Soundtrack Review: Justice League (oleh Danny Elfman)

Kangen dengan theme Superman dari John Williams? Album ini mungkin akan memuaskan anda!

Danny Elfman (Spider-Man 1&2, Nightmare Before Christmas, Batman 1989) akhirnya kembali ke semesta DC untuk menggarap skor musik Justice League, menggantikan komposer Tom Holkenborg/Junkie XL.

Mari kita mundur sedikit ke beberapa tahun yang lalu.

Ketika Warner Bros mengumumkan bahwa mereka akan me-reboot seri Superman dengan film Man of Steel (2013) yang disutradarai Zack Snyder, fans Superman yang kecewa dengan Superman Returns (2006) berandai-andai apakah musik tema klasik untuk sang Manusia Baja gubahan John Williams akan digunakan kembali di film ini.

Hans Zimmer; komposer yang ditunjuk oleh Snyder untuk menggarap skor musik Man of Steel kemudian mengumumkan bahwa ia tidak akan memakai musik tema ikonik itu. Dan tebak apa yang terjadi? Amarah dan kecaman dari para purists tidak dapat dibendung lagi.

Ayolah! Film Superman tanpa musik John Williams? Apa kata dunia? Kurang lebih itu yang biasa terucap dari mulut para purist. Terlepas betapa bagusnya musik tema baru yang digubah oleh Zimmer, mereka sudah memantapkan tekad untuk memandang musiknya dengan rendah.

Melompat ke tahun 2016, komposer Junkie XL yang berkolaborasi dengan Zimmer untuk menggarap skor Batman v Superman: Dawn of Justice kemudian ditunjuk oleh Snyder untuk menggarap Justice League. Junkie XL sendiri menggubah musik tema baru untuk karakter Batman di film ini.

Namun, ketika Snyder turun dari kursi sutradara setelah putrinya wafat dan digantikan oleh Joss Whedon untuk menangani proses reshoot, Junkie XL juga ikut diganti oleh komposer veteran DC Universe yaitu Danny Elfman, yang pernah menggarap musik skor Batman (1989) dan menciptakan musik tema Batman yang dianggap paling ikonik.

Situasi pun menjadi berbanding terbalik. Elfman mengumumkan bahwa ia tidak akan menggunakan musik tema Superman dan Batman baru gubahan Zimmer/Junkie XL di Justice League, namun ia akan menghidupkan kembali tema Batman dan Superman klasik miliknya dan John Williams!

“Pengkhianat! Tak tau diri! Dasar sombong!”, ujar para fans Zimmer dan Junkie XL. Mereka menganggap Elfman terlalu mengandalkan pada kekuatan nostalgia alih-alih meneruskan kontuinutas musikal di DCEU. Lucunya, para fans lama bersorak gembira karena akhirnya mereka bisa mendengar lagi musik tema klasik itu di bioskop.

Nasi sudah menjadi bubur, tinggal beberapa hari lagi Justice League tayang. Mau diperdebatkan seperti apapun, baik Zack Snyder maupun Warner Bros sudah merestui niatan Elfman.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah musik tema klasik itu bisa berfungsi dan menyatu dengan baik tanpa terdengar terlalu mencolok? Apakah Elfman yang kehilangan sentuhannya beberapa tahun terakhir ini bisa menggubah sebuah skor yang bombastik untuk film DCEU paling ambisius ini?


CONTINUE READING BELOW

Review My Generation: Realitas dan Identitas Kids Zaman Now

Film terbaru dari sutradara Upi ini menantang generasi lain khususnya orang tua untuk memahami kids zaman now. Simak dalam review My Generation berikut!


Mengulas sebuah album skor tanpa menonton filmnya terlebih dahulu mungkin akan agak sulit, tapi mengingat albumnya sendiri dirilis sebelum filmnya keluar, tentu tidak ada salahnya jika kita mengulasnya terlebih dahulu!

Penasaran bagaimana soundtrack-nya? Cek halaman kedua!

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.