Fusion Android 17 dan Android 18 Mulai Dibicarakan, Akankah Sekuat Super 17 di Dragon Ball Heroes?

Makhluk yang paling mendekati fusion Android 17 dan Android 18 mungkin adalah saat Super 17 menyerap Android 18. Kekuatan sosok ini bahkan mampu merepotkan Super Saiyan 4 Goku dan Vegeta. Kalau benar terjadi, akankah hasil fusion di Dragon Ball Super juga sekuat ini?

Dragon Ball Super 115 mulai menyajikan kemungkinan fusion Android 17 dan Android 18. Kalau melihat sejarah sih, gabungan keduanya bisa luar biasa kuat!

Pembahasan soal kemungkinan fusion Android 17 dan Android 18 ini mungkin mengandung spoiler untuk yang belum menyaksikan Dragon Ball Super 115. Jadi disarankan kamu menonton sendiri episodenya. Atau bahkan mungkin membaca rangkumannya dalam pembahasan Dragon Ball Super 115.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Dragon Ball Super 115: Sesuai yang Dijanjikan, Ultra Instinct Goku Bangkit Lagi!

Seperti yang dijanjikan di preview, Ultra Instinct Goku bangkit lagi di Dragon Ball Super 115! Apakah kekuatan ini cukup membantunya mengalahkan Kefla?


Untuk yang memang sudah menonton episodenya, mari kita mulai pembahasan mengenai kira-kira seberapa kuat fusion Android 17 dan Android 18.

SPOILER ALERT!!!

Jadi, yep, saat Potara diumumkan legal digunakan di Tournament of Power, Beerus langsung berencana untuk menggunakannya.

Shin mengusulkan agar yang diberikan adalah Android 17 dan Android 18. Ketimbang Super Saiyan Blue Vegito (yang begitu kuat sampai durasi Potara-nya jadi sangat singkat), memang lebih aman bila mereka menambah lagi petarung sekuat Super Saiyan Blue.

17 dan 18 juga dulu terbiasa bekerja bersama. Sekarang 18 memang tampak terus-terusan kesal ke 17, namun mereka jelas masih memperhatikan satu sama lain. Buktinya 18 sempat menawarkan bantuan saat 17 kesulitan, lalu 17 membantu 18 saat 18 terdesak.

Pertanyaannya nih: memang sekuat apa sih fusion Android 17 dan Android 18? Mari kita lihat dari satu versi yang sempat terjadi sebelum ini.

Super 17

Image credits: Youtube (kanal SaiyanLegends)

Super 17 yang digabungkan dengan Android 18 terjadi di game Dragon Ball Heroes. Gabungan ini begitu kuat hingga mampu menghadapi Super Saiyan 4 Goku dan Super Saiyan 4 Vegeta sekaligus. Jelas, kalau fusion Android 17 dan Android 18 sekuat ini, Universe 7 akan semakin perkasa.

Tapi, yep, Super 17 yang muncul di Dragon Ball Heroes bukan murni fusion Android 17 dan Android 18 saja.

Pertama-tama, untuk yang belum tahu, Super 17 adalah hasil gabungan dari Android 17 (yang dicuci otak) dan Hell Fighter 17. Gabungan ini terjadi di Dragon Ball GT.

Lalu di Dragon Ball Heroes, Towa (adik Dabura) menggabungkan paksa Super 17 dengan Android 18. Jadi tak heran kalau Super 17 begitu kuat. Namun yang akan diberikan Potara adalah Android 17 normal, jadi apakah hasil fusion ini tidak akan sekuat Super 17 pirang di atas?


Sebenarnya, mungkin saja hasil fusion-nya akan selevel Super 17. Kenapa? Lanjut baca pembahasannya di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.