12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

Bertobatlah wahai manusia!

12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

Khotbah no Jutsu adalah teknik paling mengerikan yang pernah ada! Kira-kira, siapa sih pengguna Khotbah no Jutsu terkuat dalam serial Boruto?

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Khotbah no Jutsu adalah teknik terkuat dalam serial Boruto (dan tentunya termasuk Naruto). Bagaimana tidak? Teknik yang mengandalkan bacotan kalimat-kalimat indah ala Mario Teguh ini mampu membuat bahkan musuh-musuh terkuat dalam seri Boruto (dan Naruto) tobat seketika.

Penggunanya Khotbah no Jutsu juga beragam, tidak sebatas tokoh utama Boruto, tetapi siapapun yang memiliki otak cemerlang dan belum pernah di-sleding kak Seto pasti bisa menyusun kalimat-kalimat penyegar batin untuk teknik ini.

[read_more id="341068"]

Sayangnya, tidak semua karakter memiliki kesempatan untuk menunjukan jutsu ini karena jarang mendapatkan kesempatan untuk bersinar dalam setiap episode/chapter dari Boruto.

Nah, dari sekian banyaknya karakter yang bisa menggunakan Khotbah no Jutsu, kira-kira siapa sih karakter yang paling efektif menggunakannya? Menjawab pertanyaan ini, tentunya kita bisa menghitung dari seberapa banyak korban yang tobat dalam seri Boruto setelah terpapar radiasi jutsu ini.

Akan tetapi, rasanya menghitung jumlah korban tidaklah adil, karena—seperti yang saya sebutkan sebelumnya—tidak semua karakter memiliki kesempatan untuk menggunakan jutsu ini dalam setiap episode/chapter seri Boruto. Lantas, apa yang akan kita gunakan untuk mengukur kekuatan dari Khotbah no Jutsu masing-masing karakter?

[duniaku_baca_juga]

[duniaku_adsense]

Kita bisa menggunakan statistik resmi dari Databook yang disediakan dalam setiap volume manga Boruto. Dalam statistik tersebut, ada satu bagian yang disebut Negotiations atau Negosiasi. Tentunya, proses negosiasi yang sebenarnya—seperti membuat perjanjian antar: desa/negara, pembagian sumber daya alam, atau kebijakan pemerintah—tidak pernah diperlihatkan dalam serial Boruto (dan Naruto).

Mungkin kamu akan berkata kalau Kage Summit—sebuah acara di mana 5 Kage berdiskusi masalah desa mereka—adalah salah satu bentuk negosiasi. Tetapi, “proses” negosiasi-nya sendiri tidak pernah diperlihatkan.

12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

Pun Kage Summit sebelum Perang Dunia Ninja ke-4 hanya memperlihatkan perbincangan para Kage yang saling menyalahkan satu sama lain—dan baru beraliansi setelah ada musuh.

Dengan kata lain, para Kage juga cuma ‘iya-iya saja’ atau kasarnya ikut-ikutan aliansi karena ada musuh yang sama yang perlu dihadapi. Istilahnya, dalam Ilmu Komunikasi, disebut sebagai groupthink.

Jadi, saya rasa negosiasi ini lebih condong ke komunikasi interpersonal. Atau bahasa mudahnya: negosiasi antar karakter dalam skala yang lebih kecil. Ya, apalagi kalau bukan proses “menceramahi” karakter-karakter lain—khotbah no Jutsu.

Jadi, siapakah pengguna Khotbah no Jutsu terkuat? Lanjut ke halaman 2!

Berdasarkan statistik dari Databook Boruto, berikut ini adalah peringkat pengguna Khotbah no Jutsu terkuat:

12. Boruto Uzumaki – 90

11. Chocho Akimichi – 110

10. Inojin Yamanaka – 120 (seimbang dengan Konohamaru)

9. Konohamaru Sarutobi – 120 (seimbang dengan Inojin)

8. Shikadai Nara – 130 (seimbang dengan Shikamaru)

7. Shikamaru Nara – 130 (seimbang dengan Shikadai)

6. Moegi Kazamatsuri – 140

5. Sasuke Uchiha – 142

4. Mitsuki – 150

3. Sakura Uchiha – 155

12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

2. Sarada Uchiha – 160

12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

1. Naruto Uzumaki – 170

12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

Yep, peringkat satu pengguna Khotbah no Jutsu terkuat masih dipegang oleh generasi lama: Naruto. Rasanya, tidak perlu dijelaskan mengapa sang Hokage tersebut menduduki peringkat pertama.

Yang cukup mengejutkan, ternyata karakter utama seri Boruto—siapa lagi kalau bukan Boruto—menduduki peringkat terakhir. Hal ini tentu saja membuat kamu heran: bukannya Boruto sudah berhasil membuat banyak karakter bertobat dengan Khotbah no Jutsu-nya?

Kalau dipikir-pikir lagi, Boruto sepertinya memang layak berada di peringkat paling bawah. Begini, Boruto memiliki banyak korban karena dia tokoh utama—tokoh yang paling sering disorot. Jadi, ya tentu saja dia memiliki banyak korban yang bisa dihitung.

[duniaku_adsense]

Chocho Akimichi berada di atas Boruto pun saya rasa cukup masuk akal, mengingat Boruto tidak bisa membuat stalker atau penguntit Sumire tobat. Ya, jika kalian ingat-ingat kembali, Chocho-lah yang sanggup membuat stalker Sumire tobat.

Lalu, untuk yang terbaru ini, ada Mitsuki (peringkat 5) yang berjasa dalam membantu Boruto mengalahkan Shizuma—sang pengguna Samehada dan juga ketua kelompok Gakitachi Kirigakure Jidai Ima—dan juga menyadarkan Kagura. Kalau dipikir-pikir, Kagura baru benar-benar tobat ketika Mitsuki muncul dan ikut berceramah.

[read_more id="339956"]

Itulah tadi 12 pengguna Khotbah no Jutsu terkuat dalam serial Boruto. Terlepas dari data resmi nih, menurutmu siapa sih karakter pengguna Khotbah no Jutsu terkuat dalam serial Boruto? Silakan sleding jawaban kalian di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU