Tau Nggak? Ini 5 Trik PES Jadul yang Masih Eksis hingga Saat ini!

Source: Videogamer.com

Sebelum kita mengenal Pro Evolution Soccer sebagai game sepak bola termahsyur yang pernah ada, tentu saja kita mengenal game Winning Eleven yang dulu sangat berjaya di PlayStation 1.

Kemudian WE pada akhirnya dihentikan dan Konami lebih memilih nama PES untuk digunakan. Bagi yang pusing, intinya kedua game ini sama dan hanya beda nama saja. Winning Eleven digunakan untuk game yang rilis di Jepang sedangkan PES digunakan untuk game yang rilis di Eropa.

Baca Juga

Hingga saat ini, keberadaan Pro Evolution Soccer menjadi salah satu game bola terkuat. Game ini hingga sekarang memiliki rivalitas yang luar biasa dengan game bola besutan EA Sports, FIFA.

Karena salah satu game yang tren di kalangan anak muda khususnya pencinta sepak bola, Pro Evolution Soccer memiliki basis tersendiri dan Konami juga kerap membuat kompetisi profesional para gamer di ranah Pro Evolution Soccer.

Selain itu, untuk kalangan pemain amatiran khususnya anak tongkrongan, PES juga menjadi primadona. Teman-teman saya hingga saat ini sering membuat turnamen PES demi membuktikan siapa yang terkuat.

Untuk memenangi sebuah pertandingan dengan sesama gamer, tentu saja itu bukanlah hal yang mudah. Semakin berkembangnya PES dari tahun ke tahun, strategi yang digunakan akan sangat rumit.

Inilah 5 Inovasi Kocak dan Gila dari Pro Evolution Soccer untuk Terus Bersaing dengan FIFA!

Berbagai macam Inovasi PES dilakukan KONAMI untuk terus bersaing dengan saingannya, FIFA. Nah menurutmu mana inovasi PES terbaik sampai saat ini?
Baca Juga

Nah, meski begitu ternyata ada beberapa strategi jadul yang masih eksis hingga saat ini. Strategi ini dulunya sering digunakan oleh para gamer PES untuk menundukkan lawan mereka.

Nah, apa saja ya trik bermain PES jadul ini, Duniaku.net akan membahasnya satu per satu!

1

Umpan Crossing Datar

Source: Videpgamer.com

Saya tidak tahu apakah crossing datar ini sering digunakan di PlayStation 1 atau tidak, yang jelas trik ini sangat sering digunakan di era PlayStation 2 dan menjadi trik bermain PES jadul yang masih eksis hingga saat ini. Maklum saja, cara ini merupakan cara paling simpel untuk mencetak gol.

Biasanya ada dua cara untuk menggunakan teknik ini yakni menggunakan O dua kali atau dengan menekan X sambil memperhatikan power umpan.

Tapi meski tergolong simpel, untuk bisa mengeksekusi trik ini dengan sangat sempurna biasanya kita butuh konsentrasi yang tinggi. Kita harus melihat gerakan orang yang akan menerima umpan apakah sejajar dengan yang memberi umpan atau tidak.

Bila tidak, trik ini akan sulit dieksekusi karena akan terhalang oleh bek lawan. Selain itu eksekutor yang akan menerima umpan juga patut diperhitungkan. Penyerang kelas atas seperti Cristiano Ronaldo atau Luis Suarez tentu akan berguna untuk trik ini.

Tapi terkadang bila terlalu sering menggunakan trik ini kita akan dicap sebagai loser karena tak mampu untuk mencari cara lain untuk mencetak gol.

Bagi saya, sebenarnya hal itu fair-fair saja karena dalam PES bukan hanya mengandalkan kecerdikan bermain saja tapi juga harus mengandalkan kepintaran dalam mencari kelemahan lawan.

2

Umpan Terobosan Lambung

Source: Videogamer.com

Trik bermain PES jadul selanjutnya adalah trik umpan terobosan lambung. Bagi orang biasa, trik ini cenderung sulit dilakukan, tapi bagi yang sudah lama bermain PES, trik ini kerap menjadi andalan.

Rekan kerja saya sering merepotkan barisan pertahanan dengan trik macam ini. Bisa dibilang, bagi yang sudah ahli trik ini bisa digunakan sebagai senjata mematikan untuk membobol lawan.

Biasanya, trik ini digunakan ketika bek yang kita mainkan sedang dalam posisi overlap sehingga di wilayah pertahanan hanya ada beberapa bek saja. Yang dibutuhkan adalah menarik maju bek tersebut dan joss tiba-tiba melambungnya umpan terobosan ini mengecoh para bek yang maju tadi.

Trik ini bisa dibilang telah eksis dari zaman PlayStation 1 dan hingga era PES 2018, trik mematikkan ini masih ada hingga sekarang.

Yang mengesalkan dari trik ini adalah biasanya pemain kita meskipun telah dalam keadaan siap, faktanya tetap kerap melakukan kesalahan. Entah jangkauan sundul yang kurang ataupun kesalahan dalam menahan bola seperti video di atas.

Mungkin karena itulah trik bermain PES jadul ini masih memiliki penggemar untuk digunakan oleh para player PES.

Mau tau lagi, ada trik jadul apa saja? Langsung buka saja page 2!

1
2
3

SHARE
Previous articleIni Dia Para Batman Jahat dari Dark Nights: Metal! Siapa Saja?
Next articleMengenal Seluk-beluk Balap Liar di Jepang Ala The Fast and the Furious: Tokyo Drift
Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!