Meskipun Diunduh 200 Juta Kali, Keuntungan Super Mario Run Tidak Memuaskan

Game yang cukup ramai dibicarakan di media sosial dan dinantikan oleh para penggemar game bernama Super Mario Run ternyata tidak mendapatkan keuntungan yang diharapkan Nintendo

Baca Juga

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobile game pertama buatan Nintendo berjudul Super Mario Run benar-benar populer. Semua pecinta game dan tentunya pecinta Nintendo langsung mengunduh Super Mario Run di dalam smartphone mereka.

Nintendo mengumumkan bahwa Mario Run telah diunduh sebanyak 200 juta kali dan 90 persennya diunduh di luar Jepang. Sebuah prestasi yang luar biasa bukan? Tetapi dibalik angka yang bombastis itu ternyata game yang diambil dari franchise Mario Bros tersebut tidak menguntungkan dari segi finansial.

Seperti yang dilansir oleh The Verge, menurut Nintendo game yang telah dirilis di Android pada Maret 2017 ini belum mencapai titik keuntungan yang diharapkan. Nintendo tidak mengungkapkan secara spesifik mengenai tingkat konversi free player ke paid player dan total keuntungan dari game ini. Harga yang mahal untuk membuka semua level di dalam game sebesar US$ 9.99 (sekitar Rp. 130 ribu) diduga menjadi alasan terbesar Super Mario Run tidak mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Resmi! Inilah Jadwal Rilis Super Mario Run di Android yang Lebih Spesifik!

Waktu rilis Super Mario Run di Android hampir terungkap sepenuhnya. Nintendo mengumumkan kapan Mario menyambangi platform Android: Maret 2017.
Baca Juga

Sebaliknya, Fire Emblem Heroes yang juga dikembangkan oleh Nintendo mendapatkan keuntungan yang lumayan besar karena menggunakan sistematika free-to-play dimana pemain bisa bermain secara gratis dan membeli item untuk menambah skill dan upgrade senjata.

Nintendo juga tidak merilis berapa keuntungan yang telah diraup oleh Fire Emblem Heroes. Faktor kesuksesan game ini selain format free-to-play yang lebih cocok untuk mobile game adalah update yang terus diberikan semenjak game ini dirilis pada 22 Februari 2017 di platform iOS dan Android.

Nintendo Akan Rilis Fire Emblem Heroes untuk Android dan iOS Februari Ini

Hari Rabu kemarin (18/01/2017), Nintendo baru saja mengumumkan game mobile terbaru mereka: Fire Emblem Heroes yang akan dirilis pada 2 Februari 2017.
Baca Juga

“Untuk judul ini, kami mendengarkan suara pengguna dan memberikan update secara terus menerus. Sebagai hasilnya, kami berada di jalur untuk memenuhi keseluruhan tujuan bisnis kami, termasuk tujuan keuntungan kami.”, ucap Nintendo menanggapi suksesnya Fire Emblem Heroes.

Untuk menggenjot penjualan dari Super Mario Run, Nintendo akan memberikan update untuk menarik pengguna agar kembali bermain di game tersebut. “Tujuan kami adalah agar aplikasi ini adalah aplikasi Mario yang bagus untuk perangkat cerdas”, ujar Nintendo. “Melalui ini, kami telah belajar banyak dalam hal pengembangan dan penyebaran game agar kedepannya kami bisa lebih maju.”

Mario memang dikatakan cukup sial di platform mobile tetapi di platform konsol Mario masih menunjukkan kekuatannya.  Game terbaru dari serial Mario yang dirilis dalam konsol Nintendo Switch bernama Super Mario Odyssey sanggup menjual dua juta kopi di seluruh dunia dan mendapatkan kritik yang bagus dari para kritikus game dan pemain game.

Super Mario Odyssey Jadi Game Mario dengan Penjualan Tercepat

Game terbaru untuk Nintendo Switch, Super Mario Odyssey, berhasil duduki tahta sebagai game Mario dengan penjualan tercepat dalam sejarah.
Baca Juga

Super Mario Odyssey sendiri telah dirilis pada 27 Oktober 2017.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleIni 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian
Next articleMapleStory Blitz Ajak Kamu Bertarung Kembali Menggunakan Deck Kartu!
Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara