbuan peluru dan karakter Morpheus (Laurence Fisburne) yang menjadi meme “What if I told you” tentunya.

The Matrix menjadi salah satu film fiksi-sains yang membawa bendera cyberpunk, subgenre yang fokus pada kombinasi antara rendahnya kualitas hidup masyarakat dengan teknologi tinggi.

“Hujan digital” berwarna hijau yang memenuhi layar di awal film barangkali menjadi salah satu visual yang paling ikonik tentang The Matrix. Kalau mata kurang awas, kadang-kadang “hujan digital” ini terlihat seperti kode binary. Namun kode digital ini sebenarnya adalah karakter suku kata dalam bahasa Jepang: hiragana, katakana, dan kanji.

Jadi kalau kamu sudah sadar bahwa itu tulisan Jepang, terus pernah membayangkan kira-kira artinya apa, siap-siap menerima jawaban yang antiklimaks, sebab kode digital tersebut adalah resep sushi.

Loh, apa hubungannya resep sushi dengan cyberpunk? Ya pastinya enggak ada dan jangan serius-serius banget karena dalam hal ini kita semua memang sedang dipermainkan.

“Aku ingin mengaku pada semua orang bahwa kode digital The Matrix itu dibuat dari resep sushi,” kata production designer The Matrix, Simon Whiteley dalam wawancaranya pada CNET baru-baru ini. Whiteley menjadi arsitek yang menanggungjawabi sekuens pembuka itu.

Sumber: CNET

Whiteley menge-scan huruf-huruf tersebut dari buku resep milik istrinya. “Tanpa kode itu, tak ada (The) Matrix.”

Yaa, benar juga, sih, ta-tapi….

Tapi sayangnya, meski berhasil bikin penonton terkagum-kagum karena nggak-ngerti-tapi-kelihatan-misterius terhadap kode-kode digital tersebut, Whiteley justru tidak dimasukkan dalam credit title film ini. So sad.


CONTINUE READING BELOW

Warner Bros Berencana Menggarap Reboot Film The Matrix

Warner Bros kini berencana menggarap reboot film The Matrix. Yang mengejutkan, Wachowski bersaudara selaku sutradara asli tidak dilibatkan!


Adapun untuk diketahui, proyek The Matrix terbaru dikabarkan sedang dikerjakan. Film keempatnya ini nanti akan digawangi oleh Zak Penn (The Avengers dan Ready Player One) di departemen naskah. Penn memastikan The Matrix 4 nanti bukan reboot atau remake, namun tak memastikan apakah ia prekuel ataukah sekuel.

Share this article

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.