Nostalgia Game Online Indonesia yang Tutup. Ada Game yang Jadi Favoritmu?

Gimana perasaan kamu saat tahu kalau game online favorit kamu akhirnya harus menutup pelayanannya?

Bagaimana rasanya kalau game online yang kamu mainkan, dimana kalian sudah berjuang menaikan level, memperkaya karakter, bahkan menikahi karakter lawan jenis milik orang lain, namun suatu hari game online itu menutup layanannya? Tentunya kamu mungkin sebal, tapi kalian harus ikhlas menerimanya.

Bermain game online (terlebih yang gratisan) memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk merasakan kehidupan alternatif di dunia lain. Tidak bisa dipungkiri, tapi sebagian besar dari karakter di dunia game online, mungkin terlihat lebih baik ketimbang pemainnya di dunia nyata. Tapi hal itu lebih biasa terlihat di dunia MMORPG, terlebih untuk MMORPG yang bertemakan hal-hal yang lucu.

Namun apa yang terjadi jika developer game online menyebarkan pengumuman kalau game online yang kamu mainkan akan ditutup? Tentunya terasa menyakitkan, namun itulah kenyataan. Semua perjuangan yang kamu punya hilang begitu saja sehingga kamu harus memulai dari awal melalui game online yang masih ada atau game online yang baru.

Pastinya meskipun kamu memainkan game online lain, kamu masih ingin merasakan memori-memori kamu di game online lama yang kamu mainkan. Di sini penulis akan coba mengulas sejumlah game online Indonesia yang tutup dan pernah populer pada masanya sebelum akhirnya tutup.

1

SD Gundam Online

Game Online Indonesia yang sudah tutupPilihan pertama penulis adalah SD Gundam Online dari developer Megaxus. Game ini menceritakan kamu sebagai pilot Mobile Suit yang di-deformed menjadi grade SD. Game online ini selain menjalankan mode PvP, kamu juga bisa menjalankan misi PvE bersama pemain-pemain lain.

Hanya saja, sangat disayangkan satu-satunya game online gratis bertema Gundam di Indonesia ini harus ditutup. Layanan game online SD Gundam Online sudah ditutup sejak Maret 2015.

2

Crazy Kart 2

Game Online indonesia yang tutupCrazy Kart 2 atau lebih dikenal dengan sebutan Crazy Kart saja adalah game racing online yang membawa kamu balapan seru bersama pemain lain dengan go-kart modifikasi yang unik. Bahkan untuk sejumlah item berbayar, kamu bisa menggunakan go-kart yang berbentuk seperti mobil asli di dunia nyata, seperti Lamborgini, Ferrari, bahkan Metro Mini.

Satu-satunya game balapan go-kart online ini juga harus menerima nasib penutupan layanan. Layanan game online ini ditutup pada Mei 2015.

3

Grand Chase

Game Online Indonesia yang tutupSiapa yang tidak kenal Grand Chase. Online side-scrolling game yang paling fenomenal ini cukup membuat mabuk pemainnya baik dari masalah cerita, desain, dan karakternya. Saking populernya, cukup banyak juga pemain Grand Chase yang mau meng-cosplaykan karakter-karakter Grand Chase.

Sungguh disayangkan game online tutup server ini di Indonesia pada April 2014, disusul oleh penutupan layanan secara global pada awal 2015. Namun dikabarkan sebuah komunitas membuat Grand Chase sendiri untuk dimainkan secara global.

4

S4 League

Game Online Indonesia yang tutupS4 League adalah salah satu online shooting game yang penuh akan gaya. Selain bertarung, kalian juga harus memikirkan gaya kalian sebelum turun ke lapangan pertarungan. Terlebih lagi, ini merupakan game third-person view sehingga kamu bisa gaya karaktermu sendiri.

Meski pun ini merupakan shooting game, tapi senjata jarak dekat yang mereka sajikan tidak kalah keren dari senjata menembaknya. Karena fitur tersebut, terkadang banyak pemain yang lebih sering bermain dalam mode senjata jarak dekat.

Sayangnya, game yang penuh gaya ini tiba-tiba saja ditutup. Game ini ditutup pada Juli 2015 dan hanya bertahan sekitar 3 tahun.

5

Seal Online

Game Online Indonesia yang tutupSeal Online adalah game MMORPG yang memiliki desain karakter dan juga lingkungan seperti kota dan monster-monster yang sangat berciri khas akan keimutannya. Mungkin bisa penulis katakan bahwa ini adalah salah satu cute MMORPG yang cukup melegenda hingga masa penutupannya.

Sungguh disayangkan bahwa legenda cute MMORPG ini harus menutup pelayanannya. Game online ini akhirnya resmi tutup pada Juli 2017.


CONTINUE READING BELOW

Absolver, Game PC dan PS4 yang Mirip Dark Souls dan For Honor

Pernahkan kebayang bermain game Dark Souls dan For Honor digabung plus lebih murah? Maka jawabannya adalah game indie terbaru, Absolver.


Sekian sejumlah game online Indonesia yang tutup pelayanannya pilihan penulis. Mungkin masih banyak game online Indonesia yang tutup lainnya yang memberikan kenangan indah bagi kamu yang memainkannya.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
Faisal9101

Sedikit dipercaya untuk menjadi pengamat dunia perhobian yang tidak terakreditasi. Namun percayalah bahwa ia akan terus mengamati jika beliau berkehendak.