Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Mau merakit PC gaming? Simak dulu tips-tips ini!

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Mau merakit PC gaming? Simak dulu tips-tips ini!

Bagi sebagian orang, komputer menjadi sebuah hal penting yang harus dimiliki karena fungsinya yang beragam. Komputer atau biasa disingkat PC memiliki fungsi yang sangat banyak seperti mengetik, mengedit foto, mengedit video, dan bermain game. Namun, kebanyakan orang-orang menggunakan PC untuk bermain game.

Nah, bila untuk kebutuhan ringan, kalian bisa mendapatkan PC dengan harga yang cukup murah tapi bila kalian ingin menggunakan PC sebagai mesin gaming tentu kalian harus merogoh kocek lebih banyak.

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Sebenarnya merakit PC itu banyak tantangannya. Salah satunya adalah harga yang terkadang tidak stabil seperti yang saat ini sedang terjadi. Hal ini disebabkan langkanya beberapa komponen sehingga menyebabkan harga komponen menjadi melambung tinggi.

Untuk saat ini yang paling langka dan mahal adalah komponen VGA Card atau kartu pengolah grafis. Bahkan beberapa minggu yang lalu penulis sempat mengelilingi mangga dua mall untuk mencari kartu grafis GTX 1050 TI dan hasilnya nihil. Sekalipun ada, harganya jauh dari kata normal.

[duniaku_baca_juga]

[duniaku_adsense]

Nah, bila kalian pusing untuk merakit PC gaming di tengah harga yang sedang melambung, kalian tidak usah pusing. Mudah-mudahan tips di bawah ini bisa membantu kalian.

1.  Ketahui Budget Kalian

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Hal yang paling pertama kalian tentukan adalah budget. Bila kalian terlahir kaya raya atau punya uang melimpah, tentu urusan budget tidak menjadi soal. Tapi bagaimana bila kalian terbatas dalam urusan budget?

Bila ingin merakit sebuah PC gaming, sebaiknya kalian menentukan budget terlebih dahulu apalagi bila budget kalian sangat terbatas. Nantinya, bila budget sudah kalian tentukan, barulah kalian bisa memilih komponen yang akan kalian beli.

Fungsi penentuan budget ini agar kalian tidak nombok atau kalian tidak kedodoran ketika sedang membeli komponen-komponen PC.

2. Lakukan Simulasi Terlebih Dahulu

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Usai menentukan budget, ada baiknya kalian mencoba simulasi untuk merakit PC terlebih dahulu. Maksudnya simulasi di sini adalah bukan melihat cara merakit PC melainkan untuk melihat harga komponen-komponen yang akan kalian beli.

Banyak aplikasi yang menyediakan simulasi dengan harga yang akurat di Playstore bila kalian menggunakan platform android. Selain itu fungsi simulasi di sini adalah agar kalian menentukan juga jenis prosesor apa yang kalian pilih atau jenis casing apa yang akan kalian pilih untuk PC gaming kalian nantinya.

Lanjut ke halaman 2!

3. Prioritaskan Komponen Terpenting

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Usai melakukan simulasi, kalian harus menentukan dulu komponen terpenting manakah yang harus mendapatkan alokasi terbanyak dari budget kalian. Penulis pribadi selalu memberikan alokasi budget lebih kepada komponen Power Supply (PSU) karena menurut penulis, power supply adalah nyawa dari PC itu sendiri.

Kalian bisa menggunakan PSU murahan namun itu bisa berisiko menyebabkan PC kalian rusak karena aliran listrik yang diberikan PSU murah cenderung tidak stabil. Untungnya, saat ini banyak sekali PSU murah namun punya kualitas bagus contohnya seperti Enermax NAXN atau FSP Hexa. Bila kalian punya budget lebih, kalian bisa pilih PSU Superflower.

Intinya, jangan hanya terpaku mengeluarkan budget banyak untuk Processor dan VGA saja demi merakit PC Gaming karena banyak part lain juga yang dibutuhkan.

4. Jangan Memaksa

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Ingat, bahwa untuk merakit PC gaming di tengah harga yang luar biasa mahal adalah jangan memaksa. Gunakan budget kalian se-efektif mungkin apalagi saat ini kalian punya banyak pilihan komponen yang mumpuni untuk gaming.

Misalnya budget kalian hanya cukup membeli Intel G4560 dan RX 460, jangan memaksa untuk membeli Intel G4560 dan GTX 1050 TI. Hal itu boleh saja dilakukan asal budget kalian cukup namun bila kalian melakukan itu dengan mengorbankan budget untuk alokasi part lainnya seperti membeli intel seri G di bawah 4560 disandingkan dengan GTX 1050 TI, nope.

5. Rakit PC yang Komponennya Bisa Diupgrade Dikemudian Hari

Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Bila budget kalian mentok, usahakan pilih komponen yang bisa diupgrade dikemudian hari. Untuk saat ini banyak komponen yang bagus prospeknya untuk diupgrade.

Contohnya, kalian bisa memakai terlebih dahulu prosesor Bristol bridge dari AMD dengan motherboard A320 atau B350. Alasannya adalah Bristol bridge punya IGP (kartu grafis) yang sudah terintegrasi oleh prosesor sehingga kalian tidak perlu lagi membeli VGA Card, apalagi Bristol bridge punya IGP AMD R7 series.

Sisa dari budget awal kalian bisa kalian tabung untuk upgrade.

Memilih bristol bridge juga ada alasannya yakni prosesor tersebut hanya suport motherboard AM4 di mana A320 dan B350 menjadi jagoannya. AM4 ini merupakan socket yang sama untuk prosesor AMD Ryzen yakni prosesor idola PC Gamers saat ini.

AM4 juga sudah mendukung RAM DDR4 sehingga kalian tak perlu mengganti RAM.

Jika sudah ada uang, kalian bisa menambahkan VGA card dan mengganti prosesor dari Bristol Bridge ke Ryzen tanpa mengganti motherboard dan RAM.

Jika perencanaan kalian matang, budget kalian pasti akan teralokasi dengan benar untuk merakit PC gaming.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU