Nintendo Akan Pasok Konsol Switch dalam Jumlah Besar

konsol switch

Kurangnya stok untuk Nintendo Switch membuat banyak toko kewalahan, dan masih banyak para fans yang belum kebagian Switch. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Nintendo akan pasok konsol Switch dalam jumlah besar.

Baca Juga

Dengan keterbatasan stok di banyak toko, Nintendo Switch masih dicari banyak konsumen. Banyak yang menganggap Nintendo sengaja mengurangi jumlah stok, bahkan media besar sekalipun menyebut Nintendo seharusnya bisa memasok banyak konsol Switch. Dari kesalahan ini, Nintendo akan mulai pasok Switch dalam jumlah yang lebih besar.

Konsol yang dijual dengan harga $300 ini mendulang kesuksesan yang sangat besar. Bukan main, konsol yang diciptakan setelah kegagalan Wii U ini dibeli oleh banyak konsumen hingga stok pun habis.

Kurangnya stok yang ada di toko juga dimanfaatkan sejumlah oknum untuk menjual kembali Switch mereka dengan harga yang lebih mahal.

switch shortage
Salah satu toko di Amerika Serikat yang kehabisan stok Nintendo Switch.

Pada awal rilisnya hingga akhir September, Nintendo telah menjual sebanyak 7,6 juta unit. Nintendo berencana untuk menyuplai 9,1 juta unit Nintendo Switch pada tahun 2018, ini berarti total penjualan unit yang tersedia mencapai sekitar 17 juta unit.

Dan apabila Switch laku terjual, konsol ini akan mengalahkan total penjualan Wii U sebesar 14 juta unit.

Pada wawancaranya, CEO Nintendo Tatsumi Kimishima menyebutkan bahwa Nintendo akan berencana untuk memproduksi dan menyuplai stok Nintendo Switch dalam jumlah yang besar pada tahun depan, sebesar 25 hingga 30 juta unit. Ini berarti jumlah stok yang tersedia bertambah sekitar 80 persen.

Tatsumi juga menyebutkan bahwa peningkatan jumlah stok ini bergantung pada seberapa besar kesuksesan yang diraih pada penjualan tahun fiskal ini. Apabila permintaan masih sangat besar, maka Nintendo akan menyuplai stok lagi, namun ini akan sangat bergantung pada total penjualan.

Nintendo Targetkan Penjualan 2 Juta Switch Perbulan!

Rendahnya ketersediaan membuat Nintendo kewalahan! Untuk menangkis hal ini Nintendo memutuskan untuk meningkatkan produksi hingga 2 juta Switch perbulan.
Baca Juga

Sebagai catatan, total penjualan terbesar selama sejarah Nintendo dipegang oleh Nintendo Wii sebesar 101 juta unit. Secara logis, Nintendo Switch tidak akan mungkin mengejar kesuksesan Wii, namun konsol portabel tersebut masih dapat mengejar total penjualan Nintendo GameCube yang telah terjual sebanyak 21 juta unit.

Bahkan, bisa saja Switch akan mengalahkan total penjualan Nintendo 64 yang telah terjual sebanyak 32 juta unit. Saat ini Nintendo Switch sangat digandrungi, terbukti dari habisnya stok di berbagai toko. Jika tren ini terus berlanjut, bisa saja Switch akan bersaing ketat dengan Playstation 4 dan XBOX One pada segmen game hardcore.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous article5 Hal yang Lebih Sulit Dilakukan di Game daripada di Kehidupan Nyata
Next articleBenarkah Steam Bisa Diblokir di Indonesia? Ini Tanggapan dari Tim IGRS!
Penggemar berat game arcade, terutama Initial D Arcade Stage. Akhir-akhir ini mulai kembali menjalani hobi airsoft.