Microsoft Rencanakan Layanan Game Streaming

Layanan game streaming dari Microsoft tampak tidak begitu menarik mengingat beberapa game eksklusif untuk XBOX sudah mulai dirilis untuk PC juga

layanan game streaming

Dengan usahanya untuk menggempur Playstation Now milik Sony, Microsoft rencanakan layanan game streaming untuk konsol mereka, XBOX.

Dengan eksklusifnya game yang ditawarkan oleh penyedia konsol, pasti banyak yang mengharapkan untuk memainkan game tersebut tanpa harus membeli konsol yang harganya setara dengan harga komputer mereka. Emulator tampak menjadi alternatif namun dengan lamanya pengembangan untuk konsol tertentu, layanan game streaming dapat jadi alternatif.

Microsoft yang saat ini belum memiliki layanan streaming untuk konsol mereka, memiliki rencana untuk menciptakan game streaming untuk XBOX ke depannya. Phil Spencer selaku wakil presiden eksekutif Microsoft menyatakan Microsoft akan merilis layanan game streaming mereka sendiri untuk tiga tahun ke depan.

Sebelumnya, Microsoft juga memiliki layanan yang memiliki basis yang sama, menyewa akses untuk suatu konten perbulan. Hal ini mereka aplikasikan pada XBOX Game Pass, sebuah layanan untuk mengunduh game yang pemain inginkan untuk dimainkan selama sebulan seharga $9.99. Layanan ini tentunya dibatasi hanya untuk pemilik XBOX saja, maka dari sini Microsoft ingin mengembangkan layanan tersebut.

XBOX Game Pass

XBOX Game Pass, layanan penyewaan game untuk XBOX One.

Phil Spencer menyebutkan bahwa percobaan untuk layanan yang serupa pernah dijalankan pada tahun 2012, namun terhenti karena biaya yang terlalu mahal. Dengan Microsoft yang berhasil mengembangkan Azure sebagai layanan berbasis Cloud, Spencer yakin bahwa layanan untuk streaming kian membaik dan hal ini memungkinkan mereka untuk merilis dalam tiga tahun ke depan.

Layanan game streaming memang tampak menarik, namun mengingat XBOX mulai merilis beberapa game untuk versi PC, layanan streaming yang akan dihadirkan Microsoft tidak begitu menjanjikan. Game seperti Forza Motorsport 7 dan Forza Horizon 3 sudah dirilis untuk PC melalui bursa Windows.


CONTINUE READING BELOW

Fans Kumpulkan Flash Game Resmi Nintendo

Flash Game resmi Nintendo dulunya digunakan untuk mempromosikan game terbaru mereka. Hilangnya game ini membangkitkan fans untuk mencari game tersebut.


Malah, layanan yang serupa juga sebelumnya sudah dirilis oleh Sony yang dinamakan Playstation Now. Dikarenakan game Playstation tergolong lebih eksklusif, Playstation Now tampak lebih menjanjikan. Tapi sayangnya, Sony mengharuskan pemain untuk memiliki Dualshock 3 atau Dualshock 4 untuk memainkan game tersebut.

Microsoft tampak begitu yakin bahwa layanan ini akan berhasil mengingat mereka sudah memiliki layanan Cloud mereka sendiri. Dengan game eksklusif XBOX yang semakin berkurang, tampaknya lebih baik untuk berinvestasi pada game PC saja.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.