Tips Merakit PC Gaming di Tengah Harga yang Sedang Melambung!

Mau merakit PC gaming? Simak dulu tips-tips ini!

Bagi sebagian orang, komputer menjadi sebuah hal penting yang harus dimiliki karena fungsinya yang beragam. Komputer atau biasa disingkat PC memiliki fungsi yang sangat banyak seperti mengetik, mengedit foto, mengedit video, dan bermain game. Namun, kebanyakan orang-orang menggunakan PC untuk bermain game.

Nah, bila untuk kebutuhan ringan, kalian bisa mendapatkan PC dengan harga yang cukup murah tapi bila kalian ingin menggunakan PC sebagai mesin gaming tentu kalian harus merogoh kocek lebih banyak.

Sebenarnya merakit PC itu banyak tantangannya. Salah satunya adalah harga yang terkadang tidak stabil seperti yang saat ini sedang terjadi. Hal ini disebabkan langkanya beberapa komponen sehingga menyebabkan harga komponen menjadi melambung tinggi.

Untuk saat ini yang paling langka dan mahal adalah komponen VGA Card atau kartu pengolah grafis. Bahkan beberapa minggu yang lalu penulis sempat mengelilingi mangga dua mall untuk mencari kartu grafis GTX 1050 TI dan hasilnya nihil. Sekalipun ada, harganya jauh dari kata normal.

Baca Juga

Nah, bila kalian pusing untuk merakit PC gaming di tengah harga yang sedang melambung, kalian tidak usah pusing. Mudah-mudahan tips di bawah ini bisa membantu kalian.

1.  Ketahui Budget Kalian

Hal yang paling pertama kalian tentukan adalah budget. Bila kalian terlahir kaya raya atau punya uang melimpah, tentu urusan budget tidak menjadi soal. Tapi bagaimana bila kalian terbatas dalam urusan budget?

Bila ingin merakit sebuah PC gaming, sebaiknya kalian menentukan budget terlebih dahulu apalagi bila budget kalian sangat terbatas. Nantinya, bila budget sudah kalian tentukan, barulah kalian bisa memilih komponen yang akan kalian beli.

Fungsi penentuan budget ini agar kalian tidak nombok atau kalian tidak kedodoran ketika sedang membeli komponen-komponen PC.

2. Lakukan Simulasi Terlebih Dahulu

Usai menentukan budget, ada baiknya kalian mencoba simulasi untuk merakit PC terlebih dahulu. Maksudnya simulasi di sini adalah bukan melihat cara merakit PC melainkan untuk melihat harga komponen-komponen yang akan kalian beli.

Banyak aplikasi yang menyediakan simulasi dengan harga yang akurat di Playstore bila kalian menggunakan platform android. Selain itu fungsi simulasi di sini adalah agar kalian menentukan juga jenis prosesor apa yang kalian pilih atau jenis casing apa yang akan kalian pilih untuk PC gaming kalian nantinya.

Lanjut ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleBethesda Siapkan Game untuk Nintendo Switch
Next articleGuide YuGiOh Duel Links: Deck Desert Twister (Bagian 1)
Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!