Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Wahai para jiwa-jiwa yang sedang kesepian, nonton ini saja agar hidup namaste walaupun sendirian~

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Kita semua pernah merasa sendirian atau kesepian. Kalau sudah begitu, memang paling enak nonton film tentang kesendirian seperti berikut ini.

Kesepian bisa datang kapan saja, entah saat kamu memang lagi sendirian atau sedang berada di keramaian, tapi jiwamu terasa hampa. Rasanya berat bagi sebagian orang, tapi tak perlu sampai dikoyak-koyak sepi seperti puisi Chairil Anwar atau melolong bebaskan aku dari kehampaan ini seperti lagu Dygta.

[duniaku_baca_juga]

Banyak cerita bertema kesendirian yang terjadi karena berbagai maksud, seperti terisolasinya seseorang dari lingkungan sekitarnya, baru saja putus dari kekasih, atau sesederhana terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Berikut ini Duniaku.net merekomendasikan 10 film tentang kesendirian yang barangkali bisa membuatmu terhubung secara emosional.

[page_break no="1" title="Her (2013)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Film tentang kesendirian yang pertama adalah Her. Nah, Her ini memang film sejuta umat kalau kita berbicara tentang kesepian.

Film ini bercerita tentang Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) yang sendiri setelah ditinggal cerai mantan istrinya. Ia kemudian senang tak kepalang ketika bisa mengobrol dengan Samantha (Scarlett Johansson), program artificial-intelligence yang bisa bersuara.

Yang menarik dari Her adalah bagaimana sutradara sekaligus penulis naskah Spike Jonze bisa menceritakan secara woles dan thoughtful kisah dunia masa depan yang ternyata rentan membuat manusia terpisah satu sama lain. Ia juga dibantu oleh penata gambar Hoyte van Hoytema dan desainer produksi KK Barrett untuk membuat tampilan film Her begitu lembut namun menyimpan sendu.

[page_break no="2" title="Cast Away (2000)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Jika Theodore dalam Her merasa sendirian di tengah keramaian, Chuck Noland (Tom Hanks) dalam Cast Away ini sendiri karena terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Dengan memanfaatkan sisa-sisa kargo dari pesawatnya yang telah jatuh, Chuck tak hanya bertahan hidup memenuhi sandang, pangan, dan papan, tapi juga kebutuhan mentalnya untuk bersosialisasi. Jadilah ia menggambar wajah di permukaan bola voli dan dinamai Wilson. Sedih tetapi menghibur.

[page_break no="3" title="WALL•E (2008)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Film kartun tak selamanya harus dipenuhi dengan suka cita. Kali ini ada film animasi WALL•E dengan tokohnya yang juga bernama WALL•E.

Ia adalah robot pemadat yang bertugas di tahun 2805 saat Bumi sudah ditinggalkan dan dipenuhi oleh sampah. Walaupun Bumi dipenuhi oleh banyak sampah-sampah menarik, tetapi WALL•E tetap saja kesepian.

Namun, semua berubah saat ia kedatangan robot penyelidik bernama EVE. WALL•E kemudian jatuh cinta sembari berpetualang di rumah baru manusia, stasiun luar angkasa Axiom.

[page_break no="4" title="Chungking Express (1994)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Dari sutradara Wong Kar-wai, Chungking Express menceritakan dua kisah roman yang mirip-mirip. Cerita pertama adalah soal seorang polisi bernomor 223 (Takeshi Kaneshiro) yang lagi susah move-on bertemu secara tiba-tiba dengan wanita misterius penyeludup narkoba (Brigitte Lin). Lalu, cerita kedua soal polisi bernomor 663 (Tony Leung) yang juga baru putus dari pacarnya lalu bertemu dengan pramuniaga warteg (Faye Wong).

Mereka semua sama-sama kesepian. Dan dari kesepian itu, ada cerita unik yang dipresentasikan dengan visual stylish oleh Wong Kar-wai. Film roman yang sangat berkesan.

[page_break no="5" title="The Machinist (2004)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Wah, ini. Kalau kamu orangnya kesepian, jangan sering-sering begadang. Nanti bisa jadi kayak Trevor Reznik (Christian Bale) yang jadi kurus dan sinting.

Si Trevor ini mengalami insomnia parah tiap malam sampai-sampai membahayakan orang lain di pabrik tempat ia bekerja. Setelah dipecat gara-gara persoalan itu, ia jadi paranoid dan suka berhalusinasi. Kali ini, minuman merk Aq*a pun enggak mempan.

Tak hanya didasari oleh karakter Trevor yang sendiri dan kesepian, film ini juga menawarkan cerita menegangkan dan juga gelap yang bisa terjadi gara-gara kurang tidur.


