Setelah 5 Tahun, Akhirnya Blizzard Ubah Starcraft 2 Jadi Game Free to Play!

Blizzard mengumumkan secara resmi bahwa StarCraft 2 akan menjadi game free to play atau gratis dimainkan mulai tanggal 14 November. Yuk main?

Setelah 5 Tahun, Akhirnya Blizzard Ubah Starcraft 2 Jadi Game Free to Play!

Setelah 5 Tahun, Akhirnya Blizzard Ubah Starcraft 2 Jadi Game Free to Play! Sumber: Blizzard Entertainment[/caption]

Dalam acara tahunan BlizzCon 2107, Blizzard mengumumkan secara resmi bahwa StarCraft 2 akan menjadi game free to play atau gratis dimainkan mulai tanggal 14 November.

[duniaku_baca_juga]

Lebih dari tujuh tahun setelah peluncuran StarCraft 2: Wings of Liberty, Blizzard Entertainment membuat game bergenre real-time strategy ini menjadi free to play. Ini merupakan sebuah langkah dari tim pengembang dengan harapan agar StarCraft 2 bisa mendapatkan audiens yang lebih luas.

"Beberapa pemicu awal kami mempertimbangkan untuk menjadikan free to play adalah banyak produk kami yang memang gratis lewat program starter edition."

Morten juga mengatakan bahwa esport juga menjadi faktor yang membawa game ini ke free to play. Menjadi free to play akan membuat game ini dapat diakses oleh para atlet esport berbakat yang baru. Selain itu, beberapa partner esport Blizzard juga menginginkan ada wajah-wajah baru di dunia esport StarCraft 2.

Walaupun gratis, namun pemain juga masih bisa membeli dua expansion StarCraft 2 yakni Heart of the Swarm dan Legacy of Void, yang dihargai masing-masing USD 14,99 (sekitar RP202 ribu).

Setelah 5 Tahun, Akhirnya Blizzard Ubah Starcraft 2 Jadi Game Free to Play! Sumber: StarCraft[/caption]

Peralihan dari produk berbayar ke free to play tidak semudah membalikkan tangan. Morten mengatakan bahwa tim StarCraft 2 telah berupaya keras untuk membuat game ini bisa menarik perhatian pemain baru dan sudah lama tidak aktif.

"Kami menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan cara yang benar untuk melakukan ini," kata Morten. "Sangat penting bagi kami bahwa ini bisa dicapai dengan cara yang terasa baik bagi basis pemain kami saat ini dan juga menarik bagi pemain baru atau pemain yang belum pernah bermain sejak Wings of Liberty."

Morten menekankan bahwa Blizzard tidak akan menghadirkan tambahan mikrotransaksi di StarCraft 2 untuk mendukung model permainan free to play ini.

"Kami hanya mengambil konten yang dulunya menghabiskan biaya dan membuatnya tersedia secara gratis," kata Morten.

Setelah 5 Tahun, Akhirnya Blizzard Ubah Starcraft 2 Jadi Game Free to Play! Sumber: StarCraft[/caption]

Itu termasuk akses gratis ke Wings of Liberty (atau Heart of the Swarm jika pemain sebelumnya pemain telah membeli Wings of Liberty), mode co-op dan competitive multiplayer. Pemain yang bermain StarCraft 2 secara gratis akan memiliki akses ke co-op commander sampai level 5, dan akan bisa bermain ranked setelah mereka menyelesaikan 10 kemenangan pertama.

[read_more id="343728"]

Bagaimana guys? Tertarik memainkan StarCraft 2 ini?

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU