Tak Ada Jaminan Monster Hunter World Tuju Switch, Kenapa Ya?

Setelah merilis Monster Hunter XX, Capcom melanjutkan Monster Hunter World untuk konsol lain terkecuali Switch. Dari sebuah wawancara kecil, co-director mengungkapkan alasannya

Tak Ada Jaminan Monster Hunter World Tuju Switch, Kenapa Ya?

Tak Ada Jaminan Monster Hunter World Tuju Switch, Kenapa Ya?

Nintendo Switch yang hingga saat ini tidak mendapatkan Monster Hunter World masih dipertanyakan. Apakah ini karena Switch memiliki Monster Hunter XX?

[duniaku_baca_juga]

Di saat banyak fans menginginkan Monster Hunter, Capcom malah berpihak pada Nintendo untuk merilis beberapa seri mereka. Namun, di saat akhirnya Monster Hunter dirilis untuk konsol lain, Nintendo Switch tidak mendapatkan apa-apa. Monster Hunter World yang saat ini menjadi buah bibir dengan mekanik terbarunya masih dipertanyakan atas absennya pada Nintendo Switch.

Monster Hunter sebelumnya pertama kali dirilis untuk konsol Playstation 2, yang lalu dilanjutkan menuju Playstation Portable. Kepopulerannya pada PSP dan kontrol untuk combat yang sangat riil menarik perhatian banyak orang. Setelah lamanya menduduki tahta di konsol portabel milik Sony, Capcom pun akhirnya berpindah.

Pindahnya Monster Hunter menuju Nintendo mengundang sejumlah pertanyaan. Kenapa bukan Playstation Vita? Kenapa harus 3DS yang spesifikasinya lebih rendah? Pertanyaan ini mungkin dapat dijawab dengan total penjualan 3DS dibanding Vita. Capcom tentu lebih memilih konsol portabel yang sudah memiliki banyak pengguna, dibanding harus mencoba peruntungan pada Vita yang tidak begitu populer.

Tak Ada Jaminan Monster Hunter World Tuju Switch, Kenapa Ya? Monster Hunter XX, seri terakhir untuk konsol Nintendo sebelum Capcom berpindah fokus.[/caption]

Beberapa judul sudah dirilis, dimulai dari Monster Hunter 3 Ultimate untuk 3DS dan Wii U, hingga Monster Hunter XX untuk Nintendo Switch. Seri terakhir ini menutup perjalanan mereka pada Nintendo. Dengan fokus terbaru mereka, Capcom melalui ajang E3 akhirnya umumkan Monster Hunter World untuk Playstation 4, XBOX One dan PC.

Tidak hadirnya World pada Switch pun membuat para fans Monster Hunter pada konsol Nintendo bertanya-tanya. Monster Hunter XX yang menjadi seri terakhir pada Nintendo tidak ada apa-apanya dibanding dengan World yang tampil memukau. Apa sebenarnya alasan Capcom melewatkan konsol Nintendo ini?

[read_more id="332227"]

Dari wawancara bersama EuroGamer, Kaname Fujioka selaku co-director menyebutkan bahwa ide untuk mengembangkan Monster Hunter untuk konsol high-end sudah ada sejak Monster Hunter 4 Ultimate rampung. Ia menambahkan bahwa seri MH selalu berpusat pada ekosistem konsol.

Saat ditanyakan mengenai Nintendo Switch, Fujioka tidak berbicara banyak. "Kita tidak bisa berkata banyak tentang Switch. Kami ingin menyajikan game untuk hardware yang sudah kami tentukan. Mengadaptasi sistem terbaru ini pada konsol lain tidak dapat bekerja seperti yang diinginkan. Kedepannya kami akan memikirkan cara untuk mengadaptasi platform tersebut (Switch)," Tambah Fujioka.

Saat ini, Fujioka hanya dapat menyebut mereka tidak memiliki rencana untuk membuat port untuk Switch. Ke depannya, bisa saja mereka akan menambahkan Switch untuk game Monster Hunter terbaru.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU