Catat! Mulai Dari Tanggal Ini, Kalian Bisa Pergi ke Korea Bebas Visa Lho

Kabar Kabar gembira bagi kalian yang berencana liburan ke Negeri Ginseng. Di tanggal ini, turis asal Indonesia dapat berkunjung ke Korea bebas visa.

Catat! Mulai Dari Tanggal Ini, Kalian Bisa Pergi ke Korea Bebas Visa Lho

Catat! Mulai Dari Tanggal Ini, Kalian Bisa Pergi ke Korea Bebas Visa Lho Sumber: Lonely Planet[/caption]

Kabar gembira bagi kalian yang berencana liburan ke Negeri Ginseng. Pasalnya, pemerintah Korea Selatan akan membebaskan visa bagi turis asal Indonesia ketika berkunjung ke negerinya.

Tidak hanya wisatawan Indonesia, mereka yang berasal dari sejumlah negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina dan Vietnam juga mendapat fasilitas ini.

Namun sayang, kunjungan ke Korea bebas visa ini tidak berlaku selamanya. Hanya pada saat pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeong Chang pada 9 hingga 25 Febuari 2018 mendatang. Selain itu dikabarkan, bebas visa ini hanya berlaku bagi mereka yang mendarat pada bandara internasional Yangyang yang berlokasi dekat dengan venue Olimpiade Musim Dingin.

Catat! Mulai Dari Tanggal Ini, Kalian Bisa Pergi ke Korea Bebas Visa Lho Venue Olimpiade Musim Dingin Pyongchang. Sumber: http://www.live-production.tv[/caption]

"Jumat pekan lalu pemerintah Korsel mengumumkan penerapan bebas visa bagi warga Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lain yang ingin nonton Olimpiade Musim Dingin. Kami masih mencari informasi teknisnya soal ini karena baru diumumkan pekan lalu," tutur Duta Besar Republik Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi.

Beliau juga menambahkan sampai sekarang belum mendapat konfirmasi waktu tepatnya kebijakan ini mulai diberlakukan. Namun, fasilitas ini diperkirakan berlaku hingga April tahun depan.

[duniaku_baca_juga]

Sementara itu, kunjungan ke Korea bebas visa adalah salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing berkunjung ke Korea. Menurut sebuah sumber, jumlah turis asal Indonesia yang berkunjung ke Korea terus meningkat tiap tahunnya. Tercatat di tahun 2016, terjadi peningkatan sekitar 350 ribu turis dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, pemberlakukan bebas visa ini juga bertujuan untuk mengatasi kemerosotan jumlah turis asal China ke Korea. Selama periode Maret hingga Agustus 2017, tercatat jumlah turis asal negeri tirai bambu ke Korea menurun drastis dari 6,3 juta orang di tahun 2015 menjadi hanya 2 juta pada tahun ini. Padahal, sektor pariwisata mempunyai andil besar dalam penciptaan lapangan kerja di negeri ginseng.

"Sektor pariwisata menjadi salah satu industri yang sangat penting bagi Korea. Industri itu bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja dibanding sektor lainnya," tutur Menteri Keuangan Korea, Kim Dong Yeon.

[read_more id="336618"]

Di sisi lain, dalam Olimpiade Musim Dingin ini, tidak ada atlet dari Indonesia yang berpartisipasi. Dalam olimpiade ini, cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain figure skating, freestyle skiing, hoki es, dan olahraga lainnya yang biasa dimainkan saat musim salju.

Bagi kalian penggemar drama Korea, K-pop, atau hal-hal lainnya yang berbau Korea, yuk manfaatkan kunjungan ke Korea bebas visa ini. Jangan lupa siapin paspor dan tiketnya ya!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU