PlayerUnknown’s Battlegrounds Ditolak di Cina? Ini Alasannya

Playerunknown Battlegrounds

Masing-masing negara memiliki aturan tersendiri untuk distribusi game. Dari negeri Tirai Bambu, PlayerUnknown’s Battlegrounds menerima tamparan keras.

Baca Juga

PlayerUnknown’s Battlegrounds, game yang saat ini begitu populer sudah direncanakan untuk dirilis secara penuh, tidak ada lagi embel-embel early access yang dipasang pada Steam Store. Popularitasnya sebagai game dengan genre battle royale mendapati satu masalah mengenai perilisannya di satu negara.

Untuk masalah distribusi media entertainment, masing-masing negara memiliki aturannya sendiri. Konten yang mereka anggap tidak cocok atau bahkan menyerang etnis mereka sendiri tentunya akan ditolak terkecuali jika ada penyesuaian oleh pengembang atau persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

Regulasi ini harus diikuti oleh pengembang apabila mereka tetap ingin mendistribusi game tersebut untuk negara yang bersangkutan. Wolfenstein 2 The New Colossus juga menerima sejumlah penyesuaian sebelum dapat dirilis untuk Jerman. Konten yang sangat kental akan anti-Nazi yang serba kontroversial harus disesuaikan untuk mencegah pemblokiran dari pengawas media di Jerman.

wolfenstein 2

Namun tentunya, pengembang tidak dapat bertindak apabila yang menjadi akar permasalahan adalah genre-nya. Hal ini terjadi pada game besutan studio BlueHole, PlayerUnknown Battlegrounds yang sukses menggempur pasar untuk genre battle royale.

Berdasarkan laporan dari asosiasi game di Cina, PUBG akan kesulitan menerima lisensi untuk perilisan dan server untuk negeri tirai bambu. Menurut mereka, permainan ini dianggap terlalu ganas dan tidak sedikit yang menganggap PUBG terlalu negatif bagi pemain.

Sapu Bersih, PlayerUnknown’s Battlegrounds Ban 150 Ribu Cheater!

PlayerUnknown's Battlegrounds Ban 150 ribu pemain! Game yang lagi ngehits banget ini ternyata saking banyak yang pengen menangnya malah curang ya.
Baca Juga

Ditambah lagi, genre di mana setiap orang harus bertahan hidup dengan membunuh pemain lain dianggap bertentangan dengan norma dan budaya Cina. Genre seperti ini dikhawatirkan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan mental pemain. Untuk itu, asosiasi ini mengajak para pengembang dari negeri tirai bambu untuk tidak menciptakan game sejenis Battlegrounds.

Pernyataan yang disebutkan oleh asosiasi game di Cina ini juga telah dikonsultasikan bersama media otoritas lainnya, seperti media penayangan acara televisi dan media publikasi. Tampak bahwa PUBG tidak akan menerima izin untuk rilis, yang berarti BlueHole akan kehilangan jutaan pemain potensial di negeri tirai bambu.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleDaftar Pesepakbola yang Doyan Main Game, Siapa Saja Ya?
Next articleFakta Kisame Hoshigaki, Sang Pengguna Handal Samehada
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.