Penasaran? Inilah Arti Jogress di Digimon yang Sebenarnya

Arti Jogress

Kamu yang menyukai serial Digimon, pasti tidak asing dengan istilah Jogress. Memang apa sih arti Jogress yang sebenarnya?

Di serial Digimon, istilah Jogress sudah menjadi hal yang biasa dan sering di munculkan dalam anime maupun gamenya, terutama di serial kedua Digimon, yaitu Digimon Adventure 02.

Dalam serial ini, diperkenalkan Jogress untuk pertama kali, yaitu pergabungan antara ExVeedramon dengan Stingmon, yang menjadi Paildramon maupun Dinobeemon yang bisa menjadi Imperialdramon.

Sebenarnya, Jogress sudah disebut pertama kali di film Digimon Adventure: Our War Game. Di sini, terjadi penggabungan antara Wargreymon dan Metalgarurumon menjadi Omnimon, dan dalam versi dubbing Inggris, mereka disebut sudah memasuk level Jogres.

Setelah itu, kata dan istilah Jogres digunakan dalam serial Digimon Adventure 02. Sebenarnya, apa sih arti Jogress yang sebenarnya? Jogress, adalah penggabungan dua kata, yaitu Join dan Progress.

Arti Jogress

Ada beberapa arti, namun kita gunakan yang paling masuk akal, yaitu Berkembang Bersama. Maksud dari berkembang bersama dari Jogress sudah sangat jelas ya, dan yang paling terlihat ada di Digimon Adventure 02.

Selain Stingmon dan ExVeedramon, ada dua pasang Digimon lainnya yang bisa melakukan Jogress Evolution, yaitu Aquilamon dan Gatomon menjadi Silphymon, serta Angemon dan Ankylomon menjadi Shakkoumon.

Jika kamu perhatikan, mereka saling berbagi jalur evolusi, dan bukannya memiliki jalur evolusi sendiri seperti Digimon-Digimon di serial pertama (meskipun Digimon-Digimon ini juga memiliki jalur evolusinya sendiri di luar Jogress). Dari sini lah istilah Jogress atau Berkembang Bersama diperkenalkan.

Arti Jogress

Istilah lain dari Jogress adalah DNA Evolution, kondisi di mana dua DNA Digimon digabung menjadi satu, dna menciptakan Digimon baru. Awalnya, setiap Digimon memang harus memasuki fase tertentu, seperti Wormmon menjadi level Champion, Stingmon. Namun sejak film Digimon Adventure 02: Revenge of Diaboromon, dikenal istilah baru yaitu Warp DNA Evolution.

Dalam fase Warp DNA Evolution, kedua Digimon tidak perlu berubah ke level tertentu untuk melakukan Jogress, seperti contohnya saat Agumon dan Gabumon langsung bergabung menjadi Omnimon, tanpa melalui fase Wargreymon dan Metalgarurumon.

Arti Jogress

Di serial anime Digimon Xross Wars 2, saat kelima pahlawan dari dunia (atau serial) sebelumnya berkumpul, Veemon bisa melakukan Jogress langsung dengan Stingmon tanpa berevolusi ke tahap Champion menjadi ExVeemon. Namun karena ini tidak canon, maka mari kita anggap hanya Omnimon yang bisa.

Dalam bentuk Jogress, sebenarnya kesadaran dari masing-masing Digimon tetap ada. Biasanya, mereka bisa mengeluarkan suara mereka masing-masing, namun lebih sering mereka berbicara bersamaan sehingga suaranya terdengar ganda.

Bentuk Pokemon-Pokemon ini Ternyata Terinspirasi dari Senjata, Lho!

Pokemon memiliki banyak bentuk, dan ternyata bentuk Pokemon terinspirasi dari senjata juga ada, lho. Inilah Pokemon tersebut
Baca Juga

Bedakan antara Jogress dengan DigiFusion di serial Digimon Xross Wars dan Ancient Spirit Evolution di Digimon Frontier, ya. Keduanya memang melakukan penggabungan namun bukan penggabungan DNA seperti dalam kasus Jogress.

Itulah arti Jogress yang sebenarnya. Bagaimana menurutmu, apakah kamu suka melihat Digimon bergabung dalam bentuk Jogress? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.


SHARE
Previous articleWow, Iko Uwais Bintangi Film Mile 22 Bersama Lauren Cohan dari The Walking Dead!
Next articleTrailer The Post: Tom Hanks dan Meryl Streep Beradu Peran dalam Film Terbaru Steven Spielberg
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.