Luka dari Masa Lalu: Kesamaan Tema dari Tiga Alur Cerita Anime Boruto

alur cerita Boruto

Hingga episode 31, alur cerita anime Boruto menyorot luka masa lalu dari sejumlah pihak. Walau era perang telah lama berakhir, masih ada orang-orang yang menderita karena dosa pendahulu mereka.

Mereka yang Memiliki Luka dari Masa Lalu

Boruto Episode 14

Baca Juga

Generasi Boruto bahkan sama sekali tidak tahu situasi penuh konflik yang terjadi di dunia hingga Perang Dunia Shinobi Keempat. Dunia saat ini sedang damai. Bahkan wilayah dengan masa lalu kelam seperti Kirigakure saja mengalami perkembangan teknologi hingga menjadi kota yang gemerlap.

Pembahasan Boruto Episode 31: Samehada Versus Hiramekarei

Untungnya Samehada milik Shizuma ternyata tidak palsu. Boruto episode 31 pun bisa memperlihatkan duel Samehada versus Hiramekarei!
Baca Juga

Tapi era kekacauan masih belum lama berlalu. Bahkan mereka yang sudah dewasa saat Perang Dunia Shinobi Keempat terjadi, seperti Kakashi, Mei Terumi, Guy, Iruka, dan banyak nama lain, masih hidup di era ini. Untuk beberapa orang, luka batin dari era penuh kekacauan itu masih membekas.

Sumire Kakei, antagonis dari alur Ghost, memang tidak melihat sendiri seperti apa kepemimpinan Danzo Shimura. Namun dia dan keluarganya menerima efek buruk akibat jasa-jasa kelam ayahnya yang mengabdi di Anbu Root.

Sumire lalu dijadikan instrumen balas dendam oleh ayahnya, meski ia sendiri lambat laun tidak menyukai tugas tersebut.

Lalu ada Kagura Karatachi. Mengingat apa yang terjadi pada Yagura, rasanya tidak mungkin Kagura mengingat seperti apa sosok Yagura yang sebenarnya.

Namun hingga dirinya remaja, Kagura terus dibayang-bayangi oleh naluri haus darah di dalam dirinya. Ia pun terus takut terhadap sejarah Yagura, hingga dirinya bisa dimanipulasi oleh Shizuma.

Sumire dan Kagura adalah contoh mereka yang dihantui masa lalu, meski mereka sendiri tidak merasakan langsung kejadian buruk yang pada akhirnya mengganggu hidup mereka.

Tapi ada juga golongan yang sebaliknya. Mereka yang mengidolakan masa lalu, meski mereka antara tidak pernah merasakan era tersebut atau tidak memahami apa yang mereka idolakan.

Mereka yang Mengidolakan Masa Lalu (Tapi Tak Memahaminya)

Kagura dan Sumire menderita akibat masa lalu. Padahal di saat kejadian itu mereka antara belum lahir atau terlalu kecil untuk mengingat.

Sebaliknya dengan anak-anak yang dimanipulasi oleh Shizuma. Walau, dari usia mereka, mereka semua belum pernah melihat sendiri seperti apa perang besar itu, mereka seenaknya menganggap kalau perang adalah hal yang keren. Suigetsu membenci mereka karena ini.

Lalu ada Shin Uchiha. Dia sudah hidup saat Akatsuki dan Itachi Uchiha masih hidup. Dia begitu mengidolakan Akatsuki dan Itachi hingga dia berniat untuk mengobarkan perang lagi. Padahal itu sudah jelas bukan hal yang diinginkan Itachi asli.

Orang-orang ini mencoba membuka luka masa lalu, yang kemungkinan besar tak pernah mereka rasakan sendiri.


Apa kira-kira pesan moral dari persamaan alur cerita anime Boruto ini? Kenapa para penulis naskah menyorot efek masa lalu dulu? Cek lanjutan pembahasannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleDaftar 5 Karakter Mortal Kombat Terburuk yang Pernah Dibuat
Next articleEd Sheeran Jadwalkan Ulang Konser Tur Asianya, Lalu Bagaimana Dengan Indonesia?
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.