Sepertinya ada profesi yang membuat pekerjanya berisiko sendiri dan kesepian. Cari tahu apa itu dalam lanjutan 10 film tentang kesendirian di halaman sebelah!

[page_break no="6" title="Lost in Translation (2003)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Everyone wants to be found. Sebaris tagline dari film Lost in Translation yang secara umum menceritakan kisah di dalamnya. Bob Harris (Bill Murray) adalah seorang aktor internasional yang harus pergi sendirian ke Jepang untuk membintangi iklan produk minuman keras. Ia kemudian bertemu Charlotte (Scarlett Johansson), seorang sarjana muda yang enggak tahu mau ngapain di Jepang.

Lost in Translation barangkali adalah potret paripurna dari makna sendiri di tengah keramaian. Di tengah kota metropolitan Tokyo yang tak pernah tidur, Bob dan Charlotte tak paham bahasa Jepang. Lengkap sudah kesendirian mereka.

Namun keduanya saling menemukan satu sama lain. Di kota yang bahasa serta budayanya sulit dipahami, mereka berpetualang ke sana ke mari. Kocak, romantis, namun juga melankolis.

[page_break no="7" title="Tony Takitani (2004)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Jepang memang tempat yang tepat jika kamu mencari kesendirian. Bahkan di sana, fenomena meninggal sendirian sudah umum dijumpai. Maka jika kamu menarik satu cerita tentang Jepang dan kesendirian, film Tony Takitani adalah salah satunya.

Diangkat dari cerpen Haruki Murakami, Tony Takitani bercerita tentang Tony Takitani yang sendiri dan kesepian sepanjang hidupnya. Kita diperlihatkan sebuah potret muram dan sedih tentang efek kesendirian dan kehilangan.

Film ini dibuat dengan gaya minimalis, sederhana dengan pewarnaan yang monoton hampir hitam-putih, menekankan betapa gelapnya kesepian. Apalagi, musik Tony Takitani digubah oleh Ryuichi Sakamoto, komposer untuk film The Last Emperor (1987) yang mengantarkannya meraih Oscar dan film The Revenant (2015). Dentingan pianonya membikin hati terasa pilu tak kenal ampun.

[page_break no="8" title="Le Samouraï (1967)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Membicarakan film tentang kesendirian tak lengkap tanpa film klasik satu ini. Le Samouraï bercerita tentang Jef Costello (Alain Delon), seorang pembunuh bayaran profesional yang dikuntit polisi atas tuduhan pembunuhan.

Seperti halnya kutipan Bushido di awal film, there is no greater solitude than that of the samurai unless it is that of the tiger in the jungle... perhaps, Jef berusaha bertahan hidup melawan dunia sendirian. Jef orangnya irit bicara dan punya pegangan moral walaupun ia seorang pembunuh terlatih berdarah dingin.

[page_break no="9" title="Taxi Driver (1976)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Dari sutradara gaek Martin Scorsese, Taxi Driver menampilkan potret kesendirian supir taksi yang juga seorang veteran perang Vietnam, Travis Bickle (Robert De Niro). Ia hanya khusus narik taksi di malam hari karena bermasalah dengan tidurnya.

Mengendarai taksi membuatnya banyak menyaksikan berbagai kejadian di New York tanpa ikut terlibat. Namun itu membuatnya kesepian dan depresi sehingga seringkali berbuat aneh.

Coba lihat video di atas di mana Scorsese tiba-tiba merekam ruang kosong saat Travis sedang menelepon. Ini menjadi adegan penting karena menyiratkan kehampaan sekaligus luka di hati Travis. Taxi Driver adalah film tentang kesendirian yang powerful.

[page_break no="10" title="Drive (2011)"]

Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Nah, entah apa yang terjadi saat kamu menjadi supir sehingga banyak film memotretnya sebagai profesi yang rentan kesepian. Tak hanya Taxi Driver dan Drive, film Baby Driver (2017) yang kemarin tayang saja menampilkan si tokoh Baby yang juga sendiri serta pendiam.

Drive bercerita tentang seorang pengemudi handal (Ryan Gosling) yang mengerjakan tugas-tugas berbahaya, seperti menjadi stunt atau tukang pukul. Hidupnya yang sepi-sepi hampa itu kemudian berubah menjadi semakin berbahaya saat ia menyelamatkan tetangganya, Irene (Carey Mulligan) dan anaknya yang kecil.

[read_more id="327428"]

Drive bisa jadi studi karakter tentang kesendirian tokoh pengemudi tanpa nama ini. Dibuat dengan visual yang stylish, Drive menampilkan kekerasan sekaligus juga kelembutan dalam diri dan tindakan si pengemudi. Sangat menawan dan berkesan.


Demikian 10 rekomendasi film tentang kesendirian. Adakah film favoritmu? Atau ada film tentang kesendirian lain yang kamu suka? Sampaikan di kolom komentar.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU