Pilih Mainanmu! Inilah Kelebihan Serta Kekurangan SHF dan Figma

SHF dan Figma memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Jika kamu bingung memilih, maka simak artikel SHF dan Figma berikut ini!

SHF dan Figma

Ayo tentukan pilihanmu di antara dua lini mainan SHF dan Figma, inilah kelebihan serta kekurangannya.

Kamu yang hobi dan gemar mengkoleksi mainan atau figure, pasti sudah tidak asing lagi dengan dua lini mainan yang akan kita bahas berikut ini, yaitu SHF atau S.H.Figuarts pabrikan Bandai dengan Figma keluaran Max Factory dan didistribusikan oleh Good Smile Company.

Kedua mainan ini biasanya memiliki satu jenis ukuran yang sama, yaitu 1/12. Selain itu, keduanya juga memiliki detail, artikulasi, dan aksesoris yang berbeda-beda. Harganya juga berbeda dan variasi.

Jika kamu yang merasa bingung memilih satu diantara kedua lini mainan ini, maka kamu datang ke artikel yang tepat, karena penulis akan memberikan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing mainan ini. Ayo simak kelebihan serta kekurangan SHF dan Figma berikut ini.

1

S.H.Figuarts

SHF dan Figma

S.H.Figuarts atau yang akan kita singkat SHF adalah lini mainan keluaran Bandai yang biasanya terfokus pada serial Tokusatsu, seperti SHF dari serial Kamen Rider, Super Sentai, Metal Hero, bahkan pahlawan barat seperti Superman, Batman, dan Iron Man. Langsung saja kita membahas kelebihan dari SHF.

Kelebihan

  • Detail yang memukau. Jika kamu menyukai seri Tokusatsu, maka kamu pasti tergoda dengan detail keren dari baju zirah karakter Tokusatsu favorit kalian di dalam bentuk SHF.
  • Bentuk join artikulasi yang lebih rapi. Karena sebagian figur SHF adalah karakter berbaju zirah, maka join artikulasi cukup rapi dan terlihat tidak aneh. Karakter manusia atau bukan yang berbaju zirah juga memiliki join atikulasi yang baik.
  • Box Art yang menarik hati. Jika kamu penggemar dan mengoleksi Box atau kotak kardus dari mainan, maka kamu bisa mengoleksi Box Art dari SHF juga yang memiliki gambar dari karakter dan juga menyesuaikan dengan serinya.

Kekurangan

  • Stand base yang kurang enak dilihat. SHF memiliki Stand Base berbentuk capit. Stand Base ini akan melingkar di perut figur milikmu, tentunya saat difoto, Stand ini membuatnya terlihat aneh, dan kamu harus memikirkan cara dan arah foto yang lebih baik.
  • Tak banyak aksesoris dan jika ada, biasanya dijual terpisah.


CONTINUE READING BELOW

Inilah Perbedaan Antara Kaijin dan Kaiju di Serial Tokusatsu

Kamu pasti tidak asing dengan monster-monster dari serial Tokusatsu, namun tahukah kamu bahwa ada dua jenis monster, yaitu Kaijin dan Kaiju?


2

Figma

SHF dan Figma

Dari Bandai, kita beralih ke Max Factory dan Good Smile Company, yaitu Figma. Berbeda dengan SHF yang memfokuskan lini mainannya pada Tokusatsu atau pun karakter berbaju zirah, di Figma, lebih banyak karakter dari serial anime.

Kelebihan

  • Diangkat dari serial anime. Meskipun beberapa SHF juga diambil dari anime, tetapi Figma lebih mengkhususkannya, sehingga karakter favoritmu dari aniem tertentu bisa saja muncul di sini.
  • Berbagai macam ekspresi menarik. Kamu bisa membuat berbagai macam pose dan adegan menarik dengan jenis wajah yang bervariasi dan bisa kamu sesuaikan.
  • Aksesoris yang cukup banyak. Berbeda dengan SHF, Figma memiliki aksesoris yang lebih banyak dibandingkan pesaingnya.
  • Stand Base berbentuk join male dan ada lubang female di bagian punggung. Karena Stand Base ini, kamu bisa memposekannya dengan lebih leluasa.

Kekurangan

  • Join artikulasi yang terlalu terlihat. Artikulasi dari seri ini terkesan terlihat aneh, terutama di karakter yang memiliki pakaian agak terbuka di bagian artikulasi. Namun semakin ke sini, artikulasi dari Figma mulai terlihat membaik.
  • Box art yang terkesan biasa.

Itulah kelebihan serta kekurangan dari SHF dan Figma. Apakah kamu sudah menentukan pilihanmu? Sebenarnya, kedua seri ini sama-sama bagus, dan beberapa seri memiliki SHF dan Figma sekaligus seperti Kamen Rider Ryuki dan juga Love Live. Saran penulis sih, beli saja keduanya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.