Wolfenstein 2 The New Colossus Terima Penyesuaian di Jerman

wolfenstein 2

Terlepas dari kontroversinya yang dicaci oleh golongan tertentu, Wolfenstein 2 The New Colossus harus menjalani penyesuaian sebelum dirilis untuk Jerman.

Baca Juga

Sensor dan penyesuaian konten untuk dirilis pada negara tertentu sudah menjadi hukum wajib bagi para pengembang yang ingin merilis game mereka tanpa terkena masalah. Setiap negara memiliki regulasi dan norma mereka tersendiri, dan segala yang menyinggung adat atau norma negara tersebut umumnya akan ditolak. Wolfenstein 2 The New Colossus-pun tidak lepas dari penyesuaian ini.

Negara seperti Jerman yang cukup lama dalam perihal ini sudah pasti akan menolak segala atribut Nazi, seperti lambang Swastika maupun figur Adolf Hilter yang sangat kontroversial. Hal yang menyangkut sejarah yang kelam dan tidak ingin diingat lagi sudah sepatutnya dikontrol secara penuh.

Mengamuk, Fans Kecewa dengan Marketing Wolfenstein 2!

Alih-alih mempromosikan game terbaru mereka, video promosi Nazi-free Wolfenstein 2 yang diluncurkan Bethesda terima banyak komentar negatif.
Baca Juga

Atribut Nazi yang digunakan diluar Jerman tentunya sudah dianggap lumrah, apalagi untuk pasar yang sangat besar seperti Amerika.

Amerika sendiri melindungi hak khusus seperti neo-Nazi, “White Supremacist” sebagai kelompok yang menganggap ras kulit putih lebih superior maupun klan Ku Klux untuk mengekspresikan opini mereka kepada publik. Hal ini tidak berlaku di Jerman, mereka secara terang-terangan menolak segala atribut Nazi.

Lebih jelasnya, aturan hukum yang tercatat pada Strafgesetzbuch menyebutkan atas penolakan untuk atribut Nazi, tidak hanya lambang Swastika saja, Nazi salute juga tidak diperbolehkan. Aturan yang tercatat ini tidak secara terang-terangan menolak figur Adolf Hitler untuk ditirukan, namun tampaknya akan lebih baik jika tidak dimasukkan.

Perihal atribut yang sensitif ini, pihak MachineGames harus menjalani beberapa perubahan sebelum mereka dapat merilis Wolfenstein 2 untuk Jerman. Perubahan tersebut paling jelas terlihat pada figur Hitler serta lambang Swastika.

wolfenstein 2

Sang tokoh kontroversial ini tidak lagi dipanggil Hitler, pada versi Jerman ia disebut sebagai Heiler, dan sebutan mein fuhrer-pun diganti menjadi mein Kanzler atau yang diterjemahkan kedalam bahasa inggris sebagai my chancellor.

Perubahan nama dan sebutan tidak akan lengkap tanpa perubahan fisik pada sang Heiler, MachineGames memutuskan untuk menghilangkan atau mencukur kumisnya yang ikonik.

Lambang Swastika yang sebelumnya banyak digunakan juga harus diganti dengan lambang lain. Lambang baru yang dipasang oleh MachineGames tampak seperti segitiga dengan ujung sisi yang lebih menonjol.

EA Minta Fans Hentikan Distribusi Battlefield Lawas

Tiga tahun setelah diberhentikannya Gamespy, tim Revive akhirnya harus menghentikan proyek battlefield lawas mereka setelah diminta baik-baik oleh EA.
Baca Juga

Perubahan-perubahan ini diharapkan Wolfenstein 2 The New Colossus tidak akan terjerat dalam kontroversi yang lebih dalam lagi mengingat iklan anti-Nazi yang dulunya dipasangkan telah menerima kecaman dari golongan tertentu.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleSiapa Kelompok Ninja Misterius yang Mengamati Shizuma di Boruto Episode 31?
Next articleBertabur Bintang, Ini Pemeran Remake The Lion King
Penggemar berat game arcade, terutama Initial D Arcade Stage. Akhir-akhir ini mulai kembali menjalani hobi airsoft.