Mari Kita Bernostalgia! Kungfu Sepak Bola Shaolin Soccer

Source: Malaymailonline.com

Generasi tahun 90-an tentu saja tak asing lagi dengan film yang satu ini. Di zamannya, film ini sangat terkenal dan menjadi film paling hits kala itu. Meskipun efek yang dihasilkan film ini belum bagus seperti sekarang, tapi tetap saja film ini sangat menghibur.

Diperankan oleh aktor legendaris Stephen Chow, film ini meraih kesuksesan yang amat luar biasa. Maklum saja, film ini mengambil tema film yang banyak disukai oleh orang-orang yaitu sepak bola.

Hype Shaolin Soccer semakin menjadi-jadi karena berdekatan dengan penyelenggaraan Piala Dunia. Film ini dirilis pada tahun 2001 dan Piala Dunia di Korea-Jepang digelar pada tahun 2002.

Tidak berhenti sampai di situ saja, film ini juga terkenal berkat adanya game PlayStation 1 yang bertajuk Super Shoot Soccer. Game itu mengambil tema sepak bola namun dengan keunikan yakni para pemainnya bisa melakukan jurus seperti film Shaolin Soccer.

Bahkan pada saat itu, mungkin mayoritas penonton sepakat bahwa film Shaolin Soccer akan jadi film legendaris di masa depan. Atas ketertarikan inilah Duniaku.net akan kembali membahas apa yang tertarik dari film ini.

Bagi kalian yang tahu mengenai film ini khususnya generasi 90-an, saya jamin setelah melihat artikel ini kalian langsung ingin menonton kembali film fenomenal ini. Langsung saja tanpa panjang lebar, ini dia Shaolin Soccer.

1

Penuh Aksi Konyol

Source: Duniaku.net

Mengapa film ini begitu laris dan banyak penonton di masanya, percaya tidak percaya, yang membuat film ini laris adalah karena banyaknya tingkah dan adegan konyol di sepanjang film.

Adegan konyol ini terasa sangat pas dan tak berlebih-lebihan. Bahkan ketika saya menonton kembali film ini, saya masih bisa tertawa terbahak-bahak dengan banyolan para karakternya.

Setidaknya ada beberapa kekonyolan yang membekas di film ini seperti ketika tim sepak bola Shaolin baru pertama kali bertanding, mereka harus menghadapi musuh yang cupu namun curang karena membawa banyak sekali perkakas seperti tang untuk menyerang tim Shaolin.

Selain itu ada juga, ketika karakter Iron Head menjadi kiper untuk menggantikan bruce lee KW super. Sebelum diserang habis-habisan oleh lawan terakhir (tim Evil), Iron Head menelepon pacarnya terlebih dahulu sebagai tanda perpisahan.

Setelah itu, barulah Iron Head harus digempur habis-habisan oleh tim Evil hingga bajunya robek-robek. Lelucon-lelucon yang terjadi di film ini intinya sih sangat memorable karena porsinya sangat pas dan tidak lebay.

Mungkin bila kekonyolan atau lawakan-lawakannya digunakan secara tidak pas dan sedikit lebay, mungkin saja film ini akan terlupakan dan tak akan memorable hingga saat ini.

2

Tema Unik di Zamannya

Source: aniSearch

Mengapa film ini masih dikenang hingga sekarang? Karena film ini mengambil tema yang luar biasa unik pada zamannya. Bisa jadi, film ini merupakan film impian anak-anak pada saat itu.

Film ini luar biasa unik karena menggabungkan unsur kung fu dengan sepak bola. Biasanya, film kung fu hanya akan menceritakan soal jagoan menghabisi penjahat dengan trik-trik khusus.

Atau pada saat itu banyak juga yang mengambil tema kung fu digabungkan dengan unsur horor seperti film vampir. Nah, ditengah film-film mainstream pada saat itu, munculan Shaolin Soccer sebagai pembeda dan ternyata film ini laris di pasaran.

Kesuksesan film ini pada saat itu juga ditiru oleh yang lainnya. Saya masih ingat betul di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia pernah ada serial film sepak bola dan kung fu yang berjudul, Kung fu Soccer. Tapi ternyata film itu tidak berhasil mengikuti kesuksesan sang pionir.

Di Shaolin Soccer, kita akan melihat gerakan-gerakan indah kung fu digabungkan dengan sepak bola. Efek yang luar biasa bagus di zamannya juga membuat setiap aksi para karakter di film ini tampil secara dramatis.

Salah satu adegan terbaik dalam film ini adalah ketika break dance digabungkan dengan sepak bola. Itu rasanya amazing banget. Kita bisa melihat bola lompat-lompat akibat di-break dance.

Tema yang menarik ini pada akhirnya membuat film ini secara kualitas sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada! Itu sih menurut saya, tidak tahu kalian sama atau tidak pendapatnya, hahaha.


Penasaran apa lagi yang bikin kita ingin bernostalgia dengan film ini atau hal-hal yang membuatnya memorable? Langsung saja ke halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleWow! Disney Akan Membeli 21st Century Fox, Pertanda Baik untuk Marvel Cinematic Universe?
Next article3 Petarung Universe 7 yang Berpotensi Jadi Dewa Kehancuran Baru
Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!