Fans Kumpulkan Flash Game Resmi Nintendo

flash game resmi Nintendo

Siapa yang tidak kenal dengan flash game? Game ringan yang banyak ditemui di dunia maya dulunya sempat digandrungi. Namun tidak ada yang tahu flash game resmi Nintendo benar adanya.

Nintendo dalam pengalamannya telah menciptakan berbagai macam game untuk konsol mereka sendiri. Mungkin ada yang mendengar seri game Zelda yang pernah dirilis pada CD-i, namun game tersebut tidak diakui oleh Nintendo dan bahkan dianggap tidak pernah ada. Lalu bagaimana dengan flash game resmi Nintendo yang pernah beredar dulunya?

Game yang dirilis diluar Nintendo memang terdengar sangat asing bagi para gamers, namun hal tersebut memang pernah terjadi, baik secara sengaja atau disengaja. Salah satu yang mungkin diketahui oleh kalangan gamers adalah Zelda’s Adventure yang dirilis untuk Philips CD-i.

Perfect World Tutup Studio Pengembang Torchlight

Perfect World yang saat ini tengah berada dalam masa transisi, telah menutup studio pengembang torchlight serta satu studio lainnya.
Baca Juga

Zelda’s Adventure diciptakan oleh tim dibalik Philips atas kerjasama mereka untuk mengembangkan CD-ROM untuk Super Nintendo. Kerjasama ini memang dibatalkan, namun Philips memiliki hak atas tokoh-tokoh Nintendo yang membuat mereka mengembangkan bukan hanya satu, melainkan empat game sekaligus. Tiga diantaranya adalah game Zelda.

Buruknya kualitas game ini membuat Nintendo menutup mata mereka dan menganggap game tersebut tidak pernah ada. Tentunya kejadian ini hanya terjadi sekali saja. Pada tahun 1999, Nintendo mulai menciptakan flash game untuk mempromosikan game terbaru mereka. Beberapa judul sudah mereka kembangkan hingga 2010, salah satunya adalah untuk Diddy Kong Racing DS.

Eksistensi flash game tidak bertahan lama, tidak sedikit dari situs penyedia flash game harus tutup dan banyak dari flash game yang pernah didistribusikan hilang tanpa jejak, termasuk milik Nintendo. Flash game milik Nintendo tidak bertahan lama mengingat game tersebut diciptakan sebagai sarana promosi saja.

flash game mario
Salah satu Flash Game yang digunakan untuk mempromosikan Mario Party Advance.

Seorang fans Nintendo yang menamakan dirinya Skelux saat ini tengah merestorasi flash game yang hilang tersebut. Game flash yang hilang ini diciptakan ulang dan ditampilkan melalui situsnya, Origami64. Sejauh ini, ia telah mengumpulkan sekitar 30 game dari Nintendo.

Masih banyak game yang belum dapat diselesaikan mengingat kurangnya file yang dibutuhkan. Bahkan Skelux memberikan hadiah $50 bagi siapa saja yang dapat menemukan file tersebut pada Oktober, namun hanya satu orang yang dapat menemukannya. Sisa-sisa dari flash game Nintendo masih menjadi misteri.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous article3 Petarung Universe 7 yang Berpotensi Jadi Dewa Kehancuran Baru
Next articlePernah Main Film Porno, dan 5 Fakta Mengejutkan Seputar Aktor Jackie Chan Lainnya!
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.