Nostalgia Yuk! Inilah Pesan Moral dari 5 Film DreamWorks Tahun 2000-an

Siapa bilang film animasi hanya untuk hiburan semata. Karena nyatanya, dalam film animasi terkandung banyak pesan moral berharga yang bahkan tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk remaja bahkan orang dewasa. Salah satu contohnya adalah sejumlah film DreamWorks tahun 2000-an ini.

Penasaran apakah film DreamWorks tahun 2000-an favorit kalian termasuk? Yuk buruan check artikel ini!

1

Shrek (2001)

Film DreamWorks tahun 2000-an pertama yang banyak menyimpan pesan moral adalah Shrek.

Kalian semua pasti tahu kalau Shrek adalah orge yang buruk rupa dan selalu dihina-hina orang. Namun berkat ketulusannya, dia mendapatkan kebahagiaan sejati dan berhasil memenangkan hati Putri Fiona. Dari situ penulis film ini ingin menyampaikan bahwa jangan menilai baik atau buruknya seseorang hanya dari penampilannya.

Shrek sendiri bercerita tentang seekor orge hijau yang senang hidup sendirian di sebuah rawa. Tiba-tiba kesendiriannya itu terusik oleh kedatangan karakter-karakter negeri dongeng yang diusir dari tempat asalnya oleh Lord Farquaad.

Untuk mengembalikan ketenangannya yang berharga itu, Shrek ditugaskan oleh Lord Farquaad untuk menyelamatkan Putri Fiona. Tapi ternyata sang putri memiliki rahasia tersembunyi.

Ehmm, kira-kira apa ya rahasia Putri Fiona? Bagi kalian yang pernah nonton Shrek, pasti sudah tahu jawabannya.

Di tahun-tahun berikutnya, DreamWorks juga telah merilis sekuel Shrek dengan judul  Shrek 2 (2004), Shrek the Third (2007), dan Shrek Forever After (2010). Tak hanya itu, film Sherk spesial liburan juga pernah dibuat dengan judul Shrek the Halls and Scared Shrekless, sedangkan spin-off dari film ini yang ceritanya berfokus pada sahabatnya, Puss in Boots dirilis tahun 2011.

Untuk para penggemar Shrek, ada kabar bagus nih, meski belum diketahui tanggal tayang yang pasti, namun menurut informasi Shrek 5 sedang dalam proses pembuatan. Wah, jadi nggak sabar nih nunggu film baru dari Shrek.

Baca Juga

2

Kung Fu Panda (2008)

Siapa yang bisa lupa dengan Po, si panda yang doyan makan ini? Tingkahnya yang konyol serta bentuk tubuhnya yang menggemaskan sukses mengocok perut penonton saat melihat aksi kocaknya di film Kung Fu Panda dan sekuel-sekuelnya yaitu  Kung Fu Panda 2 (2011) dan  Kung Fu Panda 3 (2016), serta serial TV nya Kung Fu Panda: Legends of Awesomeness.

Cerita dari film ini berpusat pada kehidupan Po yang bermimpi untuk menjadi kung-fu master yang kemudian menjadi kenyataan. Namun, dengan menjadi kungfu master, Po kemudian berkewajiban untuk memenuhi petuah dari nubuat kuno dan belajar kung-fu dari idolanya yaitu Furious Five.

Po membutuhkan kebijaksanaan, kekuatan, dan kemampuan sehingga dia bisa memenuhi nubuat kuno itu dan melindungi seluruh penduduk desa dari macan tutul salju yang jahat.

Tak hanya menghibur, film ini ternyata juga mengajarkan penonton banyak nilai moral, salah satunya adalah belajar untuk tidak mempedulikan apa yang dikatakan atau dipikirkan orang lain.

Seperti dalam film ini, awalnya Furious Five dan guru Po, Master Shifu memandang sebelah mata kemampuan Po. Tapi panda ini tidak ambil pusing dan tetap fokus untuk berlatih keras demi memenuhi tugasnya menjadi kung-fu master.

Belajar dari Po, kita pun juga terkadang harus “cuek” dengan pandangan orang lain dan tetap fokus pada tujuan awal dan mimpi kita.

3

Madagascar (2005)

Mengangkat tema persabahatan, pesan moral dari film ini pasti sudah bisa ditebak yaitu mengajarkan penonton terutama anak-anak akan pentingnya persahabatan dan kesetiaan sebagai seorang sahabat dalam suka maupun duka.

Madagascar adalah film yang berpusat pada karakter Alex si singa bersama sahabat-sahabatnya yaitu Marty si zebra, Melman si jerapah, dan Gloria si kuda nil yang merupakan primadona dari kebun binatang New York’s Central Park. Selama berada di situ, kehidupan mereka sangatlah nyaman dan membahagiakan.

Hingga suatu hari, Marty merasa bosan dengan kehidupan kebun binatang dan memutuskan melarikan diri. Berkan bantuan para pinguin, dia berhasil kabur dan memulai petualangannya menjelajahi dunia.

Di tengah malam, Alex, Melman, dan Gloria mengetahui bahwa Marty menghilang, sehingga mereka bekerja sama untuk membawanya kembali sebelum pagi hari.

Film ini sendiri mempunyai 2 sekuel yaitu Madagascar: Escape 2 Africa (2008) dan  Madagascar 3: Europe’s Most Wanted (2012). Sedangkan, spin-off dari Madagascar juga pernah dirilis dengan judul Penguins of Madagascar di tahun 2014.

Eitss, masih ada 2 film DreamWorks tahun 2000-an lainnya lho di halaman 2! Yuk, buruan lanjut!