Come Swim: Tonton Film Debut Kristen Stewart sebagai Sutradara di Sini! Tersedia Gratis Lho!

Sumber: Allure

Aktris Kristen Stewart akhirnya memenuhi impian masa kecilnya menjadi seorang filmmaker. Tonton film pertamanya, Come Swim di bawah ini!

Dunia tidak akan lupa bahwa Kristen Stewart pernah dianggap sebagai aktris terburuk saat memerankan Bella Swan dalam seri The Twillight Saga. Penampilannya bahkan sering dijadikan meme “muka papan” saking datarnya akting wanita kelahiran tahun 1990 ini.

Baca Juga

Padahal, sebelumnya ia sudah dikenal menjadi aktris cilik lewat film Panic Room (2002) bersama Jodie Foster. Stewart juga bermain bagus dalam film road-movie Into The Wild (2007). Baru pada tahun 2016, ia membungkam para pengkritiknya lewat film Personal Shopper (2016) dan digadang-gadang layak masuk nominasi Oscar.

Walaupun masih muda dan berbakat sebagai aktris, ia ternyata punya mimpi menjadi sutradara dan penulis naskah sedari kecil. “Aku enggak pernah ingin jadi pusat perhatian—aku enggak berniat jadi terkenal dengan menjadi aktris,” kata Stewart.

Kristen Stewart dalam film Personal Shopper (Olivier Assayas, 2016). Sumber: Film Society of Lincoln Center

Pada awal tahun inilah mimpinya terwujud. Walaupun masih sebatas film pendek, Come Swim sudah dipertontonkan dalam acara Sundance dan Cannes, dua festival film paling bergengsi. Film yang diproduksi oleh David Ethan Shapiro dan musiknya digubah oleh St. Vincent ini akhirnya bisa ditonton secara streaming dan gratis sebagai bagian dari program Refinery29’s Shatterbox Shorts.

Pada kesempatan New York Film Festival tahun lalu, ia mengatakan bahwa menyutradarai film Come Swim adalah proyek paling memuaskan sepanjang kariernya. “Sebagai aktor, kamu seperti satu hal kecil yang membantu orang untuk merasakan filmnya, berbeda saat kamu menjadi sutradara,” ujarnya.

Film pendek Come Swim bercerita tentang seorang pria yang dihantui oleh bisikan-bisikan. Bisikan itu menggodanya untuk nyemplung ke air. Film ini secara puitis mengisahkan cerita tentang kecemasan dan depresi dalam diri manusia.

come swim
Josh Kaye sebagai Josh dalam film Come Swim (Kristen Stewart, 2017). Sumber: BriefTake

Puitis berarti penceritaan film ini tidak seperti biasanya. Banyak simbol-simbol yang harus penonton interpretasikan sendiri agar bisa mencerna pesan apa yang hendak disampaikan.

Come Swim punya visual yang impresif, misalnya bermain-main dengan pencahayaan pada gambar dan musik yang menghantui. Kita dapat merasakan ketidaknyamanan lewat tokoh utamanya yang selalu gelisah akibat bisikan-bisikan.

Review Hujan Bulan Juni: Perkawinan Film dan Puisi

Film ini berusaha kawinkan narasi film yang tersurat dengan puisi Sapardi Djoko Damono yang tersirat. Simak hasilnya lewat review Hujan Bulan Juni berikut!
Baca Juga

Namun jika dilihat dari sudut pandang lain, film debut Stewart ini terlihat seperti tipikal tugas mahasiswa ketika dibebani dosen membuat film: terasa pretentious. Terlepas dari kritik tersebut, Come Swim adalah cerminan yang menarik tentang bagaimana Kristen Stewart berpikir. Film panjangnya layak untuk ditunggu.

Tonton film pendek Come Swim di bawah ini.

Diedit oleh Fachrul Razi