Pengguna Windows 7 di Steam Semakin Banyak, Kenapa Ya?

windows 7 di steam

Meningkatnya pengguna Windows 7 di Steam yang secara tiba-tiba mengundang sejumlah pertanyaan. Apa yang menyebabkan peningkatan drastis ini?

Windows 10 yang sudah menjadi standar dalam dunia perkomputeran saat ini masih enggan digunakan sebagian netizen. Tidak sedikit yang menggunakan versi lainnya seperti Windows 8.1 atau bahkan Windows 7. Satu riset menyebutkan Windows 7 di Steam akhir-akhir ini meningkat secara signifikan.

Baca Juga

Pada Steam Hardware Survey yang dikeluarkan resmi oleh Valve, terdapat beberapa statistik yang tampak menarik, dimulai dari persentase pengguna kartu grafis hingga persentase pengguna RAM menurut skala gigabyte. Dari statistik yang diberikan, tampak Nvidia ungguli jajaran pengguna kartu grafis, diikuti dengan Radeon dan Intel.

Pada sisi prosesor, AMD tampak menang diatas intel. Hal ini mungkin saja diraih berkat berbagai lini terbaru AMD yang dirilis belum lama ini. Untuk penggunaan core, CPU dengan core diatas 4 berhasil menjadi primadona untuk urusan tenaga kerja, diikuti oleh 4 core dan dibawahnya.

statistik steam survey
Statistik yang ada pada Steam Survey untuk bulan Oktober.

Data-data ini terlihat wajar, namun Valve juga memasukkan beberapa survey yang dirasa menarik, seperti jumlah pengguna berdasarkan sistem operasi. Dari sini, terlihat perbandingan yang sangat menarik. Pada data yang diberikan, Windows 7 duduk di posisi teratas, mengalahkan Windows 10. Lebih menarik lagi, terlihat peningkatan pengguna Windows 7 hingga 22%, sebuah angka yang tidak dapat dianggap remeh.

Peningkatan drastis ini dipercaya merupakan efek dari popularitas game yang saat ini sedang naik daun, PlayerUnknown’s Battlegrounds. Game bertemakan battle royale yang saat ini digandrungi oleh anak muda mendapatkan peningkatan popularitas di negeri tirai bambu. Apa hubungannya Cina dengan Windows 7?

Setelah ditelurusi oleh TechSpot, Windows 7 merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di Cina, tidak seperti Windows 8 dan diatasnya yang tidak mendapat izin peredaran oleh pemerintah di Cina. Banyaknya pengguna Windows 7 serta popularitas PUBG di Cina tentu mendongkrak angka pengguna Windows 7 di Steam.

PlayerUnknown’s Battlegrounds Ditolak di Cina? Ini Alasannya

Asosiasi game di Cina menyatakan bahwa PlayerUnknown's Battlegrounds bisa saja tidak menerima izin untuk dirilis. Kenapa ya?
Baca Juga

Popularitas game ini tentunya tidak bisa dilewatkan oleh gamers di Cina. Genre FPS memiliki pasar yang sangat besar di Cina, kedatangan PUBG memberikan alternatif segar bagi para pemain yang mencari gameplay yang unik. Ledakan yang sangat besar ini mungkin tidak akan bertahan lama mengingat asosiasi game di Cina akan memblokir game ini atas alasan norma dan etnis.

Amat disayangkan bahwa PlayerUnknown’s Battlegroundtidak akan bertahan lama. Eksistensinya di Cina sangatlah populer, dan pemblokiran tersebut akan berdampak keras pada penjualan game ini.

Diedit oleh Snow