Miiverse Tutup, Pengguna Ucapkan Selamat Tinggal

Setelah 5 tahun menjadi platform media sosial untuk pemilik Nintendo 3DS dan Nintendo Wii U, Nintendo putuskan Miiverse tutup untuk selamanya

Miiverse Tutup, Pengguna Ucapkan Selamat Tinggal

Miiverse Tutup, Pengguna Ucapkan Selamat Tinggal

Berawal dari tahun 2012, Miiverse yang merupakan sebuah layanan sejenis media sosial untuk konsol dan handheld Nintendo lahir.  Sayangnya, Miiverse tutup November ini, meninggalkan kekecewaan penggunanya.

[duniaku_baca_juga]

Platform media sosial yang didedikasikan untuk konsol umumnya tidak begitu populer, mengingat keterbatasan akses yang diberikan. Miiverse merupakan salah satu media sosial untuk para gamers Nintendo yang tidak begitu populer, namun platform tersebut cukup diminati oleh para ilustrator kecil. Sayang, Nintendo harus menyatakan bahwa Miiverse tutup pada bulan ini.

Miiverse sendiri disebut sebagai media sosial yang tergolong kid-friendly, ketatnya penanganan konten yang disajikan kadang dinilai terlalu keras oleh Nintendo sendiri. Contoh paling mudah adalah mereka tidak mengijinkan gambar yang ditujukan untuk konten dewasa, dan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna berakhir dengan ban permanen.

[read_more id="331879"]

Bahkan, Miiverse pun tidak luput dari kontroversinya karena aturannya yang ketat dan arogansi yang cukup mengesalkan. Satu contoh aturan ketat yang dijalankan adalah ban pada sistem Wii U. Tercatat apabila ada akun yang terkena ban pada konsol tersebut, maka akun lain yang ingin masuk melalui Wii U tersebut, semisalnya apabila konsol tersebut merupakan konsol bekas, maka pengguna tidak dapat mengakses Miiverse.

Arogansi pada Miiverse juga terlihat pada ban yang dikenakan pada presiden Sony, Shuhei Yoshida. Yoshida mengatakan bahwa ia terblokir dua kali, satu karena ia memasukkan informasi twitternya dan satu lagi karena ia menulis "I love PS" pada Miiverse. Tentu, mempromosikan konsol lain tidak diperbolehkan, namun seharusnya Nintendo tahu bahwa post tersebut dimiliki oleh presiden Sony sendiri.

Namun, di balik semua kontroversi itu, Miiverse merupakan sebuah media sosial yang menarik. Banyak pengguna yang mengekspresikan diri mereka dengan menggambar menggunakan stylus mereka. Hasilnya pun beragam, ada yang unik dan ada yang sangat indah, bahkan sulit dipercaya bahwa karya itu digambar menggunakan Wii U ataupun 3DS.

Miiverse Tutup, Pengguna Ucapkan Selamat Tinggal Hasil karya pada Miiverse yang diunggah sebelum platform tersebut ditutup.[/caption]

Dan pada akhirnya, Miiverse harus menutup umurnya. Tercatat pada 8 November, Miiverse akhirnya secara resmi diberhentikan. Jelang penutupan Miiverse, Nintendo mengirimkan gambar untuk mencantumkan rasa terima kasih mereka kepada pengguna yang telah setia menggunakan Miiverse.

Tutupnya Miiverse meninggalkan kesedihan banyak penggunanya. Pengguna Twitter memasangkan tagar #MiiverseMemories untuk mengenang gambar ataupun konten dari Miiverse itu sendiri. Tidak sedikit juga yang beramai-ramai menggambar di Miiverse tepat sebelum platform tersebut dimatikan, termasuk pengembang sekalipun.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